Comscore Tracker

5 Pemain Aktif NBA yang Telah Berkarier Selama Lebih dari 15 Tahun

Empat di antaranya adalah pemain Lakers!

Basket merupakan salah satu olahraga yang paling mengandalkan fisik. Hal itu membuat kualitas seorang pemain akan menurun sering dengan bertambahnya usia. Menit bermain juga akan menipis karena mulai tergantikan oleh para pemain muda.

Namun, ternyata ada juga pemain yang masih bisa bersaing meski tak lagi muda. Bahkan beberapa ada yang menjadi motor serangan dan membuat timnya bisa bersaing untuk juara. Berikut lima pemain NBA yang telah berkarier selama lebih dari 15 tahun.

1. Dwight Howard

5 Pemain Aktif NBA yang Telah Berkarier Selama Lebih dari 15 TahunDwight Howard (espn.com)

Dwight Howard pertama kali bermain di NBA pada musim 2004, usai dipilih di tempat pertama NBA Draft oleh Orlando Magic. Selama bermain untuk Magic, Howard sempat menjadi center terbaik saat itu. Terbukti dengan raihan tiga gelar Defensive Player of the Year dan pernah mengantar timnya ke partai final di tahun 2009.

Karier Howard sendiri menurun setelah meninggalkan Magic, ia tak lagi dipandang sebagai pemain hebat di NBA. Ia pun terus-menerus berpindah dari satu tim ke tim lain, hingga pada musim 2020, ia akhirnya meraih titel NBA pertamanya bersama Los Angeles Lakers. Sempat ke Philadelphia 76ers, kini ia kembali ke pangkuan Lakers.

2. Rajon Rondo

5 Pemain Aktif NBA yang Telah Berkarier Selama Lebih dari 15 TahunRajon Rondo (latimes.com)

Rondo di-draft oleh Phoenix Suns pada musim 2006, namun kemudian justru di trade ke Boston Celtics. Bersama Celtics ia malah menuai kesuksesan dengan membantu timnya tersebut menjuarai NBA musim 2008 usai mengalahkan Los Angeles Lakers. 

Kemampuan mengumpannya yang baik merupakan senjata utamanya untuk mengacaukan pertahanan lawan. Karier Rondo cukup menurun usai meninggalkan Celtics pada musim 2014, ia kemudian sempat berkelana ke beberapa tim NBA.

Meski begitu, Rondo masih bisa membantu Lakers meraih gelar juara pada musim 2020 dengan mengalahkan Miami Heat. Kini di usia yang tak lagi muda, akankah ia bisa membuat Lakers kembali meraih kesuksesan?

Baca Juga: 5 Pebasket Non-USA yang Sukses Raih Gelar NBA Rookie of the Year

3. Carmelo Anthony

5 Pemain Aktif NBA yang Telah Berkarier Selama Lebih dari 15 TahunCarmelo Anthony (parlons-basket.com)

Carmelo Anthony dipilih Denver Nuggets pada NBA Draft musim 2003, yang juga merupakan salah satu musim draft terbaik sepanjang sejarah NBA, karena banyaknya nama bintang. Tak terkecuali Melo, ia langsung membuat pendukung Nuggets kagum dengan permainannya.

Ia kemudian melanjutkan permainan impresifnya dengan membela New York Knicks selama lima musim. Meski sempat membela Thunder, Rockets, dan Blazers juga, namun Melo nyatanya belum pernah juara NBA. Akankah kini dengan Lakers yang diisi para pemain hebat, ia akan memenuhi mimpinya itu?.

4. Chris Paul

5 Pemain Aktif NBA yang Telah Berkarier Selama Lebih dari 15 TahunChris Paul (skysports.com)

Chris Paul tampil impresif musim lalu dengan membawa Suns mencapai babak final NBA, meski akhirnya harus mengakui keunggulan Milwaukee Bucks. Padahal di usianya yang sudah tak lagi muda, siapa sangka Paul masih bisa membawa tim yang bahkan musim lalu tak masuk playoff.

Paul sendiri mengawali kariernya bersama New Orleans Hornets pada musim 2006, dan langsung menyabet gelar Rookie of the Year. Puncak kariernya sendiri adalah saat ia bergabung dengan Los Angeles Clippers, di mana ia membawa timnya itu menjadi salah satu kandidat juara. Meski begitu hingga kini, Paul sendiri belum pernah menjadi juara NBA, walau telah membela lima tim.

5. LeBron James

5 Pemain Aktif NBA yang Telah Berkarier Selama Lebih dari 15 TahunLeBron James (cbssports.com)

Tak ada yang meragukan kemampuan LeBron James dalam bermain basket. Bahkan di usianya yang menginjak 36 tahun, ia tak terlihat mengalami penurunan performa. Ia bahkan masih mampu untuk membawa Los Angeles Lakers menjadi juara pada musim 2020 lalu.

Sejak kemunculannya di tahun 2003 bersama Cleveland Cavaliers, James memang sudah menjadi sensasi. Terbukti kini ia telah meraih empat gelar MVP dan empat gelar juara NBA dengan tiga tim berbeda. Akankah dengan skuad Lakers yang penuh bintang, ia dapat kembali meraih gelar juara musim ini?

 

Meski para pemain tersebut sudah tak muda lagi, namun mereka terbukti masih mempunyai performa yang tak kalah dari para pemain muda. Bahkan, masih sanggup membawa timnya menjadi kandidat juara.

Baca Juga: Termasuk Giannis, 5 Pemain Aktif NBA Ini Ternyata Punya Darah Nigeria

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya