5 Pemain Boston Celtics yang Pernah Raih Gelar NBA Final MVP

Ada John Havlicek hingga Paul Pierce!

NBA Final MVP merupakan sebuah penghargaan yang ditujukan kepada pemain terbaik di laga final. Gelar ini sendiri bernama bernam Bill Russell Final MVP untuk menghormati legenda Celtics, sekaligus peraih sebelas cincin juara NBA.

Sebagai tim tersukses di NBA dengan tujuh belas titel juara, Celtics menyumbang banyak pemain yang mengoleksi gelar ini. Berikut lima pemain Boston Celtics yang pernah meraih gelar Final MVP.

1. John Havlicek 

5 Pemain Boston Celtics yang Pernah Raih Gelar NBA Final MVPJohn Havlicek (nba.com)

John Havlicek merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah berkostum Boston Celtics. Pemain yang mendapat julukan Hondo tersebut masih menjadi pencetak poin terbanyak untuk Celtics dengan 26.395 poin.

Havlicek merupakan bagian penting Celtics ketika mereka menjadi juara pada 1974. Saat itu Havlicek membawa Celtics menundukkan Milwaukee Bucks yang dihuni Kareem Abdul-Jabbar dan Oscar Robertson dalam tujuh game.

2. Jo Jo White

5 Pemain Boston Celtics yang Pernah Raih Gelar NBA Final MVPJo Jo White (nba.com)

Pada 1976, Boston Celtics kembali tampil menjadi juara usai menaklukkan perlawanan sengit dari Phoenix Suns dalam enam game. Jo Jo White tampil sebagai bintang kemenangan dengan raihan gelar Final MVP.

Saat itu, ia mencetak 21,7 poin, 4,3 rebound, dan 5,8 assists per game. Dibandingkan pemain Celtics lainnya, White memang tergolong kurang dikenal. Padahal ia punya kemampuan bertahan dan ketahanan yang luar biasa di lapangan. Ia juga seorang playmaker dan pemimpin yang diandalkan oleh timnya.

Baca Juga: Final NBA 2021/22: Awal Baik bagi Boston Celtics

3. Cedric Maxwell

5 Pemain Boston Celtics yang Pernah Raih Gelar NBA Final MVPCedric Maxwell (nba.com)

Cedric Maxwell tampil gemilang ketika Boston Celtics mengalahkan Houston Rockets pada final 1981 lewat drama enam game. Ia memimpin perolehan skor pada game ketiga, keempat, dan kelima.

Total, Maxwell mengoleksi 17,7 poin, 9,5 rebound, dan 2,8 assists per game. Sama seperti Jo Jo White, Maxwell bukanlah nama populer di kalangan pecinta bola basket. Bahkan, saat itu banyak yang menganggap Larry Bird lebih layak menjadi Final MVP.

4. Larry Bird

5 Pemain Boston Celtics yang Pernah Raih Gelar NBA Final MVPLarry Bird (nba.com)

Larry Bird merupakan alasan di balik dominasi Celtics di era '80-an. Ia merupakan satu-satunya pemain Celtics yang menjadi Final MVP sebanyak dua kali. Pertama pada 1984 ketika mereka mengalahkan Los Angeles Lakers. 

Saat itu, Bird tampil tak terhentikan dengan raihan 27,4 poin, 14 rebound, dan 3,6 assists per game. Kemudian pada 1986, Bird mencetak 24 poin, 9,7 rebound, dan 9,7 assists per game ketika menaklukan Houston Rockets.

5. Paul Pierce

5 Pemain Boston Celtics yang Pernah Raih Gelar NBA Final MVPPaul Pierce (nba.com)

Paul Pierce menjadi Final MVP ketika Celtics menjadi juara pada 2008 dengan menumbangkan Los Angeles Lakers lewat enam game. Saat itu, Celtics diperkuat Big Three yang berisikan Kevin Garnett, Ray Allen, dan Paul Pierce.

Nama terakhir akhirnya terpilih menjadi Final MVP setelah tampil gemilang dengan torehan 21,8 poin, 4,5 rebound, dan 6,3 assists. Hal ini sangat spesial bagi pendukung Celtics karena timnya kembali juara setelah menunggu lebih dari dua dekade.

 

Dengan kembali tampil di partai final 2022, para pemain Celtics kembali berpeluang memenangkan gelar Final MVP. Syaratnya, mereka harus berhasil mengatasi perlawanan Golden State Warriors. Berhasilkah mereka?

Baca Juga: 5 Keputusan Boston Celtics yang Berbuah NBA Finals 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya