5 Pemain Miami Heat yang Pernah Meraih Emas Olimpiade

Deretan nama hebat ada di bawah ini

Sejak Olimpiade Barcelona 1992, pemain NBA diperbolehkan berpartisipasi. Hal ini kemudian menciptakan istilah Dream Team yang selalu melekat pada Timnas Amerika Serikat. Sebab, deretan bintang NBA selalu mengisi roster mereka, termasuk pemain berlevel MVP dan juara NBA.

Miami Heat sendiri pertama kali mengirimkan pemainnya ke ajang ini, yakni pada tahun 2000 saat Olimpiade diselenggarakan di Sydney. Kala itu ada nama Alonzo Mourning dan Tim Hardaway. Selain mereka ternyata masih ada beberapa nama lain pada Olimpiade berikutnya. Berikut lima pemain Miami Heat yang pernah meraih medali emas Olimpiade.

1. Alonzo Mourning - Sydney 2000

5 Pemain Miami Heat yang Pernah Meraih Emas OlimpiadeAlonzo Mourning pada Olimpiade Sydney 2000 (fiba.basketball)

Timnas Amerika Serikat datang ke Sydney tahun 2000 dengan jajaran pemain bintang NBA, sebut saja Jason Kidd, Kevin Garnett, Gary Payton, hingga Vince Carter. Kala itu Miami Heat menyumbang dua nama, yakni Alonzo Mourning dan Tim Hardaway.

Pemanggilan Mouring sendiri tak lepas dari penampilan Heat yang sukses menjadi peringkat kedua wilayah timur. Dengan berkumpulnya para pemain hebat tersebut Amerika Serikat dengan mudah menyabet emas dengan tak terkalahkan sejak laga pertama.

2. Tim Hardaway - Sydney 2000

5 Pemain Miami Heat yang Pernah Meraih Emas OlimpiadeTim Hardaway pada Olimpiade Sydney 2000 (hothothoops.com)

Selain Alonzo Mouring, Tim Hardaway menjadi pemain Heat lainnya yang dipanggil untuk tampil di Olimpiade Sydney. Guard yang saat itu berusia 33 tahun menjadi pendulang angka terbanyak untuk Heat pada musim tersebut. Padahal sebelumnya ia sempat mengalami cedera lutut.

Berkat pengalamannya bermain di NBA, ia turut membantu Amerika Serikat mengatasi semua lawannya. Termasuk saat menundukkan Lithuania di babak semifinal dan menghajar Prancis di partai puncak.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang di-Draft Miami Heat dalam 30 Tahun Terakhir

3. Dwyane Wade - Beijing 2008

5 Pemain Miami Heat yang Pernah Meraih Emas OlimpiadeDwyane Wade pada Olimpiade Beijing 2008 (bleacherreport.com)

Sejak dipilih Heat pada NBA draft tahun 2003 di tempat kelima, Dwyane Wade sudah menjadi pemain andalan. Hal terbukti kala ia dan Shaquille O'Neal sukses merengkuh gelar juara NBA pada tahun 2006 dengan mengalahkan Dallas Mavericks.

Berkat penampilannya itulah ia kemudian dipanggil untuk memperkuat Amerika Serikat pada Olimpiade Beijing 2008. Wade bersanding dengan beberapa bintang NBA lainnya, seperti Kobe Bryant, LeBron James, hingga Chris Paul. Amerika Serikat pun sukses meraih emas ke-13 mereka di ajang Olimpiade.

4. LeBron James - London 2012

5 Pemain Miami Heat yang Pernah Meraih Emas OlimpiadeLeBron James pada Olimpiade London 2012 (latimes.com)

Miami Heat pernah menciptakan super team pada tahun 2010 dengan merekrut LeBron James dan Chris Bosh untuk menemani Dwyane Wade. Ketiganya pun selalu tampil di final NBA ketika dimainkan bersama dan berhasil meraih dua gelar juara pada tahun 2012 dan 2013.

Pada Olimpiade London 2012 namanya pun dimasukkan untuk membela Amerika Serikat. Kala itu Wade tak ikut serta akibat mengalami cedera lutut. Dengan adanya King James, Negeri Paman Sam pun berhasil merebut medali emas. Ini menjadi emas kedua untuk James setelah Olimpiade Beijing 2008, kala itu ia masih membela Cleaveland Cavaliers.

5. Bam Adebayo - Tokyo 2020

5 Pemain Miami Heat yang Pernah Meraih Emas OlimpiadeBam Adebayo pada Olimpiade Tokyo 2020 (fasportsgh.com)

Bam Adebayo menjadi pemain Heat terbaru yang berhasil meraih medali emas Olimpiade, tepatnya pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Di final Amerika Serikat dibawanya menundukkan Prancis. Hal itu membuat Negeri Paman Sam selalu meraih emas sejak Olimpiade Beijing 2008.

Prestasi Bam bersama Miami Heat sendiri cukup menanjak dalam beberapa musim terakhir. Bahkan namanya sempat masuk all star dan juga pernah membawa tim asal Negara Bagian Florida itu tampil di final NBA sebelum dikalahkan Los Angeles Lakers. Kemampuan bertahannya juga menjadi salah satu kekuatan pemain berusia 23 tahun ini.

Miami Heat terbukti berhasil mengirimkan para pemain terbaiknya dalam ajang Olimpiade. Mereka tak hanya meraih emas untuk Amerika Serikat, namun juga membawa Heat menjadi salah satu penantang juara NBA.

Baca Juga: 10 Potret Meyers Leonard, Center Miami Heat yang Menawan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya