5 Pemain NBA Dengan Rataan Poin Tertinggi Pada Laga Final

Akankah musim ini berhasil dipatahkan?

Laga final NBA yang mempertemukan tim terbaik dari wilayah barat dan timur pasti selalu menyuguhkan tontonan menarik. Tak terkecuali oleh para bintang dari masing-masing tim yang diharapkan mampu mencetak banyak poin.

Kadang kala jumlah poin yang dicetak pemain bintang dari suatu tim jauh melebihi para rekannya. Apalagi jika final tersebut mencapai game ketujuh yang pastinya membuat semua ketegangan pemain dan penonton memuncak. Berikut lima pemain yang mencetak poin terbanyak dalam laga final NBA.

1. Jerry West - Los Angeles Lakers (final NBA 1969)

5 Pemain NBA Dengan Rataan Poin Tertinggi Pada Laga FinalJerry West (nba.com)

Jerry West yang merupakan model dari logo NBA ini merupakan legenda Los Angeles Lakers. Ia mampu membawa Lakers ke final sebanyak sembilan kali meskipun hanya sanggup meraih juara satu kali, yakni pada tahun 1972.

Namun, performa terbaik West justru terjadi tiga tahun sebelumnya, tepatnya saat Lakers berhadapan dengan Boston Celtics. Meskipun kalah, West mampu membuat rataan hampir 38 poin per game dengan total 265 poin. Ia pun didaulat menjadi peraih Final MVP meskipun timnya harus kalah.

2. Shaquille O'Neal - Los Angeles Lakers (final NBA 2000)

5 Pemain NBA Dengan Rataan Poin Tertinggi Pada Laga FinalShaquille O'Neal (lakersnation.com)

Shaquille O'Neal memang sudah pernah mencapai final bersama Orlando Magic, namun prestasi puncaknya adalah ketika ia bergabung dengan Los Angeles Lakers dan membentuk duet maut bersama Kobe Bryant. Mereka sukses mempersembahkan tiga trofi NBA pada awal '2000-an.

Puncak performa O'Neal adalah saat final tahun 2000, kala itu timnya ditantang Indiana Pacers dan bintang mereka, Reggie Miller. Shaq tampil gemilang dengan torehan 38 poin per game dan ia juga mencetak 40 poin dalam enam game yang ia lakoni. Hasil tersebut membuat Lakers berhasil menundukkan Pacers 4-2.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Milwaukee Bucks Juara NBA 2020/21

3. Elgin Baylor - Los Angeles Lakers (final NBA 1962)

5 Pemain NBA Dengan Rataan Poin Tertinggi Pada Laga FinalElgin Baylor (opencourt-basketball.com)

Satu lagi lengenda Lakers yang mencetak banyak poin di final NBA, yakni Elgin Baylor tepatnya pada tahun 1962 saat berjumpa St Louis Hawks. Bahkan hingga saat ini ia masih memegang rekor total poin terbanyak dalam final NBA.

Menghadapi para bintang Hawks, seperti Lenny Wilkins, Bob Pettit, hingga, Cliff Hagan tak membuat ia minder. Bahkan Baylor mampu meraih rataan 40,6 poin per game dan total 321 poin selama laga final meskipun timnya kalah. Baylor pun juga sukses menorehkan 6 double-doubles.

4. Rick Barry - Golden States Warriors (final NBA 1967)

5 Pemain NBA Dengan Rataan Poin Tertinggi Pada Laga FinalRick Barry (nba.com)

Rick Barry sukses meraih satu-satunya gelar NBA miliknya kala membela Golden States Warriros yang kala itu masih bernama San Francisco Warriors pada tahun 1975. Namun, catatan poin terbaiknya justru hadir saat timnya takluk dari Philadelphia 76ers pada tahun 1967.

Barry waktu itu berhasil mencetak 40,6 poin per game dalam laga yang berlangsung selama enam game. Ia juga turut mencetak 3 double-doubles meskipun timnya harus kalah dari 76ers yang dimotori oleh legenda mereka, Wilt Chamberlain.

5. Michael Jordan - Chicago Bulls (1993)

5 Pemain NBA Dengan Rataan Poin Tertinggi Pada Laga FinalMichael Jordan (barstoolsports.com)

Michael Jordan meraih three peat pertamanya pada tahun 1993 kala menghadapi Phoenix Suns yang dikomandoi oleh peraih MVP musim itu, Charles Barkley. Meski harus menghadapi tim dengan rekor menang kalah terbaik musim itu, Jordan tak gentar.

Jordan mampu mencatatkan 41 poin per game termasuk 55 poin dalam game keempat, membuatnya meraih total 246 poin. Penampilan luar biasa Jordan tersebut membuatnya meraih gelar ketiga bersama Bulls.

Mengingat final musim ini masih berlangsung, akankah rekor poin terbanyak sepanjang sejarah ini akan terpecahkan?. Kita tunggu saja nanti.

Baca Juga: 5 Pebasket Berkebangsaan Spanyol yang Saat Ini Bermain untuk Tim NBA

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya