Comscore Tracker

6 Pemain NBA Ini Punya Rataan Lebih dari 27 Poin sepanjang Kariernya

Ada dua yang masih aktif bermain

Banyak pemain NBA yang bisa membuat rataan poin begitu tinggi dalam tiap musimnya, bahkan ada yang di atas 30 poin per game. Namun, jika berbicara sepanjang kariernya, hanya ada enam pemain yang mampu membuat lebih dari 27 poin per game.

Kemampuan mereka dalam mencetak angka sudah tak perlu diragukan lagi. Para pemain ini mampu tampil begitu konsisten sejak pertama kali memulai karier di NBA hingga menjelang pensiun pun mereka masih jadi tumpuan timnya. Berikut enam pemain yang membuat rataan poin lebih dari 27 poin sepanjang kariernya.

1. Jerry West (27,03 poin per game)

6 Pemain NBA Ini Punya Rataan Lebih dari 27 Poin sepanjang KariernyaJerry West (lakersnation.com)

Jerry West merupakan legenda Los Angeles Lakers yang bermain pada dekade '60-an hingga awal '70-an. Pemain yang menjadi logo NBA tersebut merupakan orang kedua setelah Oscar Robertson yang mampu menjadi pencetak angka dan assist terbanyak di musim yang sama.

Sebagai seorang guard, West tak hanya mahir mencetak angka, ia juga merupakan seorang playmaker di timnya. Ia tercatat pernah tiga musim membuat rataan di atas 31 poin per game dan hanya sekali mengemas poin di bawah 20, yakni pada musim debutnya di NBA.

2. LeBron James (27,04 poin per game)

6 Pemain NBA Ini Punya Rataan Lebih dari 27 Poin sepanjang KariernyaLeBron James (skysports.com)

Meskipun usianya sudah memasuki 37 tahun, sepertinya hal itu tak berpengaruh apa pun pada LeBron James. Kemampuan mencetak angkanya masih sama seperti saat masih di usia primanya dulu. Musim ini saja ia tampil gemilang dengan membuat rataan 29,1 poin per game.

King James juga selalu mencatatkan lebih dari 27 poin per game dalam 19 musim kariernya di NBA. Bahkan, jika ia tak mengalami cedera serius dan terus konsisten mencetak angka, bukan tak mungkin James akan memecahkan rekor poin terbanyak sepanjang sejarah NBA yang saat ini masih dipegang Kareem Abdul-Jabbar.

3. Kevin Durant (27,12 poin per game)

6 Pemain NBA Ini Punya Rataan Lebih dari 27 Poin sepanjang KariernyaKevin Durant (skysports.com)

Datang sebagai urutan pick kedua pada tahun 2007, Kevin Durant langsung menggila sejak musim debutnya dengan membuat rataan 20,3 poin per game. Setelah musim itu, ia tak pernah membuat rataan poin di bawah 25 poin per game dalam 14 musim kariernya.

Peraih MVP tahun 2014 tersebut juga tercatat pernah empat kali meraih gelar scoring title. Tubuhnya yang tinggi serta kemampuan menembaknya yang luar biasa menjadikannya pemain yang paling sulit dihentikan saat ini. Musim ini pun ia bisa membuat rataan 29,7 poin per game untuk meraih scoring title kelimanya.

Baca Juga: Kevin Durant Lewati Rekor Stephen Curry di NBA

4. Elgin Baylor (27,36 poin per game)

6 Pemain NBA Ini Punya Rataan Lebih dari 27 Poin sepanjang KariernyaElgin Baylor (skysports.com)

Elgin Baylor merupakan tandem dari Jerry West ketika keduanya membela Los Angeles Lakers. Baylor merupakan mesin pencetak angka utama di timnya. Musim terbaiknya adalah pada 1961 ketika ia mencatatkan rataan 34,8 poin per game dan pada 1962 dengan 38 poin per game.

Hebatnya lagi, Baylor membuat begitu banyak poin tersebut ketika NBA belum mengenal tembakan tiga angka. Padahal, kini tembakan tiga angka menjadi andalan para pemain NBA dalam mendapat banyak poin. Satu hal yang membuat namanya tak terlalu dibicarakan karena Baylor tak pernah menjadi juara meski delapan kali menembus partai final.

5. Wilt Chamberlain (30,07 poin per game)

6 Pemain NBA Ini Punya Rataan Lebih dari 27 Poin sepanjang KariernyaWilt Chamberlain (sportingnews.com)

Rekor poin terbanyak dalam satu pertandingan adalah 100 poin yang dicetak oleh Wilt Chamberlain dan sepertinya hampir mustahil untuk dipecahkan pemain mana pun. Wilt memang seperti monster ketika berada di lapangan. Ia tak terhentikan ketika sudah berada di bawah ring.

Bahkan, NBA sampai membuat beberapa peraturan baru agar Wilt tak terlalu dominan. Musim terbaiknya adalah pada 1961/1962 ketika ia mencatatkan 50,2 poin per game. Wilt juga tercatat tujuh kali meraih scoring title. Hanya Michael Jordan yang memiliki gelar tersebut lebih banyak darinya.

6. Michael Jordan (30,12 poin per game)

6 Pemain NBA Ini Punya Rataan Lebih dari 27 Poin sepanjang KariernyaMichael Jordan (skysports.com)

Michael Jordan merupakan superstar ketika tampil di lapangan dan raja dalam hal mencetak poin. Berkat kehebatannya tersebut, ia mampu membawa Chicago Bulls enam kali meraih cincin juara dan mungkin bisa bertambah andai ia tak memutuskan pensiun dan bermain baseball.

Jordan merupakan pemilik scoring title terbanyak dengan sepuluh gelar. Delapan di antaranya ia membuat rataan di atas 30 poin per game. Ia juga punya empat musim lainnya dengan catatan di atas 26 poin per game. Tak heran ia sering dijuluki sebagai The Greatest of All Time oleh sebagian besar penggemar NBA.

 

Keenam pemain tersebut bisa dibilang menjadi yang terbaik dalam hal mencetak angka sepanjang sejarah NBA. Nama mereka pun akan selalu dikenang oleh para penggemarnya meski telah lama pensiun.

Baca Juga: Michael Jordan dan Pebasket Top yang Pernah Mengenakan Nomor 23

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya