5 Pemain NBA Cetak Triple Double Terbanyak di Abad 21

Russell Westbrook memimpin jauh dengan 184 triple double

Triple double merupakan catatan ketika seorang pebasket mencetak dua digit poin, assist, dan rebound dalam satu pertandingan. Tak banyak yang bisa melakukannya, sebab tidak semua pemain mempunyai kapasitas untuk menembak, mengumpan, dan rebound sama baiknya.

Namun, memasuki abad ke-21, pemain yang mencatatkan triple double bisa dibilang lebih meningkat. Hal ini karena banyaknya pemain yang mempunyai tipe permainan cukup unik. Seperti LeBron James yang kadang bermain sebagai point guard, padahal aslinya small forward, maupun Nikola Jokic yang bisa berperan sebagai playmaker, meski posisinya sebagai center.

Berikut lima pemain NBA dengan catatan triple double terbanyak pada abad ke-21.

1. Nikola Jokic - 57 triple double

5 Pemain NBA Cetak Triple Double Terbanyak di Abad 21Nikola Jokic (denverstiffs.com)

Nikola Jokic memulai debutnya di NBA pada musim 2014, ia dipilih di tempat ke-41 oleh Denver Nuggets. Meski dipilih pada ronde kedua, permainan Jokic terus berkembang sering dengan waktu. Puncaknya saat musim lalu, ia dinobatkan sebagai MVP, ini menjadikannya peraih MVP pertama yang terpilih dari draft ronde kedua.

Meskipun seorang center, namun kemampuan mengumpannya sangat baik. Bahkan tak jarang, ia berperan sebagai playmaker bagi Nuggets. Itulah yang membuatnya banyak mencatatkan triple double.

2. James Harden - 58 triple double

5 Pemain NBA Cetak Triple Double Terbanyak di Abad 21James Harden (nba.com)

James Harden telah menunjukkan performa yang gemilang sejak Oklahoma City Thunder merekrutnya pada musim 2009. Harden pertama kali mencatatkan triple double pada tahun 2013. Sayangnya, Ia tak pernah beruntung meraih gelar juara hingga saat ini. Bersama Thunder ia sempat masuk ke final pada musim 2012, namun harus mengakui keunggulan Miami Heat.

Setelah partai final tersebut, Harden memutuskan untuk membela Houston Rockets. Bersama Rockets, bisa dibilang menjadi puncak karirnya, dimana ia meraih gelar MVP pada musim 2018 dan tiga kali mendapat titel scoring champion. Kini ia mengincar gelar pertamanya bersama Brooklyn Nets. 

3. Jason Kidd - 76 triple double

5 Pemain NBA Cetak Triple Double Terbanyak di Abad 21Jason Kidd (marsreel.com)

Jason Kidd bisa dibilang menjadi salah satu point guard terbaik dalam sejarah NBA. Di manapun ia berada, timnya selalu bisa mendapat hasil lebih baik. Seperti saat ia membawa New Jersey Nets dua kali masuk final NBA di tahun 2002 dan 2003. Padahal saat itu selain dirinya, tak ada pemain Nets yang berstatus bintang.

Kidd akhirnya mampu meraih gelar juara bersama Dallas Mavericks di tahun 2011, usai mengalahkan favorit juara, Miami Heat. Kidd merupakan pencetak triple double terbanyak keempat dalam sejarah NBA, dengan 107 triple double yang 76 diantaranya ia buat pada abad ke-21. Kidd saat ini menjabat sebagai pelatih Dallas Mavericks.

Baca Juga: 5 Bintang Veteran NBA yang Belum Pernah Rasakan Gelar Juara

4. LeBron James - 99 triple double

5 Pemain NBA Cetak Triple Double Terbanyak di Abad 21LeBron James (nbc4i.com)

Bukan hal yang mengherankan jika LeBron James masuk dalam pencetak triple double terbanyak, sebab ia punya segalanya untuk melakukannya. Pencetak poin ulung, pengumpan handal, hingga bagus saat bertahan. Ia bahkan sering disandingkan dengan Michael Jordan sebagai pemain NBA terhebat sepanjang sejarah.

James pertama kali mencatatkan triple double pada laga melawan Portland Trail Blazers pada tahun 2005, saat itu ia mencatatkan 27 point, 11 rebound, dan 10 assist. Setelahnya ia menambah 98 lagi dan menjadikannya pemain aktif dengan raihan triple double terbanyak kedua.

5. Russell Westbrook - 184 triple double

5 Pemain NBA Cetak Triple Double Terbanyak di Abad 21Russell Westbrook (thejnotes.com)

Jika membicarakan triple double, tak lengkap rasanya bila tak menyebut nama Russell Westbrook. Ia merupakan pemain pertama yang membuat rataan triple double sepanjang musim, sejak Oscar Robertson pada musim 1962. Catatan itu bahkan membuatnya meraih MVP musim 2017, walau Thunder hanya finis di posisi ke tujuh wilayah barat.

Musim lalu saja, ia membuat 34 triple double untuk melewati rekor 181 triple double, sepanjang masa milik Oscar Robertson. Meski begitu, ia tak sekalipun pernah meraih gelar juara NBA. Musim ini menjadi peluang terbaiknya untuk juara, sebab ia akan satu tim dengan para bintang, macam LeBron James, Anthony Davis, hingga Carmelo Anthony.

Capaian tersebut memang menjadi prestasi tersendiri bagi para deretan pemain di atas, sebab tak mudah untuk membuat triple double. Dengan masih banyak yang aktif bermain, bukan tak mungkin catatan mereka akan terus meningkat.

Baca Juga: 5 NBA Rookie of the Year yang Gagal Bersinar dalam 30 Tahun Terakhir 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya