Comscore Tracker

6 Pemain NBA yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam Satu Pertandingan

Ada yang masih aktif bermain!

Mencetak 70 poin dalam satu pertandingan bukanlah hal mudah, bahkan untuk para pemain berlabel bintang. Nama-nama top macam Michael Jordan, LeBron James, hingga Stephen Curry tak pernah menyentuh angka ini dalam satu pertandingan sepanjang karier mereka.

Tak ayal hal ini menjadi prestasi luar biasa bagi pemain NBA. Terakhir kali pemain yang melakukannya adalah Devin Booker pada tahun 2017. Berikut enam pemain NBA yang pernah mencetak 70 poin dalam satu pertandingan.

1. Wilt Chamberlain

6 Pemain NBA yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam Satu PertandinganWilt Chamberlain (philadelphia.cbslocal.com)

Berbicara mengenai mencetak banyak poin, tak lengkap rasanya bila tak menyebut nama Wilt Chamberlain. Wilt tercatat sudah 6 kali mencetak angka lebih dari 70. Bahkan, ia memegang rekor poin tertinggi dalam satu pertandingan dengan 100 poin.

Pemain yang banyak menghabiskan kariernya pada dekade '60-an ini bahkan pernah membuat rataan 50 poin dalam satu musim. Selama kariernya, ia merupakan peraih 2 kali juara NBA, 4 kali MVP, dan 1 Final MVP.

2. Elgin Baylor

6 Pemain NBA yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam Satu Pertandinganskysports.com

Elgin Baylor merupakan salah satu pemain terhebat yang tak pernah menjuarai NBA, padahal ia telah 7 kali menembus partai final. Pemain yang 11 kali masuk all star ini merupakan legenda Los Angeles Lakers, satu-satunya tim yang ia bela sepanjang kariernya.

Baylor mencetak 71 poin saat Lakers berhadapan dengan New York Knicks pada tahun 1960. Selain itu, ia juga mencatatkan 25 rebound. Penampilan gemilangnya itu mampu membawa timnya meraih kemenangan dengan skor 122-113.

3. David Thompson

6 Pemain NBA yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam Satu PertandinganDavid Thompson (bleacherreport.com)

David Thompson merupakan salah satu pencetak angka terhebat milik Denver Nuggets pada dekade '70-an. Sepanjang kariernya ia pernah masuk all star sebanyak 4 kali dan namanya kini masuk dalam NBA Hall of Fame.

Pemain berjuluk Skywalker ini mencetak 73 angka pada tahun 1973 kala Nuggets bertemu dengan Detroit Pistons. Thompson mencetak 53 poin pada paruh pertama dan sisanya ia cetak pada paruh kedua. Meski tampil gemilang, timnya harus menyerah kalah dari Pistons.

Baca Juga: Perjalanan Karier Pau Gasol, Juara NBA yang Umumkan Pensiun

4. David Robinson

6 Pemain NBA yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam Satu PertandinganDavid Robinson (news.cgtn.com)

David Robinson merupakan center sekaligus legenda San Antonio Spurs. Bersama Spurs ia meraih 2 gelar juara NBA, 1 MVP, dan 1 Defensive Player of The Year. Bahkan, pada musim 1993/1994 Robinson mampu menjadi scoring champion atau pencetak angka terbanyak dalam satu musim.

Laga menghadapi Los Angeles Clippers di partai terakhir musim reguler menjadi puncak kegemilangan Robinson. Kala itu ia sukses mencetak 71 angka untuk menumbangkan Clippers. Sumbangan poin sebanyak itu sekaligus menyalip catatan milik Shaquile O'Neal yang menjadi pesaing ketat dalam persaingan merebut gelar scoring champion musim itu.

5. Kobe Bryant

6 Pemain NBA yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam Satu PertandinganKobe Bryant (latimes.com)

Kobe Bryant dikenal sebagai pencetak poin andal selama bermain di NBA untuk Los Angeles Lakers. Ia menempati peringkat keempat dalam daftar top skor NBA sepanjang masa. Tak mengherankan jika ia kerap mencetak 60 bahkan 70 poin dalam satu pertandingan.

Pencapaian tertinggi Bryant adalah saat ia mencetak 81 poin ketika Lakers menjamu Toronto Raptors pada tahun 2006. Kala itu seisi Staples Center dibuat tercengang dengan kehebatan pemain berjuluk Black Mamba tersebut. Pada akhir musim Bryant juga menyabet gelar scoring champion.

6. Devin Booker

6 Pemain NBA yang Pernah Mencetak 70 Poin dalam Satu PertandinganDevin Booker (bostonglobe.com)

Devin Booker menjadi pemain terakhir yang tercatat pernah mencetak 70 angka dalam satu pertandingan. Hal itu ia lakukan pada saat Phoenix Suns menghadapi Boston Celtics pada tahun 2017. Meski timnya kalah, Booker sukses mencuri perhatian dengan mencetak 70 poin.

Bahkan, kala itu ia masih berusia 20 tahun, sekaligus menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang pernah menorehkan 70 poin dalam satu pertandingan. Kini Booker menjadi salah satu ujung tombak Suns dan musim lalu baru saja membawa timnya ke partai final NBA.

 

Mencetak 70 poin terbukti bukan hal mudah, bahkan hanya ada 6 pemain yang pernah melakukannya. Akankah musim ini akan ada pemain lain yang melakukan hal serupa?

Baca Juga: 10 Potret Devin Booker, Atlet NBA Kekasih Baru Kendall Jenner

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya