Comscore Tracker

5 Pembalap Tertua Formula 1 Musim Ini, Ada yang Kepala Empat!

Masih bersaing untuk juara dunia

Ada yang mengatakan bahwa usia hanyalah angka. Mungkin ini juga yang dirasakan oleh beberapa pembalap Formula 1 ini. Meskipun ada banyak pembalap baru setiap tahunnya dan pastinya lebih muda, mereka masih cukup kuat untuk bersaing meraih gelar juara dunia.

Hal yang membuat mereka lebih unggul dari pembalap muda adalah soal pengalaman. Setelah melewati banyak musim, mereka pastinya sudah pernah merasakan naik turun dalam kariernya. Berikut merupakan 5 pembalap tertua di Formula 1 musim ini.

1. Kimi Raikkonen - 41 tahun

5 Pembalap Tertua Formula 1 Musim Ini, Ada yang Kepala Empat!essentiallysports.com

Dengan usia 41 tahun, Kimi Raikkonen menjadi pembalap tertua di Formula 1 musim ini. Saat ini ia membalap untuk tim Alfa Romeo. Bukan hanya yang tertua, mantan juara dunia tahun 2007 ini juga memegang rekor sebagai pembalap yang paling banyak tampil di Formula 1 sepanjang sejarah.

Raikkonen mengawali kariernya di Formula 1 dengan membela tim Sauber pada tahun 2001. Tampil cukup bagus ia kemudian dilirik oleh tim kuat saat itu, McLaren. Di sana ia sukses dua kali menjadi runner up pada klasemen akhir. Pada tahun 2007, pembalap berjuluk Iceman tersebut pindah ke Ferrari dan langsung menjadi juara dunia.

Baca Juga: Formula 1: Usia Boleh Senja, Namun Kimi Raikkonen Tetap Sama

2. Fernando Alonso - 39 tahun

5 Pembalap Tertua Formula 1 Musim Ini, Ada yang Kepala Empat!coupler.foxsports.com.au

Sempat menjadi pembalap termuda yang meraih gelar juara dunia tahun 2005. Siapa yang menyangka Fernando Alonso akan tetap membalap hingga usia 39 tahun. Kala itu ia sukses menghentikan dominasi Michael Schumacher yang meraih lima gelar juara dunia secara beruntun.

Ia mengulangi kesuksesannya di musim selanjutnya dengan menjadi juara dunia untuk kedua kalinya yang semuanya diperoleh saat membela Renault. Selanjutnya, ia sempat membela beberapa tim, yakni McLaren, Ferarri, hingga timnya musim ini, Alpine.

3. Lewis Hamilton - 36 tahun

5 Pembalap Tertua Formula 1 Musim Ini, Ada yang Kepala Empat!formula1.com

Lewis Hamilton dan Mercedes sukses menciptakan dominasi di ajang Formula 1. Kebersamaan mereka sukses memberikan enam gelar juara dunia bagi Hamilton. Ia pun berhasil menyamai rekor milik Michael Schumacher dengan koleksi tujuh gelar juara. Bahkan, jika ia bisa tampil baik musim ini bukan tak mungkin ia akan memecehkan rekor tersebut.

Hamilton mengawali kariernya tahun 2007 dengan membela McLaren. Semusim berselang ia sukses meraih gelar juara dunia pertamanya. Saat ini Hamilton menjadi yang terbanyak dalam urusan kemenangan, pole position, dan podium sepanjang sejarah Formula 1.

4. Sebastian Vettel - 33 tahun

5 Pembalap Tertua Formula 1 Musim Ini, Ada yang Kepala Empat!thesportsrush.com

Sebastian Vettel meraih puncak kesuksesannya kala membela Red Bull. Bersama tim berlogo banteng tersebut ia sukses meraih empat gelar juara dunia secara beruntun sejak 2010 hingga 2013. 

Hingga saat ini ia menjadi pembalap termuda yang meraih gelar juara dunia. Sempat membela Ferrari untuk beberapa musim, namun ia tak mampu meraih gelar lagi. Saat ini pembalap asal jerman tersebut membela Aston Martin untuk musim 2021.

5. Daniel Ricciardo - 31 tahun

5 Pembalap Tertua Formula 1 Musim Ini, Ada yang Kepala Empat!thesportsrush.com

Daniel Ricciardo merupakan satu-satunya yang tak bergelar juara dunia. Namun, jangan pernah meragukan kemampuan balapnya. Pembalap asal Australia itu telah mengoleksi tujuh kemenangan sejak debutnya tahun 2011.

Prestasi terbaiknya adalah peringkat ketiga pada klasemen akhir di musim 2014 dan 2016 bersama Red Bull. Di musim 2019 ia pindah ke Reanult dan saat ini Ricciardo membalap bersama McLaren.

 

Itulah 5 pembalap Formula 1 tertua musim ini yang masih bersaing untuk meraih gelar juara dunia. Meskipun sudah tua, soal kemampuan tak perlu diragukan lagi.

Baca Juga: 5 Negara Penghasil Gelar Juara Dunia Terbanyak di Ajang Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya