5 Pembalap Formula 1 Terhebat Asal Brasil, Deretan Juara!

Selalu tampil dominan

Brazil merupakan salah satu negara tersukses di ajang Formula 1. Mereka sukses menempatkan tiga pembalapnya sebagai peraih gelar juara dunia. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan pembalap asal Brazil tak perlu diragukan lagi.

Brazil sukses merengkuh delapan gelar juara dunia dari tiga pembalap yang berbeda, yakni Emerson Fittipaldi, Nelson Piquet, dan Ayrton Senna. Namun, selain itu, masih ada pembalap lain yang tak kalah hebatnya, lho. Berikut 5 pembalap terhebat Formula 1 asal Brazil.

1. Rubens Barrichello

5 Pembalap Formula 1 Terhebat Asal Brasil, Deretan Juara!scuderiafans.com

Rubens Barrichello merupakan pembalap yang memiliki karier cukup panjang, yakni sejak tahun 1993 hingga 2011. Dalam rentang waktu tersebut ia telah membela enam tim, yakni Jordan, Stewart, Ferrari, Honda, Brawn, dan Williams.

Namun, ia paling diingat saat berduet dengan peraih tujuh gelar juara dunia, Michael Schumacher. Sama-sama membela Ferrari, mereka bersaing cukup sengit untuk memperebutkan kemenangan. Selama kariernya, Barrichello telah memenangkan 11 seri dari 322 kali membalap.

Baca Juga: F1: Mercedes Antisipasi Kekuatan Ferrari dan McLaren di GP Portugal

2. Felipe Massa

5 Pembalap Formula 1 Terhebat Asal Brasil, Deretan Juara!essentiallysports.com

Tahun 2008 pasti akan selalu diingat oleh Felipe Massa. Pada tahun tersebut, ia gagal meraih juara dunia di depan pendukungnya sendiri. Meskipun meraih kemenangan di sirkuit Interlagos, ia kalah satu poin dari Lewis Hamilton pada klasemen akhir.

Berkarier selama 15 tahun, Massa tercatat pernah membela tiga tim, yakni Sauber, Ferrari, dan Williams. Sama seperti Barrichello, Massa juga mengoleksi 11 kemenangan sepanjang kariernya di Formula 1.

3. Emerson Fittipaldi

5 Pembalap Formula 1 Terhebat Asal Brasil, Deretan Juara!motorsportmagazine.com

Emerson Fittipaldi menjadi orang Brazil pertama yang menjadi juara dunia. Juara dunia pertamanya diraih kala ia membela Lotus musim 1972. Ia mengulang kesuksesannya dua tahun berselang yang kali ini bersama McLaren.

Setelah itu ia membuat keputusan mengejutkan dengan bergabung bersama tim Fittipaldi yang merupakan tim bentukan kakaknya, Wilson Fittipaldi. Selain sukses di ajang Formula 1, ia juga menjadi juara dunia pada gelaran Indianapolis 500 dan CART Championship.

4. Nelson Piquet

5 Pembalap Formula 1 Terhebat Asal Brasil, Deretan Juara!formula1.com

Nelson Piquet menjadi penerus kesuksesan pembalap Brazil setelah Emerson Fittipaldi pensiun. Ia mengawali karier balapnya tahun 1979 bersama Brabham. Di tahun 1981 ia meraih gelar juara dunia pertamanya. Kesuksesannya itu diulang dua musim berselang dan menjadi gelar juara dunia terakhir untuk Brabham.

Gelar juara dunia terakhir diaraihnya kala membela Williams. Selama kariernya ia telah bersaing dengan banyak pembalap hebat, seperti Ayrton Senna, Nigel Mansell, dan Alain Prost.

5. Ayrton Senna

5 Pembalap Formula 1 Terhebat Asal Brasil, Deretan Juara!www.firstpost.com

Ayrton Senna menjadi pembalap terakhir yang meraih gelar juara dunia bagi Brazil, tepatnya musim 1993 bersama Williams, semusim sebelum ia meninggal di sirkuit Imola. Hari itu menjadi sangat menyedihkan bagi warga Brazil karena mereka telah ditinggal pahlawannya.

Senna terkenal karena perseteruannya dengan Alain Prost. Momen yang paling diingat adalah ketika perebutan gelar juara dunia 1989. Kala itu kedua pembalap yang sama-sama membela McLaren saling bertabrakan. Prost tak dapat melanjutkan balapan, namun Senna yang kembali ke lintasan dan berhasil finish harus menerima kenyataan ia didiskualifikasi dan menyerahkan gelar juara dunia ke Prost.

 

Itulah kelima pembalap hebat asal Brazil yang telah menorehkan catatan manis di ajang balap Formula 1. Mereka sukses menunjukkan determinasi dan selalu menjadi yang terdepan dalam persaingan menuju gelar juara dunia.

Baca Juga: Mobil Balap Ayrton Senna Siap Dilelang Mei Mendatang

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya