Comscore Tracker

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Inggris, Kariernya Gemilang

Ada peraih tujuh gelar juara dunia!

Inggris merupakan gudangnya para pembalap hebat di ajang Formula 1. Bukan tanpa sebab, negara ini telah meraih 20 gelar juara dunia sejak gelaran Formula 1 pertama bergulir. Mereka selalu mampu bersaing menjadi juara dunia.

Inggris juga tak pernah kehabisan pembalap hebat. Di setiap dekade pasti ada yang menjadi juara atau setidaknya bersaing ketat dalam meraihnya. Berikut lima pembalap terbaik asal Inggris di ajang Formula 1.

1. Jenson Button

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Inggris, Kariernya GemilangJenson Button (thesportsrush.com)

Sepanjang kariernya, Jenson Button hanya meraih satu gelar juara dunia pada tahun 2009 bersama Brawn GP. Namun, sosoknya yang ramah dan kadang suka mengundang tawa membuat ia begitu dicintai masyarakat Inggris.

Button memenangkan seri pertamanya pada tahun 2006 di GP Hungaria. Namun, saat itu tak ada yang menyangka bahwa tiga tahun berselang ia akan meraih titel juara dunia. Bukan hanya untuk dirinya, duetnya bersama Rubens Barrichello sukses membuahkan gelar juara dunia konstruktor bagi Brawn GP.

2. Jim Clark

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Inggris, Kariernya GemilangJim Clark (bbc.com)

Jim Clark merupakan dua kali juara dunia Formula 1, tepatnya pada musim 1963 dan 1965 yang keduanya diraih saat mengendarai Lotus. Sepanjang kariernya ia telah memenangkan 25 balapan dan 33 kali meraih pole position dan menjadi yang terbanyak saat itu.

Namun, karier Jim Clark berakhir secara tragis setelah ia meninggal di sirkuit Hockenheimring pada tahun 1968. Kejadian tersebut membuat semua pencinta F1 cukup terkejut saat itu. Rekan satu tim Clark, Graham Hill, yang menjadi juara dunia saat itu bahkan mendedikasikan gelarnya untuk Clark.

Baca Juga: Ulik Berbagai Fitur Canggih di Setir Formula 1, Yuk Intip!

3. Nigel Mansell

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Inggris, Kariernya GemilangNigel Mansell (autocar.co.uk)

Nigel Mansell mungkin hanya meraih satu gelar juara dunia sepanjang kariernya, yakni pada tahun 1992 bersama Williams. Namun, sepanjang kariernya ia harus bersaing dengan banyak pembalap hebat, macam Nelson Piquet, Ayrton Senna, hingga Alain Prost. Mereka semua setidaknya tiga kali meraih gelar juara dunia.

Nigel Mansell sepanjang kariernya telah membela empat tim, yakni Lotus, Williams, Ferrari, dan McLaren. Pensiun tahun 1995, Mansell telah memenangkan 31 kali balapan dengan 59 podium.

4. Sir Jackie Stewart

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Inggris, Kariernya GemilangSir Jackie Stewart (sportskeeda.com)

Sir Jackie Stewart merupakan salah satu pembalap terbaik yang pernah dilahirkan oleh Inggris. Tiga gelar juara dunianya hanya kalah dari Lewis Hamilton. Ia juga memenangkan 27 seri dan 43 kali meraih podium.

Tiga gelar yang didapatnya diraih pada musim 1969, 1971, dan 1973. Setelah pensiun ia mendedikasikan hidupnya untuk menciptakan Formula 1 agar lebih aman bagi pembalapnya. Stewart juga berjasa atas meningkatnya kualitas fasilitas medis dan sirkuit.

5. Lewis Hamilton

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Inggris, Kariernya GemilangLewis Hamilton (people.com)

Tak diragukan lagi, tujuh gelar juara dunia milik Hamilton merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah. Pencapaian ini menyamai rekor milik Michael Schumacher. Bahkan, jika musim ini ia tampil konsisten, bukan tak mungkin gelar kedelapan akan menjadi miliknya.

Karier Hamilton memang sudah cemerlang sejak debutnya pada tahun 2007. Tampil bersama McLaren, ia hanya kalah satu poin dari sang juara dunia, Kimi Raikkonen. Namun, semusim berselang ia membayarnya dengan raihan gelar juara dunia. Enam gelar lain diraihnya kala ia membela Mercedes sejak 2013 hingga saat ini.

 

Itulah lima pembalap terbaik asal Inggris yang sukses merajai ajang balap mobil terpopuler di dunia. Tak hanya memenangkan kejuaraan, mereka juga mendapat tempat di hati masyarakat Inggris.

Baca Juga: F1: Hamilton Raih Pole Position ke-100 Sepanjang Karier di GP Spanyol

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya