Comscore Tracker

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Spanyol, Ada Juara Dunia

Dari Alguersuari hingga Alonso

Spanyol memang terkenal menghasilkan banyak bakat andal dalam dunia otomotif. Mereka banyak menjadi juara di ajang balap kelas dunia, seperti Rally, MotoGP, dan tentunya Formula 1.

Tak seperti di MotoGP yang cukup mendominasi gelar juara dunia dalam satu dekade terakhir. Spanyol hanya punya satu juara dunia Formula 1, yakni Fernando Alonso yang melakukannya di musim 2005 dan 2006. Selain Alonso, berikut lima pembalap Formula 1 terbaik asal Spanyol.

1. Jaime Alguersuari

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Spanyol, Ada Juara DuniaJaime Alguersuari (as.com)

Jaime Alguersuari masih berusia 19 tahun kala ia debut di Formula 1 bersama Toro Rosso pada pertengahan musim 2009. Prestasi terbaiknya musim itu hanya peringkat ke-14 pada GP Brazil. Sisanya ia lebih banyak mengalami crash.

Musim berikutnya, mobilnya tak cukup cepat untuk bersaing di papan atas dan hal itu membuatnya hanya memperoleh lima poin di akhir musim. Pada musim 2011 prestasinya lebih baik dengan mencetak 26 poin. Sayang, hasil itu tak berhasil membuat Toro Rosso terkesan sehingga musim itu menjadi yang terakhir baginya di Formula 1.

2. Alfonso de Portago

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Spanyol, Ada Juara DuniaAlfonso de Portago (motorsportmagazine.com)

Alfonso de Portago melakukan hal yang tak pernah dilakukan Jamie Algiersuari sepanjang kariernya, yakni berdiri di atas podium. Hasil itu diraihnya pada GP Inggris musim 1956. Kala itu ia sukses menempati posisi kedua.

Alfonso tak memiliki karier yang panjang di Formula 1. Total ia hanya pernah lima kali membalap untuk Ferrari pada musim 1956 dan 1957. Hal itu disebabkan ia mengalami kecelakaan hebat pada ajang Mille Miglia Road Race yang membuatnya kehilangan nyawa di usia 27 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Akan Memperkuat Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020

3. Paco Godia

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Spanyol, Ada Juara DuniaPaco Godia (formulapassion.it)

Paco Godia tak pernah sekali pun naik podium sepanjang kariernya di Formula 1. Namun, ia masih merupakan salah satu pembalap hebat dari Spanyol. Uniknya, Paco tak pernah membalap satu musim penuh di Formula 1.

Prestasi terbaiknya adalah dua kali meraih posisi keempat pada GP Jerman dan Italia musim 1956 kala membela Maserati. Selama berlaga di ajang Formula 1, ia total melakoni 14 kali balapan yang semuanya bersama Maserati.

4. Carlos Sainz Jr

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Spanyol, Ada Juara DuniaCarlos Sainz Jr (thecheckeredflag.co.uk)

Carlos Sainz Jr merupakan anak dari juara dunia Rally tahun 1990 dan 1992, Carlos Sainz. Bakat ayahnya diikuti Sainz Jr, namun ia memilih berlaga di ajang Formula 1. Mengawali karier  bersama Toro Rosso pada musim 2015, ia cukup konsisten mencetak poin pada tiap balapan.

Sempat membela Renault, ia akhirnya meraih podium pertamanya kala membela McLaren pada GP Brazil musim 2018. Kini ia dikontrak Ferrari untuk menemani Charles Leclerc. Tercatat Carlos berhasil meraih podium di GP Monaco. Dengan musim ini yang masih panjang, apakah ia bisa meraih kemenangan nantinya.

5. Fernando Alonso

5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Spanyol, Ada Juara DuniaFernando Alonso (skysports.com)

Fernando Alonso jelas merupakan pembalap terbaik yang pernah dimiliki Spanyol. Dua gelar juara dunia dan 32 kemenangan menjadi buktinya. Mengawali karier di Formula 1 bersama Minardi, ia kemudian menunjukkan kelasnya kala membela Renault. Bersama tim asal Prancis itu ia sukses merebut dua gelar juara dunia musim 2005 dan 2006.

Semusim berselang ia pindah ke McLaren dan hampir saja meraih gelar juara dunia ketiganya. Sayang, ia tertiggal satu poin saja dari Kimi Raikkonen pada klasemen akhir. Alonso yang sempat menyatakan pensiun pada akhir musim 2018 kini kembali ke lintasan dengan bendera Alpine.

 

Memang hanya Alonso yang mampu menunjukkan performa konsisten dan bersaing dalam perebutan gelar juara. Namun, hal tersebut menjadi motivasi bagi pembalap muda Spanyol yang ingin berprestasi di ajang Formula 1.

Baca Juga: Renault Siap Luncurkan Mobil Klasik Bermesin Listrik  

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya