Comscore Tracker

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di GP Turki, Massa Terbanyak

Siapa yang akan juara tahun ini?

Persaingan perebutan gelar juara Formula 1 musim ini semakin memanas antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen. Pada hari minggu nanti (10/10/2021), seri selanjutnya akan digelar di sirkuit Istanbul Park, Turki. Turki pertama kali menggelar balapan Formula 1 pada tahun 2005 dan Kimi Raikkonen keluar sebagai pemenang.

Sempat absen sejak musim 2012 hingga 2019, GP Turki kembali masuk ke kalender Formula 1 pada musim 2020 lalu. Balapan itu juga sekaligus menjadi saksi saat Lewis Hamilton merengkuh gelar juara dunia untuk ketujuh kalinya. Berikut 5 pembalap Formula 1 yang pernah menang pada GP Turki.

1. Kimi Raikkonen (2005)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di GP Turki, Massa TerbanyakKimi Raikkonen menang pada GP Turki 2005 (scuderiafans.com)

GP Turki pertama kali diselenggarakan pada musim 2005. Sebagai sirkuit baru, tentunya Istanbul Park cukup menantang bagi para pembalap. Terbukti pada sesi kualifikasi banyak pembalap yang mengalami spin, bahkan pembalap sekelas juara dunia seperti Jacques Villeneuve dan Michael Schumacher gagal mencatatkan waktu.

Namun, lain halnya dengan Kimi Raikkonen yang sukses tampil perkasa dengan meraih pole position. Kala itu memang Raikkonen tengah bersaing ketat dengan Fernando Alonso demi gelar juara dunia. Raikkonen pun melanjutkan performa baiknya saat race dan sukses merebut kemenangan, sementara Alonso berada di perigkat kedua.

2. Felipe Massa (2006--2008)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di GP Turki, Massa TerbanyakFelipe Massa menang pada GP Turki 2006 (irishmirror.ie)

Felipe Massa merupakan salah satu pembalap hebat yang tak pernah meraih gelar juara dunia. Padahal, selama kariernya, ia telah mengantongi 11 kemenangan yang 3 di antaranya ia raih di GP Turki. Setelah Kimi menang pada musim 2005, Massa mendominasi dengan meraih tiga kemenangan beruntun sejak 2006 hingga 2008.

Tak hanya kemenangan, dalam tiga musim tersebut pembalap Ferrari itu juga selalu meraih pole position. Tak ayal hal ini membuatnya dijuluki sebagai King of Istanbul sebab pembalap asal Brazil itu menjadi yang terbanyak memenangi seri GP Turki.

Baca Juga: 8 Fakta Enzo Ferrari, Pendiri Pabrikan Supercar Ferrari

3. Jenson Button (2009)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di GP Turki, Massa TerbanyakJenson Button menang pada GP Turki 2009 (eurosport.com)

Setelah Felipe Massa mendominasi GP Turki dalam tiga musim beruntun, pada musim 2009 giliran Jenson Button yang meraih kemenangan di sirkuit Istanbul Park. Musim itu Button memang tampil begitu dominan dengan Brawn GP. Bahkan, di akhir musim ia sukses menyegel gelar juara dunia.

Sebelum seri GP Turki, pembalap asal Inggris ini telah mengantongi lima kemenangan. Hal itu membuatnya begitu percaya diri ketika balapan digelar. Meskipun start dari posisi kedua, ia sukses merebut kemenangan dengan mengasapi dua pembalap Red Bull, Mark Webber dan Sebastian Vettel.

4. Sebastian Vettel (2011)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di GP Turki, Massa TerbanyakSebastian Vettel menang pada GP Turki 2011 (eurosport.com)

Sebastian Vettel benar-benar mendominasi Formula 1 musim 2011 karena ia sukses menyabet 11 kemenangan dan salah satunya ia buat di GP Turki. Pada sesi kualifikasi, Vettel tampil sangat baik dengan menjadi yang tercepat. Ia berada di depan rekan setimnya, Mark Webber.

Ketika race berlangsung, tak ada lagi yang mampu menghentikan pembalap Red Bull tersebut. Vettel pun sukses meraih kemenangan diikuti Mark Webber dan pembalap Ferrari, Fernando Alonso. Ini menjadi satu-satunya kemenangannya di GP Turki. Akankah musim ini Vettel akan kembali berada di podium teratas?

5. Lewis Hamilton (2010 dan 2020)

5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di GP Turki, Massa TerbanyakLewis Hamilton menang pada GP Turki 2020 (autoweek.com)

GP Turki sempat absen dari kalender Formula 1 dari musim 2012 hingga 2019 sebelum kembali pada musim lalu. Tampil sebagai seri ke-14, GP Turki sekaligus menjadi saksi ketika Lewis Hamilton meraih gelar juara dunia untuk ketujuh kalinya usai tampil sebagai pemenang.

Prestasi itu sekaligus mengulang kemenangannya di GP Turki pada musim 2010 yang kala itu masih membela McLaren. Podium pertama itu sekaligus menjadi kemenangan pertamanya musim itu. Apakah musim ini Istanbul Park akan kembali berpihak kepadanya?

 

Lima Pembalap tersebut sukses menjadi pemenangan dalam gelaran GP Turki. Dengan banyaknya kejutan dalam beberapa balapan terakhir. Akankah musim ini akan muncul juara baru?

Baca Juga: Hamilton Tegaskan Tak Ada Permusuhan Pribadi dengan Verstappen

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya