Termasuk Charles Leclerc, 5 Pembalap Formula 1 Ini Berasal dari Monako

Ada pembalap tertua di Formula 1!

Monako merupakan sebuah negara kecil di Eropa yang berbatasan dengan Prancis. Monako sendiri sudah menjadi tuan rumah Formula 1 sejak edisi perdana di musim 1950.

Hingga saat ini, GP Monako merupakan salah satu seri paling bergengsi bagi para pembalap. Monako di Formula 1 musim ini diwakili oleh Charles Leclerc yang membela Ferrari.

Ia digadang-gadang akan menjadi juara masa depan bagi tim Kuda Jingkrak tersebut. Termasuk Leclerc, berikut lima pembalap Formula 1 yang berasal dari Monako.

1. Louis Chiron

Termasuk Charles Leclerc, 5 Pembalap Formula 1 Ini Berasal dari MonakoLouis Chiron (auto-veteran.com)

Sebelum berkompetisi di Formula 1, Louis Chiron sudah punya banyak pengalaman di ajang balap mobil. Ia pun kemudian mengikuti musim perdana Formula 1 di tahun 1950 dengan membela Maserati.

Musim debutnya terbilang cukup gemilang ketika ia meraih podium ketiga di GP Monako yang merupakan balapan kandangnya. Namun, itulah kali terakhir Chiron meraih podium dan poin di Formula 1.

Chiron memegang rekor yang sepertinya akan sangat sulit dipecahkan oleh pembalap manapun. Yakni sebagai pembalap tertua yang pernah balapan di Formula 1, tepatnya pada GP Monako 1955. Kala itu usianya sudah menginjak 55 tahun 292 hari.

2. Andre Testut

Termasuk Charles Leclerc, 5 Pembalap Formula 1 Ini Berasal dari MonakoAndre Testut (f1forgottendrivers.com)

Andre Testut mengawali kiprahnya di Formula 1 pada GP Monako 1958. Kala itu, ia membuat timnya sendiri dengan bermodalkan mesin dan sasis dari Maserati. Sayang, Testut gagal lolos kualifikasi.

Semusim berselang ia kembali mencoba peruntungannya. Lagi-lagi, Testut tak sanggup membawa mobilnya melewati sesi kualifikasi. Itu juga menjadi balapan kedua sekaligus terakhirnya di Formula 1.

Baca Juga: 10 Pembalap Formula 1 yang Paling Banyak Mencatatkan Fastest Lap

3. Olivier Beretta

Termasuk Charles Leclerc, 5 Pembalap Formula 1 Ini Berasal dari MonakoOlivier Beretta (seemonaco.com)

Selepas Andre Testut, Monako cukup lama tak mempunyai wakil di Formula 1. Barulah pada musim 1994 mereka punya Olivier Beretta yang menjadi pilot Larousse. Larousse sendiri kala itu merupakan salah satu tim papan bawah.

Tampil sepuluh kali untuk Larousse, Beretta tak sekalipun mampu mendulang poin. Prestasi terbaiknya hanyalah finis ketujuh di GP Jerman. Ia bahkan harus rela dipecat ketika ia tak mampu membawa sponsor untuk mendanai tim asal Prancis tersebut di sisa musim.

4. Robert Doornbos

Termasuk Charles Leclerc, 5 Pembalap Formula 1 Ini Berasal dari MonakoRobert Doornbos (autosport.com)

Robert Doornbos merupakan pria kelahiran Rotterdam, Belanda. Namun, di musim 2005 ia balapan di Formula 1 menggunakan bendera Monako. Doornbos mengawali kariernya sebagai test driver bagi Jordan di musim 2004 dan 2005.

Pada pertengahan 2005, Minardi memberinya satu kursi untuk balapan menggantikan Patrick Friesacher. Delapan kali balapan, prestasi terbaiknya hanyalah peringkat ke-13 di GP Turki dan Belgia.

Pada 2006, Minardi diambil alih oleh Red Bull yang kemudian dijadikan sister team bernama Toro Rosso. Hal ini membuat Doornbos kehilangan kursinya dan hanya menjadi test driver bagi Red Bull.

Berkah datang bagi Doornbos ketika Christian Klien dipecat oleh Red Bull. Doornbos pun menggantikannya di sisa tiga balapan. Namun, saat itu ia memilih menggunakan bendera Belanda dan bukan Monako. Itu juga kali terakhir Doornbos balapan di Formula 1.

5. Charles Leclerc

Termasuk Charles Leclerc, 5 Pembalap Formula 1 Ini Berasal dari MonakoCharles Leclerc (skysports.com)

Charles Leclerc bisa dibilang sebagai pembalap tersukses yang berasal dari Monako. Ia merupakan juara dunia Formula 2 musim 2017 yang kemudian naik ke Formula 1 semusim berselang bersama Alfa Romeo.

Penampilannya yang cukup solid membuat Ferrari kemudian mengontraknya pada 2019 untuk menggantikan Kimi Raikkonen. Di musim perdananya ia langsung menyabet dua kemenangan di GP Belgia dan Italia.

Di musim 2022 ia kembali menjadi andalan Ferrari untuk menjadi juara dunia. Dengan regulasi mobil baru yang terbilang cukup banyak perubahan. Membuat banyak yang menjagokan Leclerc untuk menyabet titel juara dunia.

 

Kelima pembalap asal Monako tersebut punya cerita mereka tersendiri di Formula 1. Melihat performanya saat ini, akankah Charles Leclerc akan menjadi juara dunia pertama dari Monako?

Baca Juga: GP Italia 2019, Kemenangan Charles Leclerc di Hadapan para Tifosi

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya