5 Pembalap Formula 1 yang Paling Sering Menang di Sirkuit Imola

Sirkuit yang juga dekat dengan markas Ferrari!

Formula 1 musim 2022 seri keempat akan berlangsung di sirkuit Imola pada hari Minggu (24/4/2022). Sebagai pemimpin klasemen, Charles Leclerc, jelas diunggulkan. Apalagi Imola merupakan kandang dari Ferrari karena sangat dekat dengan markas mereka di Maranello.

Sebelum bertajuk GP Emilia Romagna, dulunya seri ini bernama GP San Marino. Tercatat beberapa nama pembalap hebat pernah berdiri di podium teratas. Berikut lima pembalap Formula 1 dengan kemenangan terbanyak di sirkuit Imola.

5. Damon Hill (2 kemenangan)

5 Pembalap Formula 1 yang Paling Sering Menang di Sirkuit ImolaDamon Hill (tengah) menang pada GP San Marino 1996. (twitter.com/WilliamsRacing)

Damon Hill pertama kali menjadi pemenang di Imola pada 1995. Meski hanya menempati posisi keempat saat kualifikasi, Hill mampu tampil dominan dengan menyentuh garis finis pertama. Ia juga sedikit diuntungkan ketika Michael Schumacher mengalami crash.

Semusim berselang, pembalap asal Inggris tersebut kembali ke puncak podium. Kali ini Hill menang usai start dari posisi kedua. Michael Schumacher dan Gerhard Berger melengkapi jajaran podium.

4. Nigel Mansell (2 kemenangan)

5 Pembalap Formula 1 yang Paling Sering Menang di Sirkuit ImolaNigel Mansell menang pada GP San Marino 1992. (twitter.com/1990sF1)

Meski pada GP San Marino 1987 Ayrton Senna sukses mengunci pole position. Namun, Nigel Mansell mampu menyalipnya pada lap kedua dan tak terhentikan untuk memenangi balapan.

Mansell kemudian mengulangi prestasinya tersebut pada 1992, tahun di mana ia menjadi juara dunia. Kala itu, Mansell mampu membawa mobil Williams FW14B miliknya tampil dominan dan menggapai puncak podium.

Baca Juga: 7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang pada GP Bahrain

3. Alain Prost (3 kemenangan)

5 Pembalap Formula 1 yang Paling Sering Menang di Sirkuit ImolaAlain Prost (twitter.com/F1)

Alain Prost mengawali balapan GP San Marino 1984 dari posisi kedua di belakang Nelson Piquet. Namun, pembalap McLaren tersebut diuntungkan ketika Piquet mengalami masalah pada mobilnya. Alhasil, Prost pun sanggup mengunci kemenangannya.

Dua kemenangan lagi terjadi pada tahun di mana ia menjadi juara dunia, yakni pada 1986 ketika ia sukses mengasapi Nelson Piquet. Selanjutnya pada 1993 yang kala itu Prost unggul atas rekan setimnya di Williams, Damon Hill.

2. Ayrton Senna (3 kemenangan)

5 Pembalap Formula 1 yang Paling Sering Menang di Sirkuit ImolaAyrton Senna menang pada GP San Marino 1988. (twitter.com/McLarenF1)

Ayrton Senna tercatat pernah tiga kali menjadi yang tercepat di Imola. Pertama pada 1988 ketika ia sukses mengatasi perlawanan rekan setimnya di McLaren, Alain Prost. Semusim berselang Senna kembali menjadi yang tercepat.

Senna meraih kemenangan ketiganya pada 1991 yang kali ini mengungguli Gerhard Berger. Sayang, sirkuit inilah yang juga menjadi saksi kematiannya pada 1994. Senna tak terselamatkan usai mengalami crash pada tikungan tamburello.

1. Michael Schumacher (7 kemenangan)

5 Pembalap Formula 1 yang Paling Sering Menang di Sirkuit ImolaMichael Schumacher menang pada GP San Marino 2002. (twitter.com/schumacher)

Sirkuit Imola sepertinya menjadi salah satu sirkuit favorit dari Michael Schumacher. Karena legenda balap Formula 1 asal Jerman tersebut sukses menang dalam tujuh kesempatan berbeda.

Satu kali ia raih pada 1994 ketika masih membela Benetton. Sementara sisanya ia buat saat menjadi pilot bagi Ferrari, yakni pada 1999, 2000, 2002, 2003, 2004 dan 2006. Tahun di mana ia begitu mendominasi Formula 1.

 

Rekor milik Michael Schumacher dengan tujuh kali kemenangan di sirkuit Imola sepertinya akan sangat sulit untuk dikejar. Menarik menyaksikan siapa yang akan menjadi pemenang di GP Emilia Romagna musim ini?

Baca Juga: 10 Pembalap Formula 1 yang Paling Sering Gagal Finis, Kurang Beruntung

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya