4 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP Singapura

Potensi munculnya juara baru musim 2022

Setelah absen selama dua musim akibat pandemik Covid-19, GP Singapura akhirnya kembali ke kalender Formula 1 2022. GP Singapura akan menjadi seri ke-17 yang digelar pada, Minggu (2/10/2022), di sirkuit jalan raya Marina Bay.

GP Singapura yang sudah dihelat sejak musim 2008 telah memunculkan empat juara berbeda. Meski begitu, musim ini diprediksi akan muncul juara baru mengingat Max Verstappen yang tengah dalam kondisi prima. Berikut daftar keempat pembalap Formula 1 yang pernah menjuarai GP Singapura.

1. Fernando Alonso

4 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP SingapuraFernando Alonso (formula1.com)

Fernando Alonso yang membela Renault hanya berhasil mencatatkan waktu terbaik ke-15 pada sesi kualifikasi GP Singapura 2008. Namun, balapan yang berlangsung cukup chaos saat itu membuat Alonso mampu berdiri di puncak podium.

Kemenangan kedua Alonso di GP Singapura terjadi dua musim kemudian; kali ini ia lakukan bersama Ferrari. Alonso yang mengawali start dari posisi terdepan mampu mempertahankan posisinya dari kejaran Sebastian Vettel hingga balapan berakhir. 

2. Lewis Hamilton

4 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP SingapuraLewis Hamilton (formula1.com)

Sirkuit Marina Bay sepertinya cukup bersahabat bagi sang pemegang tujuh gelar juara dunia, Lewis Hamilton. Ia mampu empat kali menggapai podium tertinggi di GP Singapura. Kemenangan pertamanya ia raih pada Formula 1 musim 2009 bersama McLaren.

Tiga kemenangan lainnya ia bukukan bersama Mercedes pada 2014, 2017, dan 2018. Musim 2022 ini, Hamilton yang belum meraih kemenangan sekali pun tetap punya peluang menambah gelarnya di GP Singapura.

Baca Juga: Fernando Alonso Resmi Merapat ke Aston Martin pada Formula 1 2023

3. Sebastian Vettel

4 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP SingapuraSebastian Vettel (formula1.com)

Sebastian Vettel merupakan pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di GP Singapura. Pembalap asal Jerman tersebut tercatat sudah lima kali berdiri di puncak podium sirkuit Marina Bay.

Tiga kemenangan ia raih bersama Red Bull secara beruntun dari 2011--2013. Sementara itu, pada 2015 dan 2019, Vettel kembali merasakan kemenangan yang kali ini ia lakukan bersama Ferrari. Kemenangan pada 2019 tersebut juga sekaligus menjadi kemenangan terakhir Vettel di Formula 1.

4. Nico Rosberg

4 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP SingapuraNico Rosberg (formula1.com)

Nico Rosberg hanya pernah sekali menjuarai GP Singapura sepanjang kariernya. Hal itu terjadi di tahun 2016 ketika ia menyabet gelar juara dunia. Kemenangan tersebut juga membuatnya melampaui poin Lewis Hamilton.

Rosberg saat itu sudah tampil gemilang sejak sesi kualifikasi dengan menyabet pole position. Pada saat race, Rosberg mampu bertahan dari kejaran pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo. Keduanya hanya berselisih 0,4 detik ketika melintasi garis finis.

5. Berpotensi muncul juara baru musim 2022

4 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menjuarai GP SingapuraMax Verstappen (formula1.com)

Formula 1 GP Singapura 2022 sepertinya berpotensi memunculkan juara baru. Dua nama teratas yang digadang-gadang akan menjadi pemenang adalah Max Verstapppen dan Charles Leclerc. Keduanya merupakan kandidat utama perebutan gelar juara dunia musim 2022 ini.

Verstappen yang tengah tampil dominan dengan mengemas lima kemenangan beruntun sejak GP Prancis diprediksi akan memperpanjang catatan kemenangannya. Namun, Charles Leclerc yang tak ingin peluang meraih gelar juara dunianya sirna juga berambisi meraih kemenangan.

Kembalinya GP Singapura tentu sangat dinanti oleh para penggemar Formula 1. Lantas, siapakah yang akan menjadi juara musim 2022? Akankah muncul juara baru atau nama-nama lama yang kembali menjadi pemenang? Kita lihat saja pada hari, Minggu (3/10/2022).

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Kalender Formula 1 Musim 2023, Ada 24 Balapan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya