6 Pembalap Formula 1 yang Meraih Kemenangan Perdana di GP Kanada

Termasuk Lewis Hamilton dan Daniel Ricciardo

Kemenangan pertama selalu menjadi yang paling bersejarah bagi pembalap Formula 1. Tak heran jika para pembalap selalu mengingat tempat di mana mereka mencetak sejarah tersebut.

GP Kanada menjadi salah satu tempat bagi sejumlah pembalap Formula 1 dalam mencetak kemenangan perdana mereka. Beberapa kemenangan bahkan bisa dibilang cukup dramatis dan tak terlupakan.

1. Gilles Villeneuve (1978)

6 Pembalap Formula 1 yang Meraih Kemenangan Perdana di GP KanadaGilles Villeneuve menjuarai GP Kanada 1978. (formula1.com)

Bukan tanpa alasan pemerintah Kanada menamai sirkuit mereka Gilles Villeneuve. Villeneuve merupakan salah satu pembalap terhebat asal Kanada. Ia juga masih menjadi satu-satunya pembalap tuan rumah yang menang di GP Kanada.

Kemenangan tersebut terjadi pada 1978 ketika Villeneuve membela Ferrari dengan cukup dominan. Kemenangannya itu langsung disambut meriah pendukung tuan rumah. Terlebih itu menjadi kali pertama Villeneuve menggapai puncak podium.

2. Thierry Boutsen (1989)

6 Pembalap Formula 1 yang Meraih Kemenangan Perdana di GP KanadaThierry Boutsen menjuarai GP Kanada 1989. (twitter.com/F1)

Kemenangan perdana Thierry Boutsen pada GP Kanada 1989 diraih dengan cara yang tak mudah. Sebab, ia harus mengawali balapan dari posisi keenam. Namun, hujan yang terjadi membuat balapan sulit ditebak.

Bahkan, Boutsen sempat salah memilih ban yang membuatnya kehilangan cukup banyak waktu. Beruntung, pada akhir balapan, Ayrton Senna yang tengah memimpin mengalami masalah mesin yang membuat Boutsen mengambil alih pimpinan balapan.

Kemenangan ini menjadi yang pertama dari tiga kemenangan Boutsen selama kariernya di Formula 1. Boutsen juga menjadi pembalap asal Belgia pertama yang meraih kemenangan di Formula 1 setelah Jacky Ickx.

3. Jean Alesi (1995)

6 Pembalap Formula 1 yang Meraih Kemenangan Perdana di GP KanadaJean Alesi menjuarai GP Kanada 1995. (formula1.com)

Jean Alesi merupakan pembalap Ferrari pada musim 1991—1995. Namun, ia membela tim asal Maranello tersebut saat mereka tengah terpuruk dan kesulitan bersaing di papan atas. Hal itulah yang membuat Alesi tak kunjung meraih kemenangan perdananya.

Barulah pada musim terakhirnya, tepatnya pada GP Kanada 1995, Alesi mampu mengecap kemenangan pertama dan satu-satunya dalam kariernya. Kemenangan tersebut juga tak lepas dari masalah gear box yang dialami Michael Schumacher.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang di Sirkuit Baku

4. Lewis Hamilton (2007)

6 Pembalap Formula 1 yang Meraih Kemenangan Perdana di GP KanadaLewis Hamilton menang pada GP Kanada 2007. (planetf1.com)

Meskipun menjadi pembalap Formula 1 dengan kemenangan terbanyak, yakni 103 kali. Namun, Hamilton pasti tak akan melupakan kemenangan pertamanya yang terjadi di GP Kanada 2007.

Meskipun baru menjalani balapan keenamnya di Formula 1, Hamilton sukses membawa mobil McLaren miliknya menggapai podium teratas. Kemenangan inilah yang membuka keran juara Hamilton di Formula 1.

5. Robert Kubica (2008)

6 Pembalap Formula 1 yang Meraih Kemenangan Perdana di GP KanadaRobert Kubica menjuarai GP Kanada 2008. (formula1.com)

Saat Hamilton meraih kemenangan pada GP Kanada 2007, kejadian buruk menimpa Robert Kubica. Pembalap asal Polandia tersebut mengalami kecelakaan yang cukup fatal. Mobilnya terlihat hancur setelah menabrak dinding dengan sangat keras.

Kenangan pahit tersebut ternyata tak menghentikan Kubica untuk meraih kemenangan semusim berselang di tempat yang sama. Ia pun menjadi pembalap asal Polandia pertama yang sukses menjadi pemenang balapan di Formula 1.

Balapan tersebut diwarnai insiden ketika Lewis Hamilton menabrak bagian belakang mobil Ferrari milik Kimi Raikkonen. Beruntung, Kubica yang berada tepat di samping Raikkonen tak mengalami masalah dan dapat melanjutkan balapan.

6. Daniel Ricciardo (2014)

6 Pembalap Formula 1 yang Meraih Kemenangan Perdana di GP KanadaDaniel Ricciardo menjuarai GP Kanada 2014. (skysports.com)

Musim 2014 menjadi dominasi penuh bagi dua pembalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Hanya ada satu pembalap yang mampu mencuri kemenangan dari mereka berdua, yaitu Daniel Ricciardo.

Menjalani musim pertama dan berduet dengan empat kali juara dunia, Sebastian Vettel, tak membuat Ricciardo minder sedikit pun. Pada GP Kanada, ia tampil cemerlang ketika menyalip Nico Rosberg sekaligus meraih kemenangan perdananya di Formula 1.

GP Kanada menjadi tempat yang tak akan dilupakan bagi keenam pembalap tersebut. Sebab, di tempat inilah mereka meraih kemenangan perdana yang tentunya sangat bersejarah bagi mereka.

Baca Juga: Max Verstappen Jadi Pembalap F1 Termuda yang Raih 25 Kemenangan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya