Comscore Tracker

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022

Max Verstappen jadi yang paling banyak

Formula 1 2022 didominasi Red Bull dan Ferrari. Para pembalapnya bergantian memimpin balapan. Sementara, Mercedes sempat mencuri satu kemenangan pada akhir musim.

Tak mudah bagi pembalap lain untuk bisa berada di posisi terdepan melawan ketiga tim kuat tersebut. Namun, ternyata ada juga pembalap tim lain yang pernah memimpin balapan meski sesaat.

Berikut pembalap Formula 1 yang pernah pimpin balapan pada 2022.

1. Fernando Alonso

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022Fernando Alonso (formula1.com)

Fernando Alonso bisa dibilang cukup konsisten meraih poin untuk Alpine. Namun, masalah reliabilitas mobil membuatnya sering kali gagal finis musim ini.

Menariknya, Alonso sempat memimpin balapan di GP jepang. Di tengah hujan yang mengguyur Sirkuit Suzuka, pembalap asal Spanyol tersebut menjadi yang terdepan meski hanya satu lap.

2. Sebastian Vettel

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022Sebastian Vettel (formula1.com)

Sebastian Vettel mengamankan posisi kedelapan di GP Amerika Serikat. Ia bahkan sempat memimpin dua putaran sebelum menjalani pit stop keduanya.

Pembalap asal Jerman tersebut telah memimpin balapan sebanyak 3.051 lap sepanjang kariernya. Catatan tersebut hanya mampu diungguli Michael Schumacher dengan 5.111 lap dan Lewis Hamilton dengan 5.432 lap.

3. Lewis Hamilton

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022Lewis Hamilton (formula1.com)

Awal musim yang cukup sulit bagi Mercedes membuat Lewis Hamilton baru bisa memimpin balapan di GP Inggris. Beruntung baginya, Mercedes mau berbenah dan cukup kompetitif pada akhir musim.

Selain di GP Inggris, Hamilton sempat menjadi yang terdepan di GP Prancis, Hungaria, Belanda, Amerika Serikat, Meksiko, dan Brasil. Pembalap asal Inggris tersebut memimpin balapan sebanyak 46 lap pada 2022.

4. Carlos Sainz

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022Carlos Sainz (formula1.com)

Mendapat mobil yang terbilang kompetitif membuat Carlos Sainz sempat memanaskan perebutan gelar juara dunia musim ini. Bahkan, pembalap asal Spanyol tersebut meraih kemenangan perdananya di GP Inggris.

Ketika itu, ia mampu memimpin sepanjang 27 lap, yang merupakan catatan tertingginya selama berkarier di ajang balap jet darat. Sainz musim ini memimpin balapan sebanyak 72 lap dalam 8 balapan berbeda.

Baca Juga: Lewis Hamilton Tepis Pendapat Formula 1 2022 Adalah Musim Terburuknya

5. George Russell

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022George Russell (formula1.com)

Meski baru menjalani musim pertamanya bersama Mercedes, George Russell mampu memimpin balapan lebih banyak dari rekan setimnya, Lewis Hamilton. Ia menjadi yang terdepan selama 99 lap sepanjang musim 2022.

Kemenangannya di GP Brasil musim ini jadi yang paling impresif karena Russell mampu memimpin balapan hampir di tiap lap. Selain itu, ia juga sempat menjadi yang terdepan di GP Spanyol, Hungaria, dan Meksiko.

6. Sergio Perez

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022Sergio Perez (instagram.com/schecoperez)

Sergio Perez musim ini menjadi 1 dari 3 pembalap selain Charles Leclerc dan Max Verstappen yang memimpin lebih dari 100 balapan. GP Monako dan Singapura menjadi balapan terbanyak di mana Perez mampu memimpin balapan.

Selain kedua balapan tersebut, pembalap asal Spanyol itu juga memimpin balapan di GP Arab Saudi, Spanyol, Azerbaijan, Belgia, dan Amerika Serikat. Perez total menjadi yang terdepan selama 147 lap musim ini.

7. Charles Leclerc

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022Charles Leclerc menjuarai GP Austria 2022. (formula1.com)

Sebagai salah satu pesaing juara musim 2022, tak heran jika kita sering melihat Charles Leclerc berada di posisi terdepan musim ini. Namun, strategi buruk, masalah reliabilitas mesin, dan kesalahan sendiri membuatnya gagal menyalip Max Verstappen di klasemen pembalap.

Pembalap asal Monako tersebut pernah memimpin 14 dari 22 seri yang diselenggarakan musim ini. Bermodalkan mesin Ferrari yang bertenaga, Leclerc total memimpin balapan sebanyak 311 lap.

8. Max Verstappen

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Pimpin Balapan pada 2022Max Verstappen (formula1.com)

Max Verstappen menjadi pembalap paling dominan musim ini dengan raihan 15 kemenangan. Dengan mobil Red Bull RB18 yang sukses dalam menerapkan regulasi baru ground efect, ia mampu keluar sebagai juara dunia.

Verstappen musim ini memimpin balapan dalam 17 dari 22 race yang dihelat. Ia bahkan sering kali berada di posisi terdepan dari awal hingga akhir balapan. Tak heran jika Verstappen musim ini telah memimpin balapan sebanyak 616 lap, jauh mengungguli pembalap lainnya.

Max Verstappen musim ini menjadi pembalap yang paling sering memimpin jalannya balapan. Namun, kita juga sempat melihat beberapa pembalap lain seperti Fernando Alonso dan Sebastian Vettel berada di posisi terdepan meski sesaat.

Baca Juga: Max Verstappen Beri Pujian untuk Gasly yang Kini Pindah ke Alpine

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya