8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang Rally

Ada Kimi Raikkonen hingga Valtteri Bottas

Pembalap Formula 1 tak jarang mencoba ajang balap lain ketika mereka tak lagi mendapat kursi. Banyak kompetisi bergengsi yang sering mereka ikuti, seperti Le Mans 24 Hours, IndyCar, hingga Formula E.

Satu ajang lain yang juga sempat diikuti beberapa pembalap Formula 1 adalah Rally. Berbeda dengan Formula 1, Rally merupakan kompetisi balap mobil di berbagai medan, mulai dari aspal, tanah, lumpur, hingga salju. 

Berikut delapan pembalap Formula 1 yang pernah tampil ajang Rally.

1. Nikita Mazepin

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang RallyNikita Mazepin (formula1.com)

Nikita Mazepin ditendang Haas menjelang musim 2022 dimulai akibat invasi Rusia ke Ukraina. Tak mau kehilangan sentuhan balapnya, Mazepin kemudian mengikuti ajang Silk Way Rally yang diawali dari Kazan, Rusia, dan berakhir di Ashgabat, Turkmenistan.

Meskipun begitu, Mazepin sepertinya tak tertarik untuk mengembangkan kariernya di dunia Rally. Ia masih berambisi untuk bisa kembali ke Formula 1 meski peluangnya cukup kecil melihat buruknya penampilan sang pembalap pada 2021.

2. Valtteri Bottas

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang RallyValtteri Bottas (twitter.com/ValtteriBottas)

Valtteri Bottas, yang saat ini merupakan pilot Alfa Romeo, rutin mengikuti ajang Arctic Rally sejak 2019. Arctic Rally sendiri merupakan sebuah balapan melewati tanah bersalju yang diadakan di Finlandia.

Selain pernah memacu mobil Rally di dataran bersalju, Bottas juga pernah memenangi ajang Rallycircuit Cote d'Azur pada 2019. Pemilik sepuluh kemenangan di Formula 1 tersebut memang aktif mengikuti ajang Rally ketika tak ada balapan di Formula 1.

3. Martin Brundle

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang RallyMartin Brundle (formula1.com)

Martin Brundle mungkin lebih sering kita dengar suaranya karena ia merupakan komentator Formula 1 untuk Sky Sports. Brundle cukup berpengalaman di Formula 1 karena pernah 13 musim balapan di sana.

Penampilan Brundle di ajang World Rally Championship terjadi pada 1996 dan 1999 ketika tampil dalam satu seri. Ia mengendarai Ford Escort RS Cosworth pada 1996 dan Toyota Corolla WRC pada 1999.

4. Jim Clark

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang RallyJim Clark (formula1.com)

Soal prestasi di Formula 1, tak usah meragukan Jim Clark. Raihan 25 kemenangan dan 2 gelar juara dunia menjadi bukti kehebatan pembalap Lotus tersebut.

Penampilan perdana Clark di ajang Rally terjadi pada 1996 ketika mengikuti RAC Rally of Great Britain. Nama Clark bahkan diabadikan dalam salah satu seri pada ajang British Rally Championship karena sering mengikuti ajang tersebut. Sayang, Clark meninggal dunia pada usia 32 tahun ketika mengikuti balapan Formula 1 di Sirkuit Hockenheimring.

Baca Juga: 5 Pembalap Pengganti yang Kalahkan Pembalap Utama di Formula 1

5. Heikki Kovalainen

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang RallyHeikki Kovalainen (wrc.com)

Heikki Kovalainen merupakan mantan rekan setim Lewis Hamilton di McLaren yang sempat meraih satu kemenangan di GP Hungaria 2008. Usai tak lagi balapan di Formula 1, Kovalainen sempat mencoba ajang Super GT hingga kini fokus menjadi pembalap Rally.

Pembalap asal Finladia tersebut pertama kali mencoba Rally di ajang Arctic Rally pada 2015. Ia kemudian menjuarai kompetisi Rally di Jepang dan debut di ajang World Rally Championship pada 2022. 

6. Robert Kubica

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang RallyRobert Kubica (formula1.com)

Ajang Rally menjadi mimpi buruk bagi Robert Kubica yang digadang-gadang sebagai salah satu bakat potensial di Formula 1. Pembalap asal Polandia tersebut mengalami kecelakaan fatal ketika balapan di ajang Ronde di Andora pada 2011.

Insiden tersebut bahkan membuat tangan kanannya patah hingga bagian bahu. Meski banyak yang menganggap karier balapnya sudah selesai, Kubica kembali balapan di ajang Rally 18 bulan kemudian. Ia sempat mengikuti ajang World Rally Championship yang merupakan kompetisi paling bergengsi di dunia Rally.

Kubica kembali ke Formula 1 sebagai test driver bagi Renault pada 2017. Ia juga mendapat kontrak sebagai pembalap utama Williams pada 2019. Kubica kini menjadi test driver sekaligus pembalap cadangan bagi Alfa Romeo.

7. Carlos Reutemann

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang RallyCarlos Reutemann (formula1.com)

Debut Carlos Reutemann di ajang Rally berlangsung impresif. Ia meraih tempat ketiga di World Rally Championship seri Argentina dengan mobil FIAT 131. Pada 1985, prestasi serupa kembali ditorehkan Reutemann yang berada di balik kemudi Peugeot.

Meski tak pernah menjadi juara dunia Formula 1, Reutemann merupakan salah satu pembalap yang cukup diperhitungkan. Membalap bagi beberapa tim top seperti Brabham, Lotus, Ferrari, hingga Williams, Reutemann total menyabet 12 kemenangan.

8. Kimi Raikkonen

8 Pembalap Formula 1 yang Pernah Tampil di Ajang RallyKimi Raikkonen (formula1.com)

Berstatus sebagai juara dunia Formula 1 2007 bersama Ferrari, keputusan mengejutkan diambil Kimi Raikkonen yang memilih hengkang pada 2010. Alotnya perbincangan kontrak dengan Ferrari serta kegagalannya pindah ke McLaren memantapkan Raikkonen untuk memilih ajang balap lain.

Raikkonen kemudian balapan di ajang World Rally Championship pada 2010 dan 2011. Pembalap asal Finaldia tersebut menjadi orang kedua yang pernah mencetak poin di ajang Formula 1 dan World Rally Championship setelah Carlos Reutemann.

Kecintaan Raikkonen terhadap Formula 1 akhirnya membuatnya kembali pada 2012. Ia menyeberang ke tim Lotus. Setelah itu, Raikkonen sempat membela Ferrari dan Alfa Romeo sebelum benar-benar gantung helm pada akhir musim 2021.

Kedelapan pembalap Formula 1 tersebut mencoba mencari tantangan baru dengan mengikuti ajang Rally. Namun, belum ada dari mereka yang benar-benar serius, karena mereka hanya balapan pada beberapa seri.

Baca Juga: 10 Nomor Ini Pernah Dipakai Lebih dari 1 Pembalap Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya