Comscore Tracker

5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP Hungaria

Terbaru ada Esteban Ocon #IDNTimesSport

Gelaran Formula 1 di Hungaria telah dilangsungkan pada hari Minggu lalu (1/8/2021). Grand Prix (GP) Hungaria memunculkan nama Esteban Ocon sebagai pemenang. Kemenangan itu menjadi kemenangan pertama di ajang Formula 1 bagi pembalap asal Prancis tersebut. 

GP Hungaria menyimpan beberapa rekor serupa. Terdapat sejumlah pembalap yang meraih kemenangan perdana di sirkuit Hungaroring selain Ocon. Mau tahu siapa saja? Berikut 5 pembalap Formula 1 yang meraih kemenangan pertamanya di GP Hungaria.

1. Damon Hill - 1993

5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP HungariaDamon Hill pada GP Hungaria 1993 (formula1.com)

Damon Hill tampil begitu gemilang pada musim keduanya berlaga di Formula 1. Berduet dalam satu tim bersama sang juara dunia, Alain Prost, pembalap asal Inggris ini mampu mencetak tiga kemenangan beruntun pada musim tersebut. Termasuk kemenangan perdananya di GP Hungaria.

Hill tampil bagus pada sesi kualifikasi dengan berada pada posisi kedua di belakang Alain Prost. Namun, pada saat warm up lap, mobil milik Prost mengalami masalah sehingga ia pun harus rela memulai balapan dari posisi paling belakang.

Pada saat race dimulai ia dibayang-bayangi oleh pembalap McLaren, Ayrton Senna. Namun, kemudian mobil milik pembalap Brazil tersebut mengalami masalah. Hill semakin diuntungkan ketika Michael Schumacher dan Jean Alesi mengalami kecelakaan. Ia pun melenggang terdepan melewati garis finis.

2. Fernando Alonso - 2003

5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP HungariaFernando Alonso pada GP Hungaria 2003 (maxf1.net)

Fernando Alonso datang ke GP Hungaria tahun 2003 dengan memegang rekor sebagai pembalap termuda yang meraih pole position dan podium waktu itu. Hasil bagus itu kemudian ia teruskan dengan meraih kemenangan pada GP Hungaria.

Pada saat race, Alonso sempat diburu oleh Kimi Raikkonen di posisi kedua. Namun, ia mampu lepas dari kejaran pembalap asal Finlandia tersebut. Bahkan, pada 10 lap terakhir, ia sukses melakukan overlap pada pembalap Ferrari, Michael Schumacher yang merupakan juara dunia tahun itu. Alonso pun tak terkejar hingga balapan terakhir.

Baca Juga: Fantastis! Berikut 5 Pembalap Formula 1 dengan Gaji Termahal

3. Jenson Button - 2006

5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP HungariaJenson Button pada GP Hungaria 2006 (gtplanet.net)

Sejak pertama kali turun di Formula 1 pada tahun 2006, Jenson Button tak sekalipun meraih kemenangan. Baru saat membela Honda, ia meraih kemenangan pertamanya pada GP Hungaria tahun 2006. Pada sesi kualifikasi ia menduduki posisi keempat di belakang Kimi Raikkonen, Felipe Massa, dan Rubens Barrichello. Namun, akibat pergantian mesin ia harus memulai balapan dari posisi ke-14.

Hujan yang turun di tengah balapan, membuat peluang Button menjadi terbuka untuk meraih kemenangan. Ia cukup terbantu dengan crash yang menimpa beberapa pembalap seperti Kimi Raikkonen dan Fernando Alonso. Button yang tampil tenang di tengah guyuran hujan mampu menjaga posisi pertama hingga garis finis untuk meraih satu-satunya kemenangan musim itu.

4. Heikki Kovalainen - 2008

5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP HungariaHeikki Kovalainen pada GP Hungaria 2008 (planetf1.com)

Heikki Kovalainen hanya pernah memenangi satu balapan sepanjang kariernya di Formula 1, yakni pada GP Hungaria tahun 2008 saat membalap untuk McLaren. Pembalap asal Finlandia ini mengawali start dari posisi kedua di belakang rekan satu timnya, Lewis Hamilton.

Namun, ketika balapan dimulai, justru Felipe Massa yang mampu memimpin. Sayang, mobil Ferrari milik Massa mengalami masalah yang membuatnya keluar dari balapan. Hal itu membuat Heikki Kovalainen berada di posisi pertama. Ia pun berhasil meraih kemenangan diikuti Timo Glock dan Kimi Raikkonen.

5. Esteban Ocon - 2021

5 Pembalap Formula 1 yang Raih Kemenangan Perdana di GP HungariaEsteban Ocon pada GP Hungaria 2021 (racetrackmasters.com)

Sungguh minggu yang membahagiakan bagi Esteban Ocon dan juga timnya, Alpine. Sebab keduanya sukses meraih kemenangan pertama mereka di Formula 1. Start dari posisi kedelapan, ia beruntung dapat terhindar dari insiden yang terjadi pada tikungan pertama. 

Setelah balapan dimulai kembali, Ocon diuntungkan ketika Lewis Hamilton tak kembali ke pit lane. Ia baru masuk pada lap berikutnya yang membuat Ocon melaju ke posisi terdepan. Hingga bendera finis berkibar, Ocon menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis.

GP Hungaria menjadi tempat yang cukup spesial bagi beberapa pembalap. Sebab, pada sirkuit Hungaroring ini lah mereka meraih kemenangan perdananya yang sangat berkesan.

Baca Juga: 5 Alasan Mobil Formula 1 Sangat Mahal, Setirnya Saja Seharga Alphard!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya