Comscore Tracker

5 Pembalap F1 yang Meraih Kemenangan saat Membalap Bersama Red Bull

Sebastian Vettel masih yang terbanyak!

Red Bull merupakan tim Formula 1 yang telah berkompetisi sejak musim 2005 dengan membeli slot yang sebelumnya ditempati oleh Jaguar. Musim pertama Red Bull diisi oleh tiga pembalap, yakni David Coulthard, Christian Klien, dan Vitantonio Liuzzi. Pada akhir musim, konstruktor asal Austria itu harus puas berada di peringkat ketujuh.

Red Bull harus menunggu hingga musim 2009 untuk bisa bersaing dalam perebutan juara dunia. Hal itu tak lepas dari langkah mereka dengan menduetkan Sebastian Vettel dan Mark Webber. Terbukti mereka berdua mampu membuka keran kemenangan bagi Red Bull dengan Vettel menjadi juara dunia sejak musim 2010 hingga 2013.

Meskipun setelah itu Red Bull ditinggal Webber yang pensiun dan Vettel yang memilih membela Ferrari, tim ini tetap mampu bersaing di papan atas. Bahkan, musim ini mereka punya kandidat kuat juara dalam diri Max Verstappen. Hal itu membuktikan bahwa Red Bull mampu membuat para pembalapnya menjadi pemenang seperti kelima orang ini.

1. Sergio Perez

5 Pembalap F1 yang Meraih Kemenangan saat Membalap Bersama Red BullSergio Perez (caspiannews.com)

Sergio Perez tampil baik pada musim 2020 ketika masih membela Racing Point. Kala itu ia mampu meraih satu kemenangan ketika balapan di GP Bahrain. Berkat raihan itulah ia musim ini direkrut Red Bull untuk menggantikan Alex Albon yang tampil kurang memuaskan musim lalu.

Hingga setengah musim berjalan, prestasi pembalap asal Meksiko ini lumayan bagus dengan torehan satu kemenangan di GP Azerbaijan serta tambahan podium ketiga di GP Prancis. Ia juga hanya sekali gagal finis sejauh ini, yakni pada GP Hungaria, itupun akibat kesalahan yang dilakukan Valtteri Bottas pada awal balapan.

2. Max Verstappen

5 Pembalap F1 yang Meraih Kemenangan saat Membalap Bersama Red BullMax Verstappen pada GP Brazil 2016 (formula1.com)

Debut Max Verstappen bersama Red Bull bisa dikatakan cukup gemilang. Kala itu ia yang menggantikan Daniil Kvyat langsung meraih kemenangan pada GP Spanyol. Meskipun waktu itu Max cukup diuntungkan ketika dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, yang mengalami crash.

Setelah itu karier pembalap asal Belanda tersebut semakin meroket, bahkan musim ini ia menjadi penantang serius bagi Lewis Hamilton dalam perebutan gelar juara dunia. Verstappen sejauh ini telah mengantongi 5 kemenangan, sedangkan Hamilton 4.

Baca Juga: 5 Momen Terbaik Max Verstappen Saat Meraih Podium, Aksinya Memukau

3. Daniel Ricciardo

5 Pembalap F1 yang Meraih Kemenangan saat Membalap Bersama Red BullDaniel Ricciardo (redbull.com)

Daniel Ricciardo diplot Red Bull sebagai pengganti bagi Mark Webber yang memutuskan pensiun setelah musim 2013 berakhir. Bersanding dengan empat kali juara dunia, Sebastian Vettel, tak membuat pembalap berjuluk Honey Badger ini merasa minder.

Bahkan, pada musim debutnya, ia mampu tiga kali meraih kemenangan, sementara Vettel tak sekali pun berdiri di podium teratas. Ricciardo meneruskan kebersamaanya bersama Red Bull hingga musim 2018. Setelah itu ia pindah ke Renault dan kini pembalap asal Australia itu dikontrak McLaren.

4. Mark Webber

5 Pembalap F1 yang Meraih Kemenangan saat Membalap Bersama Red BullMark Webber (yscpl.net)

Red Bull begitu dominan pada musim 2010 hingga 2013. Mereka selalu bisa menjadi juara dunia konstruktor. Hal tersebut tak lepas dari penampilan dua pembalap mereka, Mark Webber dan Sebastian Vettel. Bagi Webber, bergabungnya ia dengan Red Bull membuat ia akhirnya bisa merasakan manisnya kemenangan.

Sejak pertama kali debut di Formula 1 pada musim 2002, ia tak pernah sekali pun berada di puncak podium. Persaingan Webber dengan Vettel di Red Bull pun juga menjadi salah satu yang paling panas. Beberapa insiden sempat merenggangkan hubungan mereka, seperti di GP Turki dan kejadian Multi 21 di GP Malaysia yang membuat Webber memutuskan pensiun pada akhir musim.

5. Sebastian Vettel

5 Pembalap F1 yang Meraih Kemenangan saat Membalap Bersama Red BullSebastian Vettel (beyondtheflag.com)

Tak dapat dimungkiri bahwa Sebastian Vettel merupakan pembalap terbaik Red Bull hingga saat ini. Ia merupakan satu-satunya pembalap yang mampu menjadi juara dunia kala bersama tim berlogo banteng tersebut. Hal itu dilakukannya empat kali beruntun sejak musim 2010 hingga 2013.

Sejak mengontrak Vettel, Red Bull seakan menjadi penantang baru yang selama ini didominasi oleh Ferrari dan McLaren. Bahkan, kemenagan pertama Red Bull diraih oleh Vettel di GP Tiongkok musim 2009. Namun, setelah berbagai kesuksesan tersebut, pembalap asal jerman itu memutuskan membela Ferrari musim 2015. Sejak pergi dari Red Bull, Vettel tak mampu lagi menambah gelar juara dunianya.

 

Musim ini dengan Max Verstappen menjadi pembalap utama mereka, akankah Red Bull mampu memutus dominasi Mercedes sekaligus kembali menjadi juara dunia usai terakhir kali diraih pada musim 2013?

Baca Juga: Aston Martin Tarik Banding Diskualifikasi Vettel di GP Hungaria

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya