Comscore Tracker

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Italia, Gudangnya Para Juara

Diisi jajaran pembalap hebat!

Italia memang tak pernah lelah menghasilkan para pembalap hebat di ajang MotoGP. Para pembalap asal Negeri Pizza itu selalu menjadi pesaing utama dalam perebutan gelar juara dunia. 

Tak hanya di kelas utama, mereka banyak meraih gelar juara dari berbagai kelas yang dipertandingkan macam 125cc, 250cc, hingga 350cc. Berikut lima pembalap MotoGP terhebat asal Italia.

1. Marco Lucchinelli

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Italia, Gudangnya Para JuaraMarco Lucchinelli (motogp.com)

Marco Lucchinelli merupakan pembalap kelahiran Bolano, Italia, yang memulai karier balapnya pada tahun 1975. Kala itu ia membalap di kelas 350cc bersama Yamaha. Setahun berselang, ia mulai masuk di kelas tertinggi, yakni 500cc.

Musim 1979 merupakan titik ia mulai bisa bersaing. Saat itu ia berhasil menempati peringkat empat klasemen akhir. Semusim berselang, ia memperbaikinya dengan bertengger di peringkat ketiga. Puncaknya pada tahun 1981 ia sukses menjadi juara dunia bersama Suzuki.

2. Franco Uncini

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Italia, Gudangnya Para JuaraFranco Uncini (motorsportretro.com)

Franco Uncini membalap di dua kelas berbeda sejak tahun 1976 hingga 1978, yakni 250cc dan 350cc. Prestasi terbaiknya adalah peringkat kedua pada kelas 250cc pada tahun 1977 saat membela Harley-Davidson.

Mulai tahun 1979 ia naik ke kelas 500cc yang kali ini membela Suzuki. Sama seperti Marco Lucchinelli, Uncini hanya sekali meraih gelar juara dunia, tepatnya pada tahun 1982. Setelah itu ia masih membalap untuk Suzuki hingga pensiun musim 1986.

Baca Juga: Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak di MotoGP Hingga Musim 2026

3. Umberto Masseti

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Italia, Gudangnya Para JuaraUmberto Masseti (motociclismo.it)

Umberto Masseti merupakan orang Italia pertama yang menjadi juara di kelas teratas 500cc, tepatnya pada tahun 1950 bersama Gilera. Musim tersebut juga merupakan tahun kedua ajang MotoGP diselenggarakan.

Ia mengulang kesuksesannya menjadi juara dunia dua tahun berselang masih dengan Gilera. Setelah itu ia sempat berpindah ke beberapa tim, yakni NSU dan MV Agusta. Namun, prestasi terbaiknya hanya peringkat ketiga pada tahun 1955.

4. Valentino Rossi

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Italia, Gudangnya Para JuaraValentino Rossi (boxrepsol.com)

Selanjutnya ada nama Valentino Rossi yang merupakan peraih sembilan gelar juara dunia. Ia meraih satu gelar di ajang 125cc dan 250cc yang keduanya dimenangkan bersama Aprilia. Tujuh gelar juara lainnya ia dapatkan di kelas teratas, yakni MotoGP.

Kala membalap bersama Honda, ia menjadi juara dunia pada tahun 2001 hingga 2003. The Doctor pun melengkapinya dengan empat gelar lagi yang kali ini diraih bersama Yamaha. Hingga usianya yang telah memasuki kepala empat ini Rossi masih aktif membalap.

5. Giacomo Agostini

5 Pembalap MotoGP Terhebat Asal Italia, Gudangnya Para JuaraGiacomo Agostini (newsmondo.it)

Terakhir ada Giacomo Agostini yang merupakan pembalap Italia paling dominan sebelum era Valentino Rossi. Total ia telah mengemas 15 gelar juara dunia, delapan di kelas 500cc dan sisanya ia raih di kelas 350cc.

Agostini meraih gelar juara dunia pertamanya pada musim 1966 di kelas 500cc bersama MV Agusta. Kemudian pada tahun 1968 hingga 1972 ia sukses menyapu gelar juara dunia di kelas 500cc dan 350cc. Gelar terakhir ia raih pada tahun 1975, dua tahun sebelum ia memutuskan pensiun dari MotoGP.

 

Rekor milik para pembalap di atas memang sangat menakjubkan dan sepertinya sangat sulit untuk disamai. Namun, dengan banyaknya pembalap muda hebat, bukan tak mungkin rekor-rekor tersebut akan bisa dilampaui.

Baca Juga: Mengapa Motor MotoGP Tidak Bisa Digunakan di Jalan Raya?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya