5 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang di Aragon, Marquez Mendominasi

Akankah muncul juara baru? #IDNTimesSport

MotoGP akan kembali digelar pada hari Minggu (12/9/2021) di sirkuit Aragon, Spanyol. Para rider pun sudah siap memberi performa terbaik mereka untuk menaklukan sirkuit rancangan Hermann Tilke ini. Aragon sendiri pertama kali menggelar balapan MotoGP pada musim 2010.

Marc Marquez masih menjadi raja di sirkuit ini, total ia telah meraih lima kemenangan di kelas MotoGP dan satu kemenangan di kelas Moto2. Namun, selain The Baby Alien rupanya masih ada pembalap lain yang mampu menaklukan sirkuit anticlockwise ini. Berikut lima pembalap yang pernah menang di sirkuit Aragon.

1. Casey Stoner

5 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang di Aragon, Marquez MendominasiCasey Stoner menang di sirkuit Aragon pada 2010 (foxsports.com.au)

Casey Stoner tercatat dua kali menaklukan sirkuit Aragon, yang pertama pada musim 2010 kala membela Ducati. Kemenangannya di Aragon juga merupakan yang pertama baginya musim itu. Saat itu ia mampu finis pertama mengungguli Dani Pedrosa dan Nicky Hayden.

Kemenangan keduanya ia raih semusim berselang yang kali ini bersama Honda. Musim itu Stoner tampil perkasa, bahkan sebelum Aragon ia telah mengantongi tujuh kemenangan. Tambahan podium pertama ini juga memuluskan langkah Stoner untuk merengkuh gelar juara dunia keduanya.

2. Dani Pedrosa

5 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang di Aragon, Marquez MendominasiDani Pedrosa menang di sirkuit Aragon pada 2012 (boxrepsol.com)

Setelah dua tahun hanya meraih podium kedua, pada musim 2012 Dani Pedrosa yang merupakan pembalap tuan rumah menunjukkan giginya. Kala itu Pedrosa sedang tampil gemilang dan menjadi penantang serius bagi Jorge Lorenzo dalam perebutan gelar juara dunia.

Sebelum seri Aragon Lorenzo telah meraih enam kemenangan berbanding tiga milik Pedrosa. Mau tak mau The Little Spaniard harus menang jika tak ingin poinnya tertinggal. Ternyata hal itu mampu dilakukan olehnya, ia sukses meraih kemenangan diikuti Lorenzo di peringkat kedua.

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP Asal Jepang yang Pernah Bela Repsol Honda

3. Marc Marquez

5 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang di Aragon, Marquez MendominasiMarc Marquez menang di sirkuit Aragon pada 2018 (boxrepsol.com)

Aragon menjadi salah satu sirkuit favorit bagi peraih enam gelar juara dunia ini. Terbukti ia sukses enam kali merasakan podium puncak di seri ini. Satu kali pada kelas Moto2 dan lima kali pada kelas MotoGP.

Bahkan Marquez pernah empat kali beruntun menang di sirkuit ini dari musim 2016 hingga 2019. Catatan itu harus terhenti di musim 2020 akibat cedera yang dialaminya pada awal musim. Dengan kembalinya Marquez musim ini, akankah ia kembali menang di Aragon?.

4. Jorge Lorenzo

5 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang di Aragon, Marquez MendominasiJorge Lorenzo menang di sirkuit Aragon pada 2014 (autosport.com)

Sama seperti Stoner, Lorenzo juga dua kali menjadi yang tercepat di Aragon. Pertama pada musim 2014, yang juga merupakan tahun dimana Marc Marquez begitu mendominasi. Namun, kali ini di Aragon Justru Lorenzo yang meraih kemenangan. 

Semusim berselang Lorenzo mengulang prestasi serupa, kala itu ia berada di jalur yang tepat untuk meraih gelar juara setelah sebelumnya meraih lima kemenangan. Pada akhir musim Lorenzo mampu merebut gelar juara dunia ketiganya di kelas MotoGP.

5. Alex Rins

5 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang di Aragon, Marquez MendominasiAlex Rins menang di sirkuit Aragon pada 2020 (eurosport.com)

Ketika Marc Marquez yang menjadi raja di Aragon tak dapat tampil akibat cedera pada musim lalu, giliran Alex Rins yang sukses meraih kemenangan. Musim 2020 memang bisa dibilang cukup merata dengan sembilan pembalap berbeda yang berhasil menjadi pemenang.

Seri Aragon ini juga menjadi kemenangan pertama sekaligus satu-satunya pada musim itu. Kala itu meski tak start terdepan, Rins mampu dengan cepat melesat ke posisi pertama. Pada akhir lap ia sempat ditempel oleh Alex Marquez, namun ketenangannya membuat ia mampu finis terdepan.

Marc Marquez kembali hadir di sirkuit Aragon musim ini, akankah sang raja kembali meraih juara ataukah ada pembalap lain yang mampu merebut kemenangan?.

Baca Juga: Dovizioso Diprediksi Bakal Kesulitan di SRT setelah Kembali ke MotoGP

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya