5 Pembalap Pengganti yang Kalahkan Pembalap Utama di Formula 1

Termasuk Nyck de Vries di GP Italia

Formula 1 merupakan olahraga yang punya risiko tinggi kepada para pembalapnya. Sebab, jika mereka mengalami crash yang cukup fatal, bisa-bisa membuat mereka menderita cedera parah, sehingga harus absen dari lintasan balap.

Di sinilah peran penting dari pembalap pengganti atau biasa disebut reserve driver terlihat. Bahkan, tak jarang mereka mampu tampil melebihi ekspektasi dan mampu mengalahkan pembalap utama tim tersebut. Berikut lima pembalap pengganti Formula 1 yang mampu kalahkan pembalap utamanya.

1. Kamui Kobayashi tampil mengesankan pada GP Brasil 2009

5 Pembalap Pengganti yang Kalahkan Pembalap Utama di Formula 1Kamui Kobayashi (formula1.com)

Toyota kehilangan Timo Glock yang mengalami cedera setelah mobilnya crash pada sesi kualifikasi GP Jepang. Hal itu membuat pembalap asal Jerman tersebut tak mampu melanjutkan dua balapan sisa di GP Brasil dan Abu Dhabi.

Toyota pun menunjuk Kamui Kobayashi untuk mendampingi Jarno Trulli. Tak disangka, Kobayashi mampu finis di posisi kesembilan dan keenam pada dua balapan tersebut.

Di sisi lain, Trulli gagal finis di GP Brasil dan selesai ketujuh pada GP Abu Dhabi. Kobayashi pun mendapat kursi utama di musim 2010 bersama BMW Sauber.

2. Mika Salo tak salah dipilih Ferrari untuk gantikan Michael Schumacher musim 1999

5 Pembalap Pengganti yang Kalahkan Pembalap Utama di Formula 1Mika Salo (kanan) dan Eddie Irvine pada musim 1999. (formula1.com)

Michael Schumacher mengalami kecelakaan fatal pada GP Inggris 1999, yang membuatnya absen cukup lama. Ferrari pun kemudian menunjuk Mika Salo sebagai pendamping bagi Eddie Irvine. Tak disangka, Salo mampu tampil gemilang bersama tim berlogo kuda jingkrak tersebut.

Pembalap asal Finlandia tersebut bahkan hampir menang di GP Jerman, jika Ferrari tak melakukan team order dengan menyuruh Salo memberikan posisi terdepan kepada Irvine. Berkat Salo, Ferrari berhasil meraih gelar juara dunia konstruktor di akhir musim.

Baca Juga: 6 Comeback Terbaik Pembalap Formula 1 hingga Meraih Gelar Juara Dunia

3. Sebastian Vettel jalani debut gemilang pada GP Amerika Serikat 2007

5 Pembalap Pengganti yang Kalahkan Pembalap Utama di Formula 1Sebastian Vettel pada GP Amerika Serikat 2007. (formula1.com)

Siapa yang menyangka seorang juara dunia empat kali, menjalani debutnya sebagai pembalap pengganti. Tepatnya, pada GP Amerika Serikat ketika Sebastian Vettel menggantikan Robert Kubica, yang sebelumnya mengalami cedera.

Vettel pun tak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan BMW Sauber dengan mengunci posisi kedelapan. Di sisi lain, rekan setimnya, Nick Heidfeld, tak mampu menyentuh garis finis. Debut impresif ini juga membuat Vettel mendapat kontrak bersama Toro Rosso.

4. George Russell hampir menang di GP Sakhir 2020

5 Pembalap Pengganti yang Kalahkan Pembalap Utama di Formula 1George Russell pada GP Sakhir 2020. (formula1.com)

Sebelum menjadi pembalap permanen Mercedes pada musim 2022, George Russell pernah membela tim berjuluk Silver Arrows tersebut pada GP Sakhir 2020. Saat itu, Russell yang merupakan pembalap Williams ditarik Mercedes untuk menggantikan Lewis Hamilton yang dinyatakan positif Covid-19.

Russell sudah menunjukkan performa bagus dengan menjadi yang tercepat kedua di sesi kualifikasi, di belakang Valtteri Bottas. Bahkan, Russell sempat memimpin jalannya balapan, sebelum pecah ban membuatnya hanya bisa finis kesembilan.

5. Nyck De Vries tampil gemilang di GP Italia 2022

5 Pembalap Pengganti yang Kalahkan Pembalap Utama di Formula 1Nyck de Vries pada GP Italia 2022. (formula1.com)

Nyck de Vries berhasil menunjukkan kelasnya sebagai pembalap berbakat dengan finis kesembilan pada GP Italia 2022 bersama Williams. Padahal, Williams merupakan mobil terburuk musim ini dan itu merupakan balapan pertamanya di Formula 1. 

Penampilan gemilang de Vries sukses membuat posisi Nicholas Latifi tak aman musim depan. Sebab, Latifi hanya berhasil finis ke-15 dengan menggunakan mobil yang sama dan pengalaman yang lebih banyak.

 

Meskipun hanya tampil sebagai pembalap pengganti, kelima pembalap tersebut sukses tampil gemilang. Bahkan, beberapa di antaranya akhirnya mendapat kursi utama di Formula 1.

Baca Juga: Nyck de Vries Senang Debutnya di Formula 1 Berbuah Finis Kesembilan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya