6 Pembalap MotoGP asal Spanyol yang Pernah Menang di Jerez

Ada Jorge Lorenzo hingga Marc Marquez

MotoGP seri keenam musim 2022 akan berlangsung pada Minggu (1/5/2022) di sirkuit Jerez. Sirkuit yang memiliki panjang 4,4 kilometer tersebut menjadi salah satu sirkuit favorit bagi rider asal Spanyol. Tercatat mereka meraih 14 kemenangan di kelas MotoGP.

Memang dalam dua musim terakhir tak ada pembalap Spanyol yang menggapai puncak podium. Namun, mereka punya sejarah yang cukup baik ketika balapan di Jerez. Berikut enam pembalap asal Spanyol yang pernah menang di sirkuit Jerez.

1. Alberto Puig

6 Pembalap MotoGP asal Spanyol yang Pernah Menang di JerezAlberto Puig (twitter.com/HRC_MotoGP)

Alberto Puig yang saat ini merupakan manajer tim Repsol Honda ternyata pernah menjadi pembalap MotoGP. Kala itu ia sempat turun di kelas 250cc dan 500cc. Namun, ia hanya pernah sekali mencatatkan kemenangan, yakni pada GP Spanyol 1995 di sirkuit Jerez.

Puig kala itu membela Fortuna Honda Pons sukses tampil tercepat dengan mengungguli Luca Cadalora dan Alex Criville. Dengan hasil tersebut, Puig menjadi pembalap asal Spanyol pertama yang menang di Jerez.

2. Alex Criville

6 Pembalap MotoGP asal Spanyol yang Pernah Menang di JerezAlex Criville (motogp.com)

Alex Criville yang merupakan juara dunia asal Spanyol pertama di kelas premier ternyata punya kisah manis ketika balapan di Jerez. Mantan pembalap Repsol Honda tersebut tiga kali mengemas kemenangan secara beruntun dari 1997 hingga 1999.

Era tersebut merupakan musim ketika Honda benar-benar mendominasi MotoGP. Pada 1997 dan 1998 ia sukses mengungguli rekan setimnya, Mick Doohan. Sementara pada 1999, Criville unggul tipis atas Max Biaggi.

3. Sete Gibernau

6 Pembalap MotoGP asal Spanyol yang Pernah Menang di JerezSete Gibernau (motogp.com)

Sete Gibernau tengah tampil gemilang pada musim 2004. Kala itu ia sukses menjadi runner up MotoGP di belakang Valentino Rossi. Di musim tersebut, Gibernau tercatat meraih empat kemenangan. Salah satunya terjadi pada GP Spanyol di sirkuit Jerez.

Gibernau yang mengawali balapan dari posisi kedua di belakang Valentino Rossi justru mampu mengambil alih pimpinan balapan. Alhasil, Gibernau yang membela Telefonica Movistar Honda itu pun menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finis diikuti Max Biaggi dan Alex Barros.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Bisa Turun Balap di Sirkuit Jerez, Bahu Kanan Aman

4. Dani Pedrosa

6 Pembalap MotoGP asal Spanyol yang Pernah Menang di JerezDani Pedrosa (skysports.com)

Dani Pedrosa menjadi penerus kejayaan pembalap asal Spanyol di sirkuit Jerez. Pembalap berjuluk The lIttle Spaniard tersebut menjadi yang tercepat pada 2008 dengan mengendarai Repsol Honda.

Pedrosa kemudian menambah dua kemenangan lagi, yakni pada 2013 ketika berhasil keluar dari tekanan Marc Marquez. Satu kemenangan lagi ia cetak pada 2017 yang merupakan satu dari dua kemenangannya musim itu.

5. Jorge Lorenzo

6 Pembalap MotoGP asal Spanyol yang Pernah Menang di JerezJorge Lorenzo (motogp.com)

Jerez sepertinya menjadi salah satu sirkuit favorit Jorge Lorenzo. Tiga kali juara dunia di kelas MotoGP tersebut tercatat pernah tiga kali menjadi pemenang. Pertama pada 2010 ketika ia mengasapi Dani Pedrosa.

Semusim berselang Lorenzo kembali naik ke puncak podium yang lagi-lagi mengungguli Pedrosa. Satu kemenangan lagi diraih Lorenzo pada 2015 yang kali ini sukses mengatasi perlawanan Marc Marquez.

6. Marc Marquez

6 Pembalap MotoGP asal Spanyol yang Pernah Menang di JerezMarc Marquez (marcmarquez93.com)

Sama seperti Alex Criville, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo, Marc Marquez juga tiga kali menjadi pemenang di Jerez. Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut pertama kali merajai Jerez pada 2014.

Selanjutnya Marquez meneruskan dominasinya ketika dua kali menjadi yang tercepat pada 2018 dan 2019. Enam kali juara dunia di kelas MotoGP tersebut juga menjadi pembalap asal Spanyol terakhir yang menang di Jerez.

 

Kini dengan adanya pembalap hebat asal Spanyol di MotoGP musim 2022, seperti Marc Marquez, Joan Mir, Jorge Martin, hingga Aleix Espargaro, bukan tak mungkin pembalap tuan rumah kembali berjaya di kandang sendiri.

Baca Juga: Lebih dari Separuh Pembalap MotoGP 2022 Pernah Podium di Sirkuit Jerez

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya