5 Pembalap Terbaik Formula 1 asal Austria, Skill Balap Jempolan

Ada juara dunia juga!

Sejauh ini, Austria telah memperoleh empat gelar juara dunia dari dua pembalapnya, yakni Jochen Rindt dan Niki Lauda. Rindt memenangkannya sekali di tahun 1970.

Sedangkan Lauda berhasil membawa pulang tiga gelar di musim 1975, 1977, dan 1984. Selain mereka, ternyata Austria masih menyimpan beberapa pembalap hebat lainnya. Berikut lima pembalap terbaik Formula 1 asal Austria.

1. Karl Wendlinger

5 Pembalap Terbaik Formula 1 asal Austria, Skill Balap JempolanKarl Wendlinger (motorsport-xl.de)

Wendlinger hanya tampil tampil tiga musim penuh di Formula 1. Ia mengawali kariernya di akhir musim 1991 sebagai pembalap pengganti, selanjutnya ia dikontrak March untuk mengarungi musim 1992. Prestasi terbaiknya tahun itu adalah finis di peringkat keempat GP Kanada.

Semusim berselang ia pindah ke Sauber, karena March mengalami masalah finansial. Kali ini prestasinya lebih baik dengan raihan tujuh poin. Musim 1994, ia sempat tampil bagus di dua seri awal, sayang kecelakaan hebat di GP Monaco membuatnya mengakhiri musim lebih cepat.

2. Alexander Wurz

5 Pembalap Terbaik Formula 1 asal Austria, Skill Balap JempolanAlexander Wurz (tagesspiegel.de)

Alexander Wurz menjadi pembalap pengganti bagi Gerhard Berger di musim 1997, raihan podium ketiga pada GP Inggris membuatnya diberikan kontrak semusim penuh oleh Benetton di musim selanjutnya. Wurz membela Benetton hingga musim 2000, sebelum ia memutuskan untuk berhenti dari Formula 1.

Ia harus menunggu hingga musim 2005 untuk kembali membalap di Formula 1 yang kali ini bersama McLaren. Semusim berselang ia hanya menjadi test driver bagi Williams. Namun, di tahun 2007 ia membela Williams semusim penuh, sayang ia kalah bersaing dengan rekan satu timnya, Nico Rosberg sekaligus menjadi akhir kariernya di Formula 1.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Finlandia, Kariernya Cemerlang

3. Gerhard Berger

5 Pembalap Terbaik Formula 1 asal Austria, Skill Balap JempolanGerhard Berger (planetf1.com)

Gerhard Berger merupakan salah satu pembalap Formula 1 terbaik yang tak pernah meraih gelar juara dunia. Sepuluh kemenangan dan 48 podium menjadi buktinya. Sayangnya, ia membalap di akhir '80-an dan '90-an yang mana terdapat banyak pembalap hebat.

Sebut saja Alain Prost, Ayrton Senna, Nelson Piquet, hingga Nigel Mansell menghadangnya di dekade '80-an dan awal '90-an. Setelah mereka pensiun, ia masih harus bertemu para juara dunia seperti Michael Schumacher, Damon Hill, hingga Jacques Villeneuve.

4. Jochen Rindt

5 Pembalap Terbaik Formula 1 asal Austria, Skill Balap JempolanJochen Rindt (formula1.com)

Jochen Rindt merupakan juara dunia Formula 1 pertama bagi Austria, yakni di musim 1970. Namun, musim tersebut juga menjadi akhir kariernya sebab ia meninggal saat membalap di sirkuit Monza, Italia. Hingga saat ini, ia menjadi satu-satunya pembalap yang meraih gelar juara dunia setelah meninggal dunia.

Awal karier balap Rindt cukup sulit, sama seperti Berger ia juga harus bertemu banyak pembalap hebat macam Jackie Stewart, Jack Brabham, hingga Graham Hill. Ia pun kesulitan meraih gelar juara, hingga di tahun 1970 saat bersama Lotus ia tampil dominan dengan lima kemenangan dan akhirnya meraih gelar juara dunia.

5. Niki Lauda

5 Pembalap Terbaik Formula 1 asal Austria, Skill Balap JempolanNiki Lauda (nytimes.com)

Lauda tak hanya pembalap terbaik asal Austria, dengan tiga gelar juara dunia miliknya ia juga merupakan salah satu pembalap terhebat sepanjang sejarah Formula 1. Apalagi persaingan sengitnya dengan James Hunt di musim 1976 tak akan pernah dilupakan.

Lauda meraih gelar juara dunia pertamanya di musim 1975 bersama Ferrari. Semusim berselang ia mengalami kecelakaan hebat di sirkuit Nurburgring, Jerman dan harus rela menyerahkan gelarnya ke James Hunt setelah seri terakhir di Fuji yang penuh drama.

Sempat pensiun di musim 1979, ia kembali mengaspal di musim 1982. Prestasinya pun tak menurun, Lauda akhirnya meraih gelar juara dunia ketiganya di tahun 1984 yang kali ini mengendarai McLaren.

 

Prestasi Lauda dan Rindt yang menjadi juara dunia menjadi bukti kekuatan Austria dalam menghadirkan pembalap hebat. Akankah negara ini bisa mendominasi Formula 1 lagi?

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 Terbaik Asal Jerman, Peraih Titel Juara

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya