Comscore Tracker

5 Pembalap Terbaik MotoGP asal Australia, Kemampuan Jempolan!

Banyak di antaranya meraih juara

Australia dikenal memiliki beberapa pembalap hebat di ajang MotoGP. Sejak era GP 500cc hingga kini berganti nama menjadi MotoGP, pembalap asal Negeri Kanguru tak henti-hentinya meraih prestasi.

Mereka kerap kali meraih podium dan beberapa kali menjadi juara seri. Bahkan, beberapa pembalap ada yang menjadi juara dunia. Penasaran siapa saja? Berikut merupakan jajaran pembalap terbaik yang berasal dari Australia.

1. Kelvin Carruthers

5 Pembalap Terbaik MotoGP asal Australia, Kemampuan Jempolan!amcn.com.au

Kelvin Carruthers seolah menjadi pembuka jalan bagi rider asal Australia. Ia menjadi salah satu yang pertama kali mengaspal pada gelaran akbar MotoGP. Ia pernah meraih gelar juara dunia di kelas 250cc pada musim 1969.

Setelah pensiun, pria yang juga dikenal dengan Kel Carruthers ini menjadi manajer tim MotoGP. Tak tanggung-tanggung, ia berhasil membawa Kenny Roberts dan Eddie Lawson dengan memenangi beberapa gelar juara dunia MotoGP.

2. Gregg Hansford

5 Pembalap Terbaik MotoGP asal Australia, Kemampuan Jempolan!.snaplap.net

Hansford menjadi satu-satunya rider pada daftar ini yang tidak pernah menjadi juara dunia pada kelas manapun di MotoGP. Pada musim 1978 ia berhasil menempati posisi kedua klasmen akhir pada kelas 250cc, dimana pada tahun yang sama ia mengakhiri musim sebagai peringkat tiga pada kelas 350cc.

Selama karirnya di MotoGP ia habiskan membela Kawasaki. Meskipun prestasinya tak terlalu mentereng, namun hal tersebut menjadi inspirasi bagi rider Australia generasi selanjutnya. 

Baca Juga: Ada Joan Mir, Ini 7 Pembalap MotoGP  Berstatus Juara Dunia Termuda

3. Wayne Gardner

5 Pembalap Terbaik MotoGP asal Australia, Kemampuan Jempolan!amcn.com.au

Wayne Gardner menjadi pembalap asal Australia pertama yang mencicipi manisnya gelar juara di kelas teratas 500cc pada musim 1987 ketika menunggangi Honda. Pembalap berjuluk The Wollonging Whiz tersebut juga tercatat sebagai pembalap pertama yang menang pada sirkuit Phillip Island, ketika pertama kali digelar pada 1989.

Hal tersebut menjadi sesuatu yang luar biasa bagi rakyat Australia. Dari 100 kali mengaspal di kelas 500cc, Gardner tercatat 51 kali naik podium dengan 18 kemenangan.

4. Casey Stoner

5 Pembalap Terbaik MotoGP asal Australia, Kemampuan Jempolan!roadracingworld.com

Casey Stoner menjadi pembalap Australia terakhir yang meraih gelar juara dunia MotoGP. Rider berjuluk The Kuri-Kuri Boy tersebut melakukannya pada tahun 2007 bersama dengan Ducati, dan di tahun 2011 yang kali ini mengendarai Honda.

Hal ini menjadikannya pembalap Australia pertama yang juara dunia dengan dua pabrikan berbeda. Sayangnya. Stoner telah memutuskan pensiun setelah musim 2012 di usia yang terbilang masih produktif sebagai pembalap. Sepanjang karirnya di MotoGP sejak musim 2006, Stoner telah meraih 69 podium dan 38 kemenangan. 

5. Mick Doohan

5 Pembalap Terbaik MotoGP asal Australia, Kemampuan Jempolan!motorsportmagazine.com

Bebicara mengenai siapa pembalap terbaik dari Australia, tak lengkap jika tak menyebut nama Mick Doohan. Tak heran memang, karena Doohan telah memenangi lima gelar juara dunia secara berturut-turut dari musim 1994 hingga 1998 bersama Honda. Sesuatu yang tak mudah diraih oleh seorang pembalap MotoGP.

Selama periode tersebut Doohan tampil sangat dominan, bahkan pernah memenangi 12 dari 15 seri pada musim 1997. Total, ia naik podium 95 kali dengan 54 kemenangan sepanjang karirnya di MotoGP.

Itulah deretan pembalap MotoGP asal Australia yang karirnya cukup sukses di ajang balap kuda besi. Kualitas mereka patut diacungi jempol. Dan semoga kedepannya akan ada pembalap lain dari Australia yang meneruskan kesuksesan mereka.

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP Paling Sering Naik Podium, Rossi Masih Terbanyak!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya