Selalu Ada Pemenang Berbeda dalam 5 Balapan Terakhir MotoGP Belanda

Akankah musim ini muncul juara baru?

Tak butuh waktu lama bagi para pencinta MotoGP untuk kembali menyaksikan para jagoan kuda besi kembali berlaga di lintasan. Seri GP Belanda yang akan digelar pada Minggu (26/6/2022) hanya berjarak satu minggu dari GP Jerman.

Sebagai sirkuit yang paling sering menggelar balapan MotoGP, Assen selalu menghadirkan drama menarik di setiap balapannya. Bahkan, dalam lima gelaran terakhir tak pernah didominasi oleh pembalap yang sama.

1. Jack Miller (GP Belanda 2016)

Selalu Ada Pemenang Berbeda dalam 5 Balapan Terakhir MotoGP BelandaJack Miller menjuarai GP Belanda 2016. (motogp.com)

GP Belanda 2016 membuktikan kekuatan Jack Miller dalam menghadapi lintasan basah. Balapan ini sendiri sempat diwarnai red flag karena hujan yang begitu deras di pertengahan balapan.

Ketika balapan dimulai kembali, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang sempat memimpin balapan mengalami crash. Hal ini memudahkan Miller untuk merangsek naik hingga kemudian melewati Marc Marquez untuk mengunci kemenangan pertamanya di kelas MotoGP.

2. Valentino Rossi (GP Belanda 2017)

Selalu Ada Pemenang Berbeda dalam 5 Balapan Terakhir MotoGP BelandaValentino Rossi menjuarai GP Belanda 2017. (motogp.com)

Assen merupakan salah satu sirkuit favorit Valentino Rossi. Bagaimana tidak, The Doctor tercatat pernah 10 kali menaklukkan Assen dan 8 di antaranya ia buat di kelas MotoGP.

Di tengah balapan yang diguyur hujan, Rossi sukses mengatasi perlawanan sengit dari Danilo Petrucci. Kemenangan ini juga merupakan kemenangan terakhir Valentino Rossi di MotoGP. Uniknya, kemenangan tersebut berjarak 20 tahun dari kemenangan pertamanya.

Baca Juga: Kala Lorenzo Kenang Persaingan dengan Rossi dan Marquez

3. Marc Marquez (GP Belanda 2018)

Selalu Ada Pemenang Berbeda dalam 5 Balapan Terakhir MotoGP BelandaMarc Marquez menjuarai GP Belanda 2018. (motogp.com)

GP Belanda 2018 menjadi salah satu balapan paling seru yang pernah tersaji. Duel ketat dan aksi saling menyalip para pembalap di baris depan tersaji sepanjang balapan yang membuat jantung para penonton seperti tak berhenti berdetak.

Bahkan, ketatnya duel sempat membuat Marquez keluar lintasan. Namun, pada akhirnya Marquez berhasil menyentuh garis finis pertama kali diikuti Alex Rins dan Mavericks Vinales.

4. Maverick Vinales (GP Belanda 2019)

Selalu Ada Pemenang Berbeda dalam 5 Balapan Terakhir MotoGP BelandaMaverick Vinales menjuarai GP Belanda 2019. (motogp.com)

Pada awal balapan GP Belanda 2019, sempat terjadi duel perebutan tempat pertama antara Fabio Quartararo dan Marc Marquez. Namun, Vinales kemudian turut meramaikan persaingan menuju puncak podium.

Setelah menyalip Quaratararo dan Marquez, Vinales tak terhentikan dan langsung menjauhi para pesaingnya tersebut. Kemenangan tersebut juga merupakan yang pertama baginya dan Yamaha di musim 2019.

5. Fabio Quartararo (GP Belanda 2021)

Selalu Ada Pemenang Berbeda dalam 5 Balapan Terakhir MotoGP BelandaFabio Quartararo menjuarai GP Belanda 2021. (motogp.com)

Setelah gagal menjadi juara pada 2019, Fabio Quartararo membuktikan kelasnya dengan menjadi juara di GP Belanda 2021. Pembalap asal Prancis tersebut punya start yang cukup bagus.

Sempat ditempel ketat oleh Francesco Bagnaia, Quartararo kemudian menjauh ketika pembalap Ducati tersebut mendapat hukuman long lap penalty. Sejak saat itu Quartararo tak tersentuh dan sukses meraih kemenangan.

 

GP Belanda terbukti selalu menghadirkan balapan menarik dan tak bisa ditebak siapa yang akan menjadi juara. Terbukti dalam lima gelaran terakhri, balapan di Assen selalu menghadirkan pemenang yang berbeda.

Baca Juga: Fabio Quartararo Juara di Sachsenring dalam Keadaan Sakit

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya