Comscore Tracker

5 Penembak Free Throw Terbaik dalam Sejarah NBA, Jarang Gagal

Ada Steve Nash hingga Stephen Curry

Free Throw memang hanya bernilai satu poin dalam suatu pertandingan bola basket. Namun, tembakan ini juga punya pengaruh besar dalam menentukan hasil akhir pertandingan. Apalagi jika terjadi pada detik-detik menjelang pertandingan berakhir. Oleh karena itulah ketenangan sangat diperlukan ketika mengambil tembakan ini.

Saat ini, kita mengenal nama Stephen Curry sebagai salah satu shooter terbaik dalam sejarah NBA. Kemampuan menembaknya luar biasa dan jarang sekali mengalami kegagalan. Selain Curry, rupanya ada beberapa pemain yang juga terkenal berkat kemampuannya menembak free throw. Berikut penembak free throw terbaik NBA yang setidaknya telah melakukan 2.000 free throw attempt.

1. Peja Stojakovic

5 Penembak Free Throw Terbaik dalam Sejarah NBA, Jarang GagalPeja Stojakovic (nba.com)

Peja Stojakovic merupakan salah satu pemain basket asal Eropa terbaik yang pernah bermain di NBA. Selama aktif bermain, pria asal Kroasia ini dikenal sebagai penembak terbaik di NBA. Efisiensi free throw-nya menyentuh angka 89,5 persen dari 2.500 free throw attempt.

Stojakovic pernah memiliki efisiensi tembakan free throw  di atas 90 persen selama 5 musim. Tak pernah kurang dari 85 persen. Stojakovic juga dikenal memiliki tembakan tiga angka yang tak kalah baik. Hal itulah yang membuat namanya tiga kali masuk All-Star.

2. Rick Barry

5 Penembak Free Throw Terbaik dalam Sejarah NBA, Jarang GagalRick Barry (nba.com)

Sebelum Stephen Curry, Rick Barry merupakan bintang Golden States Warriors. Sepanjang kariernya, ia mencatatkan 24,8 poin, 6,7 rebound, dan 4,9 assist per game. Namanya juga delapan kali masuk All-Star serta pernah membawa Warriors menjuarai NBA pada 1975 sekaligus menyabet titel Final MVP.

Dalam menembak free throw,Barry punya cara unik, yakni dengan menembak dari bawah alih-alih dari atas kepala seperti kebanyakan pemain. Tembakan seperti itu dijuluki granny shot karena pemain akan terlihat aneh ketika melakukannya.

Justru itulah yang membuat Barry begitu baik dalam menembak free throw. Ia telah membuat 4.243 free throw attempt dengan tingkat efisiensi mencapai 90 persen. Hal itu tentu membuat pemain lawan berpikir dua kali untuk melanggarnya.

Baca Juga: 10 Pebasket yang Cetak Free Throw Point Terbanyak di Sejarah NBA

3. Mark Price

5 Penembak Free Throw Terbaik dalam Sejarah NBA, Jarang GagalMark Price (nba.com)

Mark Price dikenal sebagai playmaker andal ketika bermain untuk Cleveland Cavaliers. Berkat permainannya tersebut, Cavs beberapa kali melaju cukup jauh pada babak playoff. Price juga pernah empat kali terpilih sebagai All-Star.

Shooting menjadi senjata terbaik Price. Ia dikenal sangat efisien ketika menembak, terutama free throw. Dari 2.362 free throw attempt, efisiensinya mencapai angka 90,4 persen. Bahkan, ia tak pernah menembak free throw kurang dari 83 persen selama kariernya.

4. Steve Nash

5 Penembak Free Throw Terbaik dalam Sejarah NBA, Jarang GagalSteve Nash (nba.com)

Steve Nash seperti seorang komposer ketika sudah membawa bola. Ia mampu memainkan bola tersebut sesuai keinginannya. Berkat hal itulah rekan-rekannya mendapat ruang bebas untuk mencetak angka. Tak heran ia pernah dua kali dinobatkan sebagai MVP ketika membela Phoenix Suns.

Lawan pun seakan enggan untuk melanggar Nash, sebab tembakan free throw-nya hampir selalu masukIa telah membuat 3.384 free throw attempt dengan efisiensi mencapai 90,4 persen. Uniknya, ia selalu menjilat tangannya sebelum melakukan tembakan free throw sebagai bentuk ritual.

5. Stephen Curry

5 Penembak Free Throw Terbaik dalam Sejarah NBA, Jarang GagalStephen Curry (skysports.com)

Stephen Curry merupakan penembak terbaik dalam sejarah NBA. Curry merupakan alasan kenapa saat ini lebih banyak pemain melakukan tembakan tiga angka. Meski begitu, tak ada yang menandingi efisiensi Curry. Ia kini memegang rekor pencetak tiga angka terbanyak dalam sejarah.

Curry juga membuat tembakan free throw terlihat mudah. Dari 3.432 free throw attempt, efisiensinya mencapai 90,7 persen, yang merupakan tertinggi sepanjang sejarah, terhitung sejak 27/1/2022. Maka, tak heran Golden States Warriors mampu tiga kali menjuarai NBA.

Tembakan free throw memang jadi salah satu cara untuk mencetak angka. Apalagi jika tembakan tersebut jarang meleset dari target. Tak heran kelima pemain tersebut dikenal sebagai penembak terbaik dalam sejarah NBA.

Baca Juga: Free Throw Jadi Pembeda di Gim Pertama Final NBA 2021

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya