Pierre Gasly Sebut Alpha Tauri Terlalu Lambat pada F1 GP Brasil

Alpha Tauri kembali gagal rebut poin

Alpha Tauri mengalami pekan yang buruk pada gelaran Formula 1 GP Brasil, Senin (14/11/2022). Baik Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda sama-sama gagal mendulang poin bagi sister team dari Red Bull tersebut.

Bahkan, Gasly secara terang-terangan menyebut jika mobil Alpha Tauri miliknya terlalu lambat. Hal itulah yang menurutnya membuat performanya tak bisa maksimal di Sirkuit Interlagos.

1. Awal yang bagus, Pierre Gasly keteteran pada akhir balapan

Pierre Gasly Sebut Alpha Tauri Terlalu Lambat pada F1 GP BrasilPierre Gasly (formula1.com)

Pierre Gasly yang start dari posisi ke-12 membuat awal yang bagus ketika ia mampu menyodok tiga posisi. Namun, ketika berganti ke ban medium, Gasly mulai keteteran dan kembali ke urutan 12.

Bahkan, setelah adanya safety car, posisi Gasly semakin melorot ke urutan 14. Hasil ini membuatnya kembali gagal mendulang poin. Kali terakhir pembalap asal Prancis tersebut finis di zona poin terjadi pada GP Singapura.

2. Pierre Gasly sebut mobil Alpha Tauri tak cukup kompetitif untuk bersaing

Pierre Gasly Sebut Alpha Tauri Terlalu Lambat pada F1 GP BrasilPierre Gasly pada GP Brasil 2022. (formula1.com)

Pierre Gasly yang akan meninggalkan Alpha Tauri di akhir musim 2022 menyebut jika mobilnya tak berdaya ketika berganti ke ban medium. Ia merasa tak punya kesempatan untuk bersaing dengan para kompetitornya.

"Pada akhirnya, pada akhirnya, kami terlalu lambat. Kami tidak cukup kompetitif dibandingkan dengan mobil-mobil di sekitar kami. Tidak masalah strategi apa yang akan kami lakukan.

Di dalam kokpit saya mencoba semua yang saya bisa, saya berjuang sekuat tenaga, terutama pada akhirnya. Kami memiliki beberapa pertarungan yang bagus, tetapi kami tidak cukup kompetitif untuk 10 besar di sini," ucap Gasly mengutip situs resmi Formula 1.

Baca Juga: Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023

3. Yuki Tsunoda kebingungan setelah safety car masuk lintasan

Pierre Gasly Sebut Alpha Tauri Terlalu Lambat pada F1 GP BrasilYuki Tsunoda pada GP Brasil 2022. (formula1.com)

Sama halnya dengan Gasly, Yuki Tsunoda juga tak berhasil mendulang poin di GP Brasil. Pembalap asal Jepang tersebut bahkan hanya bisa finis di urutan ke-17 setelah adanya safety car.

Masuknya safety car tersebut membuat Tsunoda kebingungan karena tak bisa melakukan unlap terhadap dirinya sendiri. Namun, FIA menganggap bahwa ia sudah melakukan unlap ketika memasuki pit.

Meskipun tak seperti Gasly yang secara terang-terangan mengkritik performa mobil Alpha Tauri, namun Tsunoda juga menyebut jika Alpha Tauri perlu melakukan evaluasi jelang seri pamungkas di GP Abu Dhabi.

4. Alpha Tauri ulangi hasil buruk di GP Meksiko

Pierre Gasly Sebut Alpha Tauri Terlalu Lambat pada F1 GP BrasilYuki Tsunoda (formula1.com)

Kegagalan meraih poin di GP Brasil membuat Alpha Tauri mengulang capaian buruk mereka di GP Meksiko. Saat itu, Pierre Gasly hanya mampu finis kesebelas sementara Yuki Tsunoda harus rela gagal finis.

Hal ini membuat Alpha Tauri sudah sebelas kali menempatkan kedua pembalapnya di luar zona poin. Tak heran jika mereka baru mengoleksi 35 poin di musim 2022 yang membuat mereka menghuni posisi kesembilan klasemen konstruktor.

5. Masih bisa kudeta posisi kedelapan milik Haas

Pierre Gasly Sebut Alpha Tauri Terlalu Lambat pada F1 GP BrasilKevin Magnussen (formula1.com)

Setelah musim lalu berhasil finis di posisi keenam klasemen konstruktor dengan 142 poin, hasil yang diraih mereka musim ini bisa dibilang sangat buruk. Namun, mereka masih berpotensi mengukudeta Haas yang kini menghuni peringkat kedelapan.

Kedua tim tersebut saat ini hanya dipisahkan jarak dua poin. Sama seperti Alpha Tauri, Haas juga gagal mendulang poin di GP Brasil. Penentuan siapa yang menghuni posisi kedelapan di akhir musim akan ditentukan di GP Abu Dhabi.

 

Setelah gagal mendulang poin di GP Meksiko, Alpha Tauri kembali mengulangi hasil buruk di GP Brasil. Hasil ini membuat mereka masih tertahan di urutan kesembilan tabel konstruktor sementara.

Baca Juga: Pierre Gasly Bicara Peluang Memperkuat Kembali Red Bull di F1 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya