Comscore Tracker

Melihat Prestasi Mentereng dari 4 Rookie MotoGP Angkatan 2019

Hampir semuanya jadi juara dunia

Francesco Bagnaia atau akrab disapa Pecco berhasil memastikan gelar juara dunia MotoGP 2022 pada seri pamungkas di GP Valencia, Minggu (6/11/2022). Pembalap asal Italia tersebut akhirnya mampu memutus puasa gelar Ducati sejak 2007.

Dengan keluarnya Pecco sebagai juara dunia 2022 membuat 3 dari 4 rookie MotoGP angkatan 2019 sudah bertitel juara dunia. Sebab, Joan Mir yang juara dunia 2020 dan Fabio Quartararo yang meraihnya pada 2021 juga seangkatan dengan Bagnaia.

Satu rookie lainnya dari angkatan 2019 adalah Miguel Oliveira yang raih dua kemenangan di musim 2022. Melihat pencapaian mereka, tak salah jika para rookie angkatan 2019 bisa dikatakan sebagai salah satu angkatan terbaik MotoGP.

1. Joan Mir jadi juara dunia musim 2020

Melihat Prestasi Mentereng dari 4 Rookie MotoGP Angkatan 2019Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020. (motogp.com)

MotoGP musim 2020 merupakan musim paling aneh dalam sejarah MotoGP karena sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Hal itu membuat kalender balap berubah drastis dengan hanya 14 balapan di 9 sirkuit berbeda.

Di tengah keanehan yang terjadi, Joan Mir yang mengendarai Suzuki mampu keluar sebagai juara dunia. Meskipun hanya memetik satu kemenangan, konsistensinya sepanjang musim membuatnya meraih gelar juara dunia musim itu.

2. Fabio Quartararo tampil dominan di musim 2021

Melihat Prestasi Mentereng dari 4 Rookie MotoGP Angkatan 2019Fabio Quartararo menjadi juara dunia MotoGP 2021. (motogp.com)

Fabio Quartararo tampil dominan untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2021. Saat itu ia mampu meraih lima kemenangan bersama Monster Energy Yamaha, sementara lima balapan lainnya berada di atas podium.

Kepastian gelar juara pembalap asal Prancis tersebut terjadi ketika Francesco Bagnaia terjatuh di GP Emilia Romagna. Dengan hasil ini, ia merupakan pembalap asal Prancis pertama yang meraih gelar juara dunia di kasta tertinggi MotoGP.

Baca Juga: Pembalap Rookie MotoGP dalam 10 Tahun Terakhir, Ada Jagoan Kamu?

3. Comeback sensasional Francesco Bagnaia untuk rebut gelar juara dunia 2022

Melihat Prestasi Mentereng dari 4 Rookie MotoGP Angkatan 2019Francesco Bagnaia menjadi juara dunia MotoGP 2022. (motogp.com)

Tak mudah jalan yang ditempuh Francesco Bagnaia untuk merebut titel juara dunia 2022. Ia sempat berselisih 91 poin dengan Fabio Quartararo usai mengalami crash di GP Jerman. Namun, ia tak menyerah dan berhasil bangkit di paruh kedua.

Rentetan empat kemenangan beruntun membuat selisih poinnya dengan Quartararo menipis. Hingga akhirnya ia mengambil alih pimpinan klasemen usai GP Australia. Bagnaia pun memastikan gelar juara dunia pada seri pamungkas di GP Valencia.

4. Miguel Oliveira yang sering hadirkan kejutan

Melihat Prestasi Mentereng dari 4 Rookie MotoGP Angkatan 2019Miguel Oliveira (motogp.com)

Meskipun tak pernah menjadi juara dunia seperti ketiga rekan seangkatannya, Miguel Oliveira tak jarang menghadirkan kejutan. Pada musim 2022 saja ia berhasil meraih dua kemenangan di GP Indonesia dan Thailand.

Total, pembalap asal Portugal tersebut sudah meraup lima kemenangan sejak debut bersama KTM pada 2019. Musim ini akan jadi musim terakhirnya bersama KTM, karena ia sudah menandatangani kontrak bersama RNF Aprilia mulai 2023.

5. Potensi dominasi mereka di beberapa musim ke depan

Melihat Prestasi Mentereng dari 4 Rookie MotoGP Angkatan 2019Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia (motogp.com)

Dalam tiga musim terakhir, semua gelar juara dunia MotoGP diraih oleh para rookie musim 2019. Musim depan pun tak menutup kemungkinan jika mereka kembali yang memanaskan perebutan gelar juara dunia.

Apalagi Joan Mir siap kembali ke performa terbaiknya bersama Repsol Honda musim depan. Francesco Bagnaia jelas tak ingin kehilangan takhtanya dan Fabio Quartararo yang berambisi merebut kembali gelarnya membuat persaingan semakin sengit.

Namun, mereka harus berhati-hati karena Marc Marquez kemungkinan sudah kembali ke performa terbaiknya. Ada juga Enea Bastianini yang musim depan akan berada di bawah bendera Ducati Lenovo.

 

Para rookie MotoGP angkatan 2019 sudah membuktikan potensi yang mereka miliki dengan mendominasi gelar juara dalam tiga musim terakhir. Akankah dominasi mereka terus berlanjut atau ada nama lain yang siap memanaskan perebutan gelar juara dunia.

Baca Juga: Pembalap MotoGP yang Raih Rookie of the Year dalam 6 Tahun Terakhir

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya