5 Rekor F1 yang Siap Dipecahkan Max Verstappen pada 2022

Benar-benar tampil dominan

Max Verstappen masih kokoh di puncak klasemen sementara Formula 1 (F1) hingga GP Italia. Sepertinya tinggal menunggu waktu bagi pembalap asal Belanda tersebut untuk mengunci gelar juara dunia keduanya.

Max Verstappen memang benar-benar tampil dominan musim ini. Ia sudah mengoleski sebelas kemenangan sejauh ini. Jika terus tampil bagus, Verstappen diyakini bisa memecahkan lima rekor impresif ini.

Berikut rekor F1 yang siap dipecahkan Max Verstappen pada 2022.

1. Kemenangan terbanyak dalam semusim

5 Rekor F1 yang Siap Dipecahkan Max Verstappen pada 2022Michael Schumacher (twitter.com/F1)

Dengan 6 seri tersisa dan 11 kemenangan di tangan, peluang Max Verstappen untuk memecahkan rekor kemenangan terbanyak masih terbuka. Saat ini, rekor tersebut masih dipegang Michael Schumacher dan Sebastian Vettel dengan tiga belas kemenangan.

Schumacher melakukannya ketika menjadi juara dunia pada 2004 bersama Ferrari. Sementara, Vettel mencatatkan rekor tersebut pada 2013, yang merupakan musim paling dominannya bersama Red Bull.

2. Poin terbanyak dalam semusim

5 Rekor F1 yang Siap Dipecahkan Max Verstappen pada 2022Lewis Hamilton (formula1.com)

Rekor poin terbanyak dalam semusim saat ini masih dipegang Lewis Hamilton dengan 413 poin. Hamilton membuat catatan impresif tersebut pada 2019 ketika meraih gelar juara dunia keenamnya.

Verstappen kini telah memperoleh 335 poin dengan 6 balapan tersisa. Hal ini membuatnya hanya membutuhkan 79 poin lagi untuk melampaui rekor milik Hamilton.

Baca Juga: Max Verstappen Bisa Kunci Gelar Juara Dunia di GP Singapura, Asalkan

3. Podium terbanyak dalam semusim

5 Rekor F1 yang Siap Dipecahkan Max Verstappen pada 2022Max Verstappen (formula1.com)

Catatan podium terbanyak dalam semusim sebenarnya juga dipegang oleh Max Verstappen. Ia membuatnya ketika meraih gelar juara dunia pada 2021. Saat itu, Verstappen mampu mengukir 18 podium dari 22 balapan.

Dengan 6 seri tersisa pada 2022, Verstappen yang saat ini sudah mengoleksi 13 podium berkesempatan mempertajam rekornya. Namun, ia harus selalu berada di atas podium pada sisa balapan yang ada.

4. Selisih poin terbesar dengan posisi kedua

5 Rekor F1 yang Siap Dipecahkan Max Verstappen pada 2022Sebastian Vettel dan Fernando Alonso (twitter.com/F1)

Max Verstappen sudah memiliki selisih sebesar 116 poin dari Charles Leclerc di peringkat kedua. Dengan ini, ia membutuhkan setidaknya tambahan 40 poin jika ingin memecahkan rekor selisih poin terbesar dari peringkat kedua. Rekor ini terbilang sulit untuk dipecahkan Verstappen jika Leclerc tampil bagus.

Saat ini, rekor impresif tersebut masih dipegang oleh Sebastian Vettel. Pembalap asal Jerman tersebut berjarak hingga 155 poin dari peringkat kedua yang saat itu dipegang pembalap Ferrari, Fernando Alonso, pada 2013.

5. Kemenangan beruntun terbanyak

Sebastian Vettel masih memegang rekor pembalap dengan kemenangan beruntun terbanyak. Ia membuatnya pada 2013 dengan total 9 kemenangan beruntun dari seri kesebelas di GP Belgia hingga balapan penutup di GP Brasil.

Verstappen saat ini sudah membuat lima kemenangan beruntun yang ia cetak dari GP Prancis hingga GP Italia. Itu artinya, Verstappen butuh empat kemenangan lagi untuk setidaknya menyamai prestasi milik Vettel.

Max Verstappen sepertinya sudah tak akan terhentikan lagi untuk menjadi juara dunia F1 2022. Namun, raihan tersebut akan makin lengkap jika ia mampu memecahkan kelima rekor impresif tersebut.

Baca Juga: Max Verstappen Beri Wejangan kepada Nyck de Vries saat GP Italia

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya