Rekor Impresif Menanti Lewis Hamilton jika Menang di GP Inggris

Silverstone jadi salah satu sirkuit favorit Hamilton

GP Inggris akan digelar pada Minggu (3/7/2022) merupakan seri kesepuluh dalam kalender Formula 1 2022. Salah satu pembalap yang paling ditunggu kiprahnya di Silverstone, siapa lagi kalau bukan kebanggaan tuan rumah, Lewis Hamilton.

Bahkan, Hamilton berpotensi mengukir rekor yang cukup impresif jika berhasil menjadi juara. Namun, di sisi lain jika tak berhasil menuai kemenangan, Hamilton juga berpotensi membuat rekor buruk bagi dirinya.

1. Hamilton akan menajadi pembalap yang paling sering menang di satu sirkuit

Rekor Impresif Menanti Lewis Hamilton jika Menang di GP InggrisMichael Schumacher dan Lewis Hamilton (planetf1.com)

Lewis Hamilton merupakan pembalap yang paling sering menjadi pemenang di GP Inggris, yakni sebanyak delapan kali. Jumlah tersebut menjadikannya pembalap yang paling sering juara di satu sirkuit bersama Michael Schumacher.

Schumacher juga pernah mengecap delapan kali kemenangan di GP Prancis. Jika Hamilton meraih kemenangan di GP Inggris ia akan memegang rekor ini sendirian. Jika pun gagal, Hamilton masih berkesempatan memecahkannya di GP Hungaria, di mana ia juga telah mendulang delapan kemenangan.

2. Berada di barisan podium juga akan membuahkan rekor bagi Hamilton

Rekor Impresif Menanti Lewis Hamilton jika Menang di GP InggrisLewis Hamilton (skysports.com)

Selain mengemas 8 kemenangan, Hamilton juga telah berdiri sebanyak 11 kali di GP Inggris. Capaian tersebut menyamai raihan Alain Prost sebagai pembalap yang paling sering naik podium di balapan kandangnya. Prost meraih 11 podium di GP Prancis.

Jika berhasil menggapai podium, Hamilton akan melewati catatan empat kali juara dunia tersebut. Hamilton juga berpotensi menyamai raihan Michael Schumacher yang telah menorehkan 12 podium di GP Spanyol, San Marino, dan Kanada.

Baca Juga: George Russell Berharap Lewis Hamilton Segera Bangkit dari Hasil Buruk

3. Catatan buruk menanti jika tak berhasil raih kemenangan

Rekor Impresif Menanti Lewis Hamilton jika Menang di GP InggrisLewis Hamilton (formula1.com)

Karier Lewis Hamilton hampir selalu berjalan mulus sejak musim debutnya. Bahkan, Hamilton selalu meraih kemenangan dalam setiap musim yang ia jalani. Namun, Hamilton berpotensi membuat catatan negatif bagi dirinya jika gagal menang di Silverstone.

Hamilton terakhir kali meraih kemenangan di GP Saudi Arabia 2021 dan belum sekalipun menang hingga seri kesembilan di GP Kanada. Itu artinya Hamilton sudah tak meraih kemenangan dalam sepuluh balapan. 

Terakhir kali Hamilton tak menang dalam sepuluh balapan terjadi pada GP Amerika Serikat 2012 hingga GP Hungaria 2013. Jika kembali gagal menang, itu akan membuat Hamilton tak berada di puncak podium dalam 11 balapan yang akan menjadi catatan terburuknya.

4. Musim ini jadi musim yang paling berat bagi Hamilton

Rekor Impresif Menanti Lewis Hamilton jika Menang di GP InggrisLewis Hamilton (formula1.com)

Sejak era turbo hybrid, Hamilton selalu mendapat mobil yang sangat kompetitif dari Mercedes. Namun, regulasi baru pada musim 2022 membuat Mercedes terlihat kesulitan bersaing melawan Red Bull dan Ferrari di barisan depan.

Hal itulah yang membuatnya belum meraih satu pun kemenangan sejak awal musim. Catatan dua podium membuatnya hanya menempati urutan keenam klasemen sementara. GP Inggris diharapkan mampu menjadi ajang comeback bagi tujuh kali juara dunia tersebut.

5. Red Bull dan Ferrari masih jadi favorit

Rekor Impresif Menanti Lewis Hamilton jika Menang di GP InggrisMax Verstappen (formula1.com)

Sementara Hamilton masih kesulitan musim ini, Red Bull semakin tak terkejar para pesaingnya. Koleksi lima kemenangan dalam enam balapan terakhir membuat Max Verstappen masih nyaman di puncak klasemen sementara.

Sementara itu, Ferrari juga berpotensi meraih kemenangan di Silverstone melihat penampilan Carlos Sainz yang cukup bagus di GP Kanada. Leclerc juga punya rekor bagus di Silverstone dengan selalu naik podium dalam tiga musim terakhir.

 

Meskipun masih sulit bersaing dengan Red Bull dan Ferrari di barisan depan. Namun, Lewis Hamilton diharapkan tampil baik di GP Inggris yang merupakan balapan kandangnya.

Baca Juga: Mengingat Kembali Musim Rookie Lewis Hamilton, Hampir Juara Dunia

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya