Comscore Tracker

5 Pembalap Formula 1 yang Menjadi Rival Besar Schumacher

Para juara semua

Michael Schumacher merupakan salah satu pembalap Formula 1 terhebat sepanjang sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan raihan tujuh gelar juara dunia. Dua gelar ia raih di awal karier bersama Benetton dan sisanya ia dapat kala membela Ferrari.

Namun, perjuangan Schumacher dalam meraih semua prestasi tersebut tentunya tak mudah. Sebab ia harus bersaing dengan para pembalap hebat sekelas juara dunia. Mereka mampu memberi pertarungan seru bagi pembalap asal Jerman itu. Berikut lima pembalap Formula 1 yang menjadi rival terbesar bagi Michael Schumacher.

1. Ayrton Senna

5 Pembalap Formula 1 yang Menjadi Rival Besar SchumacherAyrton Senna dan Michael Schumacher (essentiallysports.com)

Senna merupakan peraih tiga gelar juara dunia kala Schumacher baru mengawali kariernya di Formula 1. Ia juga merupakan orang yang sering dipanggil rain master akibat kelihaiannya dalam mengendalikan mobil pada lintasan hujan.

Sayang persaingan mereka hanya berlangsung sebentar, karena Senna meninggal dunia di sirkuit Imola pada tahun 1994. Schumacher yang meraih gelar juara dunia pada tahun itu pun mendedikasikannya untuk legenda balap asal Brazil tersebut.

2. Damon Hill

5 Pembalap Formula 1 yang Menjadi Rival Besar SchumacherDamon Hill dan Michael Schumacher (f1world.it)

Inggris memang tak pernah kehabisan para pembalap hebat. Salah satunya adalah Damon Hill, ia merupakan juara dunia tahun 1996 yang membela Williams. Kala itu ia berhasil mengemas delapan kemenangan dan mengakhiri dominasi Schumacher dalam dua musim sebelumnya.

Namun, persaingan mereka dimulai ketika Hill dan Schumacher bersaing ketat dalam perebutan gelar juara dunia tahun 1994. Saat itu mereka hanya dipisahkan jarak satu poin saja. Musim berikutnya mereka juga terlibat insiden di Monza dan Silverstone.

Baca Juga: F1: Bottas Bakal Diganti di Tengah Musim, Ralf Schumacher Tak Sepakat

3. Jacques Villenuve

5 Pembalap Formula 1 yang Menjadi Rival Besar SchumacherJacques Villeneuve dan Michael Schumacher (mirror.co.uk)

Jacques Villeneuve merupakan juara dunia tahun 1997 setelah bersaing sengit dengan Michael Schumacher. Bahkan sempat terjadi insiden pada sirkuit Jerez diantara keduanya. Kala itu Villeneuve dan Schumacher saling bersenggolan yang membuat pembalap asal Jerman itu keluar dari lintasan.

Di akhir musim Villeneuve sukses mengakhirinya dengan raihan tujuh kemenangan, sekaligus menyegel gelar juara dunia baginya. Pembalap asal Canada ini sendiri merupakan anak dari Gilles Villeneuve, yang juga mantan pembalap Formula 1.

4. Fernando Alonso

5 Pembalap Formula 1 yang Menjadi Rival Besar SchumacherAlonso dan Schumacher (essentiallysports.com)

Alonso sempat menyulitkan Schumacher pada musim 2003 dan 2004. Namun, ia baru benar-benar bisa mengalahkannya pada GP San Marino tahun 2005. Kala itu Alonso sukses mengasapi juara dunia tujuh kali tersebut.

Di akhir musim Alonso berhasil merengkuh gelar juara dunia pertamanya, sekaligus mengakhiri dominasi Schumacher dan Ferrari dalam lima musim sebelumnya. Tahun berikutnya pun Alonso mampu mempertahankan gelar miliknya. Tahun itu juga menjadi persaingan terakhir mereka sebab Schumacher memutuskan pensiun di akhir musim.

5. Mika Hakkinen

5 Pembalap Formula 1 yang Menjadi Rival Besar SchumacherMika Hakkinen dan Michael Schumacher (autobild.es)

Soal persaingan dua pembalap Formula 1, tak lengkap rasanya jika tak membahas Schumacher dan Hakkinen. Keduanya selalu memberikan pertarungan seru kala membalap untuk timnya masing-masing.

Mereka bahkan bersaing sangat ketat pada musim 1998 hingga 2000. Dimana Hakkinen sukses dua kali meraih juara dunia. Momen paling tak terlupakan dari keduanya adalah ketika Hakkinen berhasil menyalip Schumacher pada sirkuit Spa tahun 2000, dengan memanfaatkan kesalahan pembalap Jerman tersebut.

Para rival tersebut tak hanya menampilkan performa yang mengagumkan kala berada di belakang kemudi. Melainkan juga berhasil memberikan perlawanan hebat bagi sang juara dunia tujuh kali tersebut.

Baca Juga: Bos Ferrari Samakan Charles Leclerc dengan Michael Schumacher

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya