Comscore Tracker

Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'Or

Para bintang dan legenda Barcelona

Barcelona merupakan klub tersukses di ajang Ballon d'Or dengan 12 gelar dari 6 pemain berbeda. Menariknya, separuh gelar tersebut diborong oleh Lionel Messi. Kini, ia kembali dijagokan menjadi pemenang, meski tak lagi bersama Barcelona.

Tahun ini sendiri Blaugrana hanya mengirimkan Pedri dalam nominasi 30 besar. Berbeda dengan sedekade terakhir yang selalu dipenuhi oleh pemain Barcelona. Selain Messi, berikut 5 pemain Barcelona yang pernah meraih gelar Ballon d'Or.

1. Luis Suarez

Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'OrLuis Suarez (barcabuzz.com)

Luis Suarez di sini bukanlah penyerang asal Uruguay yang kini membela Atletico Madrid, melainkan pemain barcelona pada medio 1955 hingga 1961. Pada tahun 1960, ia menjadi pemain Barcelona pertama yang meraih gelar Ballon d'Or.

Tahun itu ia tampil tajam, dari 122 kali tampil Suarez sukses mencetak 66 gol. Padahal ia bukanlah seorang striker, melainkan hanya gelandang serang. Semusim berselang, Suarez menjadi pemain termahal dunia ketika dibeli Inter Milan.

2. Johan Cruyff

Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'OrJohan Cruyff (fcbarcelonanoticias.com)

Johan Cruyff sudah mengoleksi 1 gelar Ballon d'Or pada tahun 1971 ketika membela Ajax, sebelum bergabung dengan Barcelona pada musim 1963. Tak butuh waktu lama, pemain legendaris asal Belanda ini langsung menyabet gelar yang sama di musim debutnya.

Semusim berselang ia sukses meraih gelar Ballon d'Or ketiganya, usai membawa Barcelona meraih gelar LaLiga dan mencapai partai final Piala Dunia 1974 bersama Belanda. Usai pensiun, Cruyff sempat melatih Barcelona dan memberi gelar Liga Champions perdana mereka.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Seharusnya Tidak Dilepas oleh Barcelona

3. Hristo Stoichkov

Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'OrHristo Stoichkov (fcbarcelona.com)

Hristo Stoichkov merupakan pesepak bola pertama dan satu-satunya asal Bulgaria yang pernah meraih gelar Ballon d'Or, tepatnya di tahun 1994. Kala itu ia mengalahkan Paolo Maldini dan Roberto Baggio, padahal keduanya sukses membawa Italia menembus partai final Piala Dunia 1994.

Stoichkov sendiri membela Barcelona dalam dua periode berbeda, yang pertama dari musim 1990 hingga 1995. Sempat hijrah ke Italia untuk membela Parma, ia kemudian kembali ke Camp Nou dan bertahan hingga musim 1998.

4. Rivaldo

Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'OrRivaldo (soccerladuma.co.za)

Rivaldo membela Barcelona dari musim 1997 hingga 2002, selama periode tersebutu ia sukses mencetak 130 gol dan menjadi salah satu pemain tersubur Barcelona sepanjang sejarah.

Puncak karier, Rivaldo adalah pada tahun 1999 kala ia sukses meraih gelar Ballon d'Or. Tahun itu ia mengungguli David Beckham dan Andriy Shevchenko yang juga tampil gemilang bagi klubnya masing-masing.

5. Ronaldinho

Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'OrRonaldinho (kickoff.com)

Ronaldinho meraih gelar Ballon d'Or bersama Barcelona pada tahun 2005, setelah setahun sebelumnya hanya menempati peringkat ketiga. Kala itu Ronaldinho mampu membawa Barcelona meraih gelar LaLiga dan bersama Timnas Brazil sukses menjuarai Piala Konfederasi.

Bermain di Camp Nou dari musim 2003 hingga 2008, Ronaldinho menjadi salah satu legenda tim asal Catalan tersebut. Bahkan hanya dirinya dan Diego Maradona yang pernah mendapat standing ovation dari pendukung Real Madrid.

Ternyata selain Lionel Messi, masih ada lima pemain Barcelona lainnya yang meraih gelar paling prestisius bagi pesepak bola ini. Berkat raihan ini, mereka layak disebut sebagai legenda Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga Alves

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya