Silverstone Ternyata Bukan Satu-satunya Tuan Rumah F1 GP Inggris

Ada dua sirkuit lain yang pernah menggelar GP Inggris

Silverstone merupakan salah satu sirkuit paling ikonik. Ia begitu dinanti dalam kalender Formula 1. Hal itu terjadi karena Silverstone sudah menggelar balapan Formula 1 sejak musim pertamanya pada 1950.

Ternyata Silverstone bukanlah satu-satunya sirkuit yang pernah menggelar Formula 1 GP Inggris. Terdapat dua sirkuit lain yang juga pernah menjadi tuan rumah GP Inggris meskipun sekarang tak lagi dipakai.

1. GP Inggris pertama kali diselenggarakan di Silverstone

Silverstone Ternyata Bukan Satu-satunya Tuan Rumah F1 GP InggrisSirkuit Silverstone (f1experiences.com)

Sebelum menjadi sirkuit seperti sekarang, Silverstone merupakan bekas lapangan terbang militer yang terletak di Silverstone, Northamptonshire, Inggris. Silverstone lebih dahulu menggelar grand prix pada 1948.

Pada 1950, Silverstone ditunjuk sebagai seri pembuka, yang kemudian dimenangi Giuseppe Farina. Saat itu, balapan disaksikan hingga 200.000 penonton, termasuk Raja George VI dan Ratu Elizabeth II.

2. Aintree mulai menggelar balapan pada 1955

Silverstone Ternyata Bukan Satu-satunya Tuan Rumah F1 GP InggrisGP Inggris di sirkuit Aintree (liverpoolecho.co.uk)

Pada 1955, GP Inggris pindah ke Sirkuit Aintree yang berlokasi tak jauh dari Liverpool. Pada balapan pertama tersebut, Stirling Moss sukses membawa mobil Mercedes miliknya menjadi pemenang.

Moss pun menjadi pembalap tuan rumah pertama yang merajai GP Inggris. Aintree kemudian menjadi tuan rumah sebanyak 5 kali dalam 7 musim bergantian dengan Silverstone. Namun, sirkuit ini sudah tak dipakai menggelar balapan sejak 1962.

Momen unik terjadi di Sirkuit Aintree pada 1957 ketika terdapat dua pemenang, yakni Stirling Moss dan Tony Brooks. Hal itu bisa terjadi karena kedua pembalap Vanwall tersebut berbagi mobil yang sama untuk memenangi balapan.

Baca Juga: Cal Crutchlow Gantikan Maverick Vinales di GP Silverstone

3. GP Inggris kemudian bergantian digelar di Silverstone dan Brands Hatch

Silverstone Ternyata Bukan Satu-satunya Tuan Rumah F1 GP InggrisSirkuit Brands Hatch (skysports.com)

Musim 1964 merupakan kali pertama GP Inggris diselenggarakan di Sirkuit Brands Hatch yang terletak di West Kingsdown, Kent, Inggris. Brands Hatch kemudian bergantian dengan Silverstone sebagai tuan rumah GP Inggris.

Jim Clark yang mengendarai Lotus menjadi pemenang pertama di Brands Hatch. Sementara, Nigel Mansell menjadi pembalap terakhir yang menang di Brands Hatch pada 1986. Setelah itu, Brands Hatch tak lagi jadi tuan rumah GP Inggris.

4. Silverstone selalu masuk kalender balap sejak 1987

Silverstone Ternyata Bukan Satu-satunya Tuan Rumah F1 GP InggrisLewis Hamilton menjuarai GP Inggris 2008. (f1experiences.com)

GP Inggris sepenuhnya digelar di Silverstone pada 1987. Memasuki musim 1991, Silverstone mengalami perombakan besar untuk meningkatkan keselamatan pembalap. Sejak saat itu, ia bukan lagi sirkuit tercepat di kalender balap.

Silvestone kini menjadi sirkuit yang lebih mengandalkan teknik daripada adu kencang di trek lurus. Meski begitu, ia tak kehilangan pamornya sebagai salah satu seri paling ditunggu.

Beberapa momen tak terlupakan di Silverstone terjadi ketika ribuan pendukung menginvasi lintasan pada 1992. Saat itu, Nigel Mansell menjadi pemenang. Tak lupa juga momen terbaru ketika insiden antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton pada 2021.

5. Donington juga pernah menggelar balapan Formula 1

Silverstone Ternyata Bukan Satu-satunya Tuan Rumah F1 GP InggrisAyrton Senna menjuarai GP Eropa 1993 di Sirkuit Donington. (twitter.com/F1)

Meski bukan tuan rumah GP Inggris, Donington yang berlokasi di Leicestershire, Inggris, rupanya pernah menggelar balapan Formula 1. Hal itu terjadi pada 1993 dengan tajuk GP Eropa.

Balapan di Donington menjadi salah satu penampilan terbaik Ayrton Senna. Meskipun diguyur hujan yang begitu deras sepanjang jalannya balapan, hal itu tak membuat Senna melambat sedikit pun. Kecuali Damon Hill yang berada di peringkat kedua, Senna bahkan melakukan overlap kepada semua pembalap.

Menjadi sirkuit yang paling sering dipakai, Silverstone ternyata bukanlah satu-satunya sirkuit yang pernah menggelar GP Inggris. Terdapat juga dua sirkuit lain yang menjadi tuan rumah salah satu seri balap mobil tertua di kalender Formula 1.

Baca Juga: David Coulthard Nilai Pertarungan Gelar Juara Formula 1 Masih Terbuka 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya