George Russell Sebut Tak Ada Tim yang Bisa Mengejar Red Bull

Mercedes juga harus waspadai Aston Martin

George Russell sepertinya belum yakin Mercedes bisa bersaing dengan Red Bull. Bahkan, pembalap asal Inggris tersebut menyebut bahwa Red Bull berada di level tersendiri pada musim 2023.

Russell mengatakan hal tersebut setelah melihat bagaimana Red Bull mendominasi sesi tes pramusim di Bahrain. Sementara itu, Mercedes belum menemukan resep untuk bisa kembali meramaikan persaingan menuju perebutan gelar juara dunia.

1. Red Bull tampil dominan selama tiga hari tes pramusim

George Russell Sebut Tak Ada Tim yang Bisa Mengejar Red BullSergio Perez dan Max Verstappen (formula1.com)

Red Bull terlihat memuncaki catatan waktu tes pramusim pada hari pertama dan ketiga. Pada hari pertama Max Verstappen menjadi yang tercepat sementara Perez berhasil mencatatkan waktu terbaik pada hari ketiga.

Pada tes hari kedua, mereka hanya tertinggal 0,04 detik dari pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu. Secara keseluruhan Red Bull juga berhasil menjadi tim dengan waktu terbaik di sesi tes pramusim. Tak heran mereka kembali digadang-gadang sebagai calon kuat juara musim ini.

2. Russell mengatakan masih sulit untuk mengejar Red Bull

George Russell Sebut Tak Ada Tim yang Bisa Mengejar Red BullGeorge Russell (formula1.com)

Melihat hasil bagus yang didapat Red Bull pada tes pramusim, ia menganggap tim berlogo banteng tersebut masih jadi favorit untuk titel juara dunia. Ia bahkan menyebut bahwa Red Bull kini berada pada levelnya tersendiri jauh dari tim-tim lain.

"Itu adalah tes yang bagus dan kami belajar banyak. Kami belajar bahwa jelas ada Red Bull yang terlihat sangat, sangat kuat," ucap Russell pada sesi konferensi pers setelah tes pramusim di Bahrain.

Baca Juga: Ferrari Terus Berbenah Demi Mencegah Kesalahan Strategi Balap

3. Ferrari dan Aston Martin juga wajib diwaspadai oleh Mercedes

George Russell Sebut Tak Ada Tim yang Bisa Mengejar Red BullFernando Alonso (formula1.com)

Meskipun Russell menyebut Red Bull sebagai tim paling favorit, ia juga tetap mewaspadai Ferrari yang musim lalu menjadi runner up dan Aston Martin yang terlihat mengejutkan musim ini. Menurut Russell, dua tim itulah yang akan meramaikan persaingan di tempat kedua bersama Mercedes.

"Tapi saya pikir itu pasti adil untuk mengatakan Red Bull berada di liga mereka sendiri akhir pekan ini. Saya pikir itu mungkin akan menjadi pertarungan yang bagus untuk tempat kedua, mungkin antara Ferrari dan Aston Martin," ucap Russell mengutip situs resmi Formula 1.

4. Hamilton juga sependapat dengan Russell

George Russell Sebut Tak Ada Tim yang Bisa Mengejar Red BullLewis Hamilton (formula1.com)

Sama seperti Russell, Lewis Hamilton juga mengatakan bahwa level Mercedes masih jauh dari Red Bull. Hal itu tecermin dari penampilan Mercedes yang cukup mengecewakan pada sesi latihan bebas 1 dan 2 GP Bahrain.

Pada sesi latihan bebas 1, Hamilton dan Russell secara berurutan menempati posisi 10 dan 11. Sementara itu, pada sesi latihan bebas 2, Hamilton naik ke urutan 8 dan Russell justru turun ke posisi 13. Di sisi lain, dua pembalap Red Bull selalu masuk tiga besar waktu terbaik.

5. Masih banyak aspek yang bisa diperbaiki dari mobil W14

George Russell Sebut Tak Ada Tim yang Bisa Mengejar Red BullGeorge Russell (formula1.com)

Mobil W14 memang masih jauh dari kata kompetitif musim ini, tetapi mobil itu setidaknya jauh lebih baik dari W13 yang mereka pakai musim lalu. Russell mengatakan bahwa W13 mampu memenangi satu balapan, tak ada alasan untuk W14 tak menang lebih banyak race.

Namun, Mercedes masih harus memperbaiki mobil mereka, terutama di bagian keseimbangan yang masih bermasalah. Mobil W14 juga sempat terhenti di sesi tes pramusim hari kedua karena masalah hidraulik, padahal Mercedes dikenal sebagai tim dengan reabilitas terbaik.

"Saya pikir kita perlu percaya pada proses kita. Mercedes membangun mobil pemenang Kejuaraan Dunia selama delapan musim berturut-turut. Pada dasarnya kami memiliki semua orang yang sama di sana dan mereka tidak lupa cara membuat mobil balap cepat," ujar Russell melansir situs resmi Formula 1.

George Russell masih percaya mereka bisa menang lebih banyak balapan musim ini dengan mobil W14. Namun, mereka tetap menganggap bahwa level mereka masih jauh jika dibandingkan dengan Red Bull yang tampil solid pada sesi tes pramusim hingga latihan bebas GP Bahrain.

Baca Juga: Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan Ferrari

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya