Toto Wolff Akui Kian Sulit Raih Peringkat Kedua Konstruktor F1

Mercedes raih hasil buruk di GP Singapura

Formula 1 GP Singapura pada Minggu (2/10/2022) menjadi pekan yang cukup buruk bagi Mercedes. Kedua pembalapnya gagal tampil maksimal. Lewis Hamilton finis kesembilan, sedangkan George Russell berada di urutan ke-14.

Hasil ini membuat Mercedes gagal memangkas selisih poin mereka dengan Ferrari di tabel konstruktor sementara. Bahkan, Toto Wolff mengakui bahwa saat ini sulit bagi timnya untuk mengunci peringkat kedua klasemen konstruktor.

1. Lewis Hamilton kecewa dengan hasil balapan

Toto Wolff Akui Kian Sulit Raih Peringkat Kedua Konstruktor F1Lewis Hamilton pada GP Singapura 2022. (twitter.com/MercedesAMGF1)

Memulai balapan dari urutan ketiga, Lewis Hamilton langsung disalip Carlos Sainz di tikungan pertama. Cukup lama berada di belakang pembalap asal Spanyol tersebut, Hamilton membuat kesalahan dengan menabrak dinding pada lap ke-33.

Meski berhasil melanjutkan balapan, Hamilton harus masuk pit untuk mengganti sayap depannya. Hal itu membuatnya berada di urutan kedelapan begitu kembali ke lintasan.

Hamilton lagi-lagi membuat kesalahan jelang balapan berakhir. Kali ini ia melebar ketika mencoba menyalip Sebastian Vettel. Kesalahan ini berhasil dimanfaatkan Max Verstappen yang membuat Hamilton harus puas finis kesembilan di akhir balapan.

Hamilton pun mengakui cukup kecewa pada balapan tersebut dalam sesi wawancara setelah balapan berakhir. Ia juga mengatakan bahwa sebenarnya mengawali balapan dengan baik, tetapi tak cukup beruntung di akhir balapan.

2. Pekan yang buruk bagi George Russell

Toto Wolff Akui Kian Sulit Raih Peringkat Kedua Konstruktor F1George Russell (formula1.com)

Pekan buruk bagi George Russell sudah terjadi sejak sesi kualifikasi, ketika ia hanya mampu membawa mobilnya menempati urutan kesebelas. Padahal Hamilton mampu berada di urutan ketiga. Pergantian power unit yang dilakukan Mercedes membuatnya harus mengawali balapan dari pit lane.

Saat balapan, Mercedes sempat mencoba ban slick pada Russell dan berharap lintasan mengering. Namun, harapan untuk meraih poin akhirnya sirna ketika ia mengalami insiden dengan Mick Schumacher. Mobilnya mengalami pecah ban dan hanya bisa finis ke-14.

Baca Juga: Lewis Hamilton Minta Maaf kepada Mercedes selepas GP Belanda

3. Toto Wolff frustasi dengan hasil yang didapat timnya

Toto Wolff Akui Kian Sulit Raih Peringkat Kedua Konstruktor F1Toto Wolff (skysports.com)

Setelah 8 musim selalu berhasil merengkuh gelar juara dunia konstruktor, untuk pertama kalinya Mercedes kehilangan gelar tersebut sejak era turbo hybrid. Kini, ambisi mereka untuk mengamankan posisi kedua cukup sulit setelah hasil buruk di GP Singapura.

Sebelum GP Singapura, Mercedes hanya tertinggal 33 poin di belakang Ferrari. Namun, mereka kini berjarak 66 poin dengan Hamilton dan Russell gagal tampil maksimal. Terlebih duo Ferrari berhasil tampil bagus dengan meraih podium.

Toto Wolff yang merupakan Team Principal dari Mercedes makin frustasi dengan kondisi saat ini. Padahal mereka menunjukkan performa yang cukup kompetitif pada sesi latihan bebas dan kualifikasi. Wolff saat ini hanya fokus untuk tampil lebih baik lagi pada seri berikutnya di GP Jepang.

4. Ferrari raih double podium di GP Singapura

Toto Wolff Akui Kian Sulit Raih Peringkat Kedua Konstruktor F1Carlos Sainz dan Charles Leclerc pada GP Singapura 2022. (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Berbeda dengan Mercedes, Ferrari tampil bagus dengan merebut double podium di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay. Charles Leclerc berhasil mengunci peringkat kedua, sementara Carlos Sainz mengamankan podium ketiga.

Leclerc bahkan hampir meraih kemenangan ketika terus menempel ketat Sergio Perez. Namun, ia mulai tertinggal cukup jauh ketika memasuki pengujung balapan. Dengan hasil ini, Ferrari kian menjauhi Mercedes dalam tabel konstruktor sementara.

5. Mercedes harus tampil maksimal pada sisa balapan musim ini

Toto Wolff Akui Kian Sulit Raih Peringkat Kedua Konstruktor F1Balapan Formula 1 GP Singapura 2022. (formula1.com)

Mercedes harus melupakan hasil buruk yang mereka raih di GP Singapura dan harus fokus pada lima balapan sisa musim ini. Selisih 66 poin dari Ferrari juga bukan mustahil untuk dikejar oleh Mercedes jika mereka tampil maksimal.

Di luar insiden yang menimpa Hamilton dan Russell, Mercedes sebenarnya tampil cukup konsisten sepanjang pekan di GP Singapura. Setidaknya itu harus bisa terlihat pada seri selanjutnya di GP Jepang yang akan berlangsung pada Minggu (9/10/2022).

Mercedes mendapat hasil buruk pada GP Singapura yang membuat mereka kian tertinggal dari Ferrari. Mercedes kini harus tampil maksimal pada sisa balapan Formula 1 2022.

Baca Juga: Toto Wolff Cukup Puas dengan Capaian Mercedes pada GP Austria

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya