Utah Jazz Tunjuk Will Hardy Menjadi Pelatih Baru

Kali pertama Hardy tampil sebagai kepala pelatih

Setelah ditinggal Quin Snyder, Utah Jazz bergerak cepat menunjuk Will Hardy sebagai pelatih baru. Hardy sebelumnya merupakan asisten pelatih Ime Udoka di Boston Celtics.

Pengalamannya yang pernah membantu Celtics menembus Final NBA 2022 diharapkan bisa ia terapkan di Jazz. Terlebih tim asal Salt Lake City itu sudah tampil sangat baik selama diasuh Snyder.

1. Will Hardy berkesempatan tampil sebagai kepala pelatih untuk pertama kalinya

Utah Jazz Tunjuk Will Hardy Menjadi Pelatih BaruBoston Celtics menjadi juara Wilayah Timur NBA 2022. (skysports.com)

Sebelum mendapat tawaran dari Utah Jazz untuk menjadi kepala pelatih mereka, Will Hardy sebenarnya tak punya pengalaman mengemban jabatan tersebut. Ia pernah menjadi asisten pelatih saja selama ini.

Hardy sendiri menghabiskan semusim penuh sebagai asisten pelatih Boston Celtics pada 2021/2022. Sebelum itu, ia bergabung selama 11 musim bersama San Antonio Spurs. Jadi, ini akan menajdi pengalaman pertama Hardy sebagai kepala pelatih

2. Will Hardy menimba ilmu dari Gregg Popovich

Utah Jazz Tunjuk Will Hardy Menjadi Pelatih BaruGregg Popovich (nba.com)

Sebelas musim yang Will Hardy habiskan bersama San Antonio Spurs ia awali sebagai bagian dari tim operasional. Setelah itu, ia dipindahkan ke bagian video hingga akhirnya menjadi asisten pelatih Gregg Popovich.

Hardy juga merupakan asisten Popovich ketika peraih tiga gelar Coach of the Year tersebut membesut Timnas Amerika Serikat. Mereka tampil di ajang Piala Dunia 2019 dan Olimpiade 2020.

Baca Juga: Saat Anak Asuh Gregg Popovich Kuasai Final NBA 2021/22

3. Murid Gregg Popovich banyak menuai kesuksesan

Utah Jazz Tunjuk Will Hardy Menjadi Pelatih BaruIme Udoka (skysports.com)

Kebersamaan Will Hardy dengan Gregg Popovich membuatnya menyerap banyak ilmu. Apalagi Popovich pernah mengantarkan Spurs lima kali juara NBA.

Popovich terbukti telah menelurkan banyak asisten yang kemudian berprestasi sendiri-sendiri. Dua di antaranya adalah Steve Kerr dan Ime Udoka yang sukses menembus Final NBA 2022.

Ada pula Monty Williams dan Taylor Jenkins yang masing-masing membawa Phoenix Suns dan Memphis Grizzlies memuncaki Wilayah Barat NBA 2021/2022. Belum lagi Doc Rivers, Mike Budenholzer, dan Mike Brown yang kini jadi pelatih kenamaan.

4. Diharapkan mampu membawa Jazz melaju jauh di playoff

Utah Jazz Tunjuk Will Hardy Menjadi Pelatih BaruUtah Jazz (skysports.com)

Selama diasuh Quin Snyder, Utah Jazz merupakan 1 dari 3 tim yang selalu menembus babak playoff dalam 6 musim terakhir. Sayangnya, mereka tak pernah melaju lebih jauh dari babak Semifinal Wilayah Barat.

Seperti pada 2021/2022, Jazz harus menelan kekalahan dari Dallas Mavericks. Padahal Mavericks tak diperkuat bintang utama mereka, Luka Doncic, pada dua pertandingan awal. Hardy diharapkan membawa Jazz berbicara lebih banyak di playoff.

5. Will Hardy akan menjadi pelatih termuda di NBA

Utah Jazz Tunjuk Will Hardy Menjadi Pelatih BaruWill Hardy (usatoday.com)

Dengan usia yang masih 34 tahun, Hardy akan menjadi pelatih aktif termuda di NBA. Bahkan, ia lebih muda dari beberapa pemain yang ada di NBA. Meski begitu, ia punya pengalaman sebagai asisten pelatih Gregg Popovich dan mampu membawa Boston Celtics menggapai babak final.

Jazz sebelumnya juga menawari beberapa asisten pelatih sebelum menjatuhkan pilihannya kepada Hardy. Jazz bukanlah tim yang kerap gonta-ganti pelatih. Dalam 33 tahun, hanya ada tiga pelatih, yakni Jerry Sloan, Tyrone Corbin, dan Quin Snyder.

Dengan ditunjuknya Will Hardy sebagai kepala pelatih, Utah Jazz siap memulai lembaran baru musim depan. Lantas, akankah Hardy mampu membawa Jazz berbicara lebih banyak musim depan?

Baca Juga: Quin Snyder Nyatakan Mundur usai 8 Tahun Melatih Utah Jazz

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya