Comscore Tracker

Yuki Tsunoda Jelaskan Penyebabnya Crash di Formula 1 GP Singapura

Tsunoda akui itu kesalahannya

Formula 1 GP Singapura yang digelar pada Minggu (2/10/2022), bukanlah pekan yang bagus bagi pembalap Alpha Tauri, Yuki Tsunoda. Ia harus mengakhiri balapan lebih cepat setelah mengalami crash pada lap ke-36.

Kondisi lintasan yang diguyur hujan memang membuat banyak pembalap gagal menyentuh garis finis. Tsunoda juga mengaku kecewa pada dirinya sendiri setelah gagal tampil maksimal di GP Singapura.

1. Yuki Tsunoda raih posisi kesepuluh saat kualifikasi

Yuki Tsunoda Jelaskan Penyebabnya Crash di Formula 1 GP SingapuraYuki Tsunoda pada GP Singapura 2022. (formula1.com)

Sirkuit jalan raya Marina Bay diguyur hujan cukup deras jelang sesi kualifikasi dimulai. Namun, hal itu tak menghentikan Yuki Tsunoda untuk membawa mobil Alpha Tauri miliknya bertengger di urutan kesepuluh.

Meski begitu, pembalap asal Jepang tersebut masih kalah dari rekan setimnya, Pierre Gasly. Pembalap asal Prancis tersebut sukses merebut posisi ketujuh pada sesi kualifikasi.

2. Yuki Tsunoda akui crash tersebut akibat kesalahannya

Yuki Tsunoda menabrak dinding pembatas ketika mencoba melewati tikungan kesepuluh pada lap ke-36. Tsunoda tak menampik jika kejadian tersebut merupakan kesalahannya sendiri. Ia juga mengaku kondisi lintasan saat itu cukup menyulitkannya.

"Saya tidak mengejar poin, itu hanya kondisi yang sulit. Saya baru saja melakukan kesalahan sendiri, benar-benar melewatkan titik pengereman. Sepenuhnya salahku dan tidak ada alasan," ujar Tsunoda pada sesi wawancara setelah race berakhir.

Kesalahan yang dilakukan Tsunoda membuatnya tak meraih poin dalam 11 balapan beruntun. Kali terakhir ia mendapat poin adalah ketika finis kesepuluh pada GP Spanyol.

Baca Juga: Banyak Pembalap Formula 1 Sebut GP Singapura Balapan Paling Menyiksa

3. Tak hanya Tsunoda yang gagal lewati garis finis

Yuki Tsunoda Jelaskan Penyebabnya Crash di Formula 1 GP SingapuraNicholas Latifi gagal finis pada GP Singapura 2022. (formula1.com)

Yuki Tsunoda bukan satu-satunya pembalap yang gagal menyelesaikan balapan pada GP Singapura. Pada lap ketujuh, terjadi kontak antara Zhou Guanyu dan Nicholas Latifi yang membuat keduanya tak bisa melanjutkan balapan.

Kemudian pada lap ke-21 Fernando Alonso mengalami masalah pada mesinnya. Rekan setim Fernando Alonso, Esteban Ocon, mengalami masalah serupa dengannya beberapa lap kemudian. Pembalap Williams, Alex Albon, juga mengalami crash pada lap ke-25.

Lewis Hamilton dan Max Verstappen juga sempat melakukan kesalahan pada balapan tersebut. Beruntung, keduanya berhasil melanjutkan jalannya balapan, meski tak mendapat hasil maksimal.

4. Pierre Gasly dapatkan hasil yang lebih baik

Yuki Tsunoda Jelaskan Penyebabnya Crash di Formula 1 GP SingapuraPierre Gasly pada GP Singapura 2022. (formula1.com)

Berbeda dari Yuki Tsunoda, Pierre Gasly berhasil membawa mobil Alpha Tauri miliknya finis di posisi kesepuluh. Hal itu membuat pembalap yang dirumorkan akan pindah ke Alpine pada musim 2023 tersebut mendapat tambahan satu poin.

Meski berhasil mendulang poin, Gasly mengaku sedikit kecewa dengan hasil yang ia dapat. Ia mengatakan bahwa seharusnya ia bisa meraih hasil yang lebih bagus. Gasly kecewa karena hasil tersebut tak sesuai target yang ia harapkan.

5. Alpha Tauri targetkan posisi ketujuh di tabel konstruktor

Yuki Tsunoda Jelaskan Penyebabnya Crash di Formula 1 GP SingapuraPierre Gasly dan Yuki Tsunoda (formula1.com)

Hingga GP Singapura, Alpha Tauri masih tertahan di urutan kesembilan tabel konstruktor sementara dengan 34 poin. Jumlah poin tersebut sama dengan yang dimiliki Haas dan hanya berjarak 3 poin dari Alpine.

Jarak yang cukup dekat tersebut membuat Alpha Tauri cukup optimis bisa mengamankan posisi ketujuh pada klasemen konstruktor. Dengan sisa lima balapan lagi, bukan hal mustahil bagi Alpha Tauri untuk mencapai target tersebut di akhir musim.

 

Yuki Tsunoda cukup kecewa setelah melakukan kesalahan pada GP Singapura yang membuatnya gagal finis. Kini, ia harus bisa bangkit karena balapan selanjutnya akan berlangsung di kandangnya sendiri, yakni GP Jepang di sirkuit Suzuka.

Baca Juga: Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya