Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris Asal Benua Afrika

Dua di antaranya masih aktif bermain!

Dalam dunia sepak bola, benua Afrika dikenal sebagai salah satu produsen pemain-pemain hebat. Banyak dari mereka yang berkarir di Eropa dan merasakan kesuksesan. Salah satunya di Liga Inggris.

Di kompetisi negeri Ratu Elizabeth ini, terdapat lima pemain asal benua Afrika yang mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Didier Drogba - Pantai Gading

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris Asal Benua Afrikapotret Didier Drogba (skysports.com)

Didier Drogba menempati daftar pertama sebagai top skor sepanjang masa Liga Inggris asal Afrika. Pemain kelahiran Pantai Gading ini total mencetak 104 gol. Jumlah tersebut Ia buat dalam 254 pertandingan dan dipersembahkan untuk satu klub, yaitu Chelsea.

Tidak hanya itu, bersama The Blues, Drogba juga berhasil meraih empat kali gelar Liga Inggris. Termasuk dua kali sebagai top skor di musim 2006/2007 dan 2009/2010. Drogba gantung sepatu sejak Desember 2018.

2. Mohamed Salah - Mesir

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris Asal Benua Afrikapotret Mohamed Salah (thisisanfield.com)

Di daftar selanjutnya, ada nama pemain yang masih aktif asal Liverpool, yaitu Mohamed Salah. Sejauh ini, pemain berkaki kidal ini telah mencetak 101 gol. Hanya terpaut tiga gol saja untuk bisa melewati Drogba.

Dari jumlah tersebut, 99 di antaranya Ia buat untuk Liverpool dalam 150 pertandingan. Sementara dua gol sisanya, Ia ciptakan untuk Chelsea dalam 13 penampilan. Ya, jangan dilupakan bahwa Salah memang pernah membela The Blues pada musim 2013/2014.

Baca Juga: 7 Pemain Liga Inggris yang Pernah Bermain untuk Tujuh Klub atau Lebih

3. Sadio Mane - Senegal

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris Asal Benua Afrikapotret Sadio Mane (liverpoolfc.com)

Rekan setim Salah di Liverpool, Sadio Mane, menguntit di posisi ketiga dengan koleksi 98 gol. Seperti halnya Salah, jumlah tersebut juga dicetak pemain Senegal ini tidak hanya untuk Liverpool, melainkan juga klub lain yaitu Southampton.

Untuk The Reds, sebanyak 77 gol Ia cetak dalam 167 pertandingan. Sementara 21 gol sisanya Ia buat untuk The Saints dalam 67 penampilan.

3. Emmanuel Adebayor - Togo

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris Asal Benua Afrikapotret Emmanuel Adebayor (standard.co.uk)

Di posisi keempat, ada Emmanuel Adebayor yang berhasil mengoleksi 97 gol dalam 242 pertandingan. Striker asal Togo ini mengoleksi jumlah tersebut bersama empat klub, yaitu Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Crystal Palace.

Rinciannya: 46 gol untuk Arsenal (104 caps), 15 untuk City (34 caps), 35 untuk Spurs (92 caps), dan satu gol untuk Palace (12 caps). Pemain ini telah pensiun sejak Juli 2020 lalu 

5. Yakubu Ayegbeni - Nigeria

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga Inggris Asal Benua Afrikapotret Yakubu Ayegbeni (planetfootball.com)

Di posisi terakhir, ada Yakubu yang mencetak 95 gol. Pemain asal Nigeria ini membuatnya selama berkarir di Liga Inggris sejak 2003 hingga 2012 dengan total 252 penampilan. 

Jumlah tersebut Ia buat untuk empat klub. Mereka adalah Portsmouth (28 gol & 67 caps), Middlesbrough (25 gol & 73 caps), Everton (25 gol & 82 caps), dan Blackburn Rovers (17 gol & 30 caps). Pendukung Liverpool pasti tidak sabar untuk menyaksikan momen kedua pemainnya melewati capaian Didier Drogba.

Pemain-pemain di atas berhasil membuktikan ketajamannya di lini depan. Tak sembarangan, laga yang menjadi ajang pembuktian ada Liga Inggris sebagai salah satu liga sepak bola paling kompetitif di dunia. 

Baca Juga: 6 Gelandang Serang Termahal di Liga Inggris, De Bruyne Teratas!

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya