6 Pemain Arsenal yang Akan Habis Kontrak di Akhir Musim Ini

The Gunners terancam kehilangan mereka secara gratis

Di transfer musim panas kemarin, Arsenal termasuk klub yang terbilang banyak membeli punggawa baru. Tercatat, ada enam pemain yang didatangkan. Mereka adalah Aaron Ramsdale, Ben White, Takehiro Tomiyashu, Nuno Tavares, Albert Sambi Lokonga, dan Martin Odegaard.

Salah satu alasannya mungkin adalah karena mengantisipasi beberapa pemain yang bisa pergi secara gratis akhir musim nanti. Ya, jika melihat data dari transfermarkt, ada enam pemain mereka yang akan habis kontrak di akhir musim 2021-2022 ini. Siapa saja? Berikut daftarnya.

1. Dejan Iliev

6 Pemain Arsenal yang Akan Habis Kontrak di Akhir Musim Inipotret Dejan Iliev (arsenal.com)

Arsenal mungkin tidak keberatan jika harus kehilangan Dejan Iliev secara gratis. Besar kemungkinan juga jika kontraknya tidak akan diperpanjang. Hal itu bisa kita lihat dari karirnya di Arsenal.

Sejak bergabung dengan akademi The Gunners pada 2012 silam, Ia belum pernah mencatatkan penampilan di tim senior. Iliev lebih banyak menghabiskan waktu di tim reserve atau di klub lain sebagai pinjaman.

Kini, pemain asal Makedonia Utara ini pun tengah dipinjamkan ke tim di Liga Slovakia, SKF Sered. Bukan hanya kiper utama, namun bahkan sebagai pilihan ketiga pun rasanya sulit Ia tembus jika melihat kedalaman Arsenal di posisi ini.

2. Sead Kolasinac

6 Pemain Arsenal yang Akan Habis Kontrak di Akhir Musim Inipotret Sead Kolasinac (goal.com)

Sead Kolasinac santer dikabarkan akan keluar dari Arsenal pada transfer musim panas lalu. Namun, secara mengejutkan, Ia ternyata bertahan. Padahal di posisi bek kiri, Arsenal telah memiliki Kieran Tierney dan Nuno Tavares yang baru didatangkan.

Pemain asal Bosnia ini bergabung dengan The Gunners pada 2017 secara gratis. Sejauh ini, Ia pun telah mencatatkan 115 penampilan. Dengan kondisi kini, besar kemungkinan Ia akan pergi pada bursa transfer Januari nanti.

Baca Juga: 5 Pemain Lulusan Akademi Arsenal yang Saat Ini Bermain di Tim Senior

3. Calum Chambers

6 Pemain Arsenal yang Akan Habis Kontrak di Akhir Musim Inipotret Calum Chambers (90min.com)

Calum Chambers bergabung dengan Arsenal pada 2014 di mana sejauh ini telah mencatatkan 120 kali penampilan. Karirnya bersama The Gunners terbilang naik turun. Ia sempat dipinjamkan dua kali ke Middlesbrough pada musim 2016/2017 dan ke Fulham pada 2018/2019.

Namun, di musim lalu, semenjak kembali dari cedera panjang, pemain versatile ini nampak mendapat kepercayaan dari Mikel Arteta. Oleh karenanya, menarik untuk dilihat apakah Ia akan dilepas secara gratis di akhir musim, dijual pada Januari nanti atau diperpanjang kontraknya.

Pasalnya, jika melihat kedalaman pemain bertahan The Gunners, kemampuan, dan statusnya sebagai pemain home-grown yang masih berusia 26 tahun, rasanya merupakan sebuah kerugian jika Arsenal memutuskan untuk melepasnya secara gratis.

4. Mohamed Elneny

6 Pemain Arsenal yang Akan Habis Kontrak di Akhir Musim Inipotret Mohamed Elneny (skysports.com)

Karir Elneny di Arsenal nampak telah usai ketika Ia dipinjamkan ke Besiktas pada musim 2019/2020. Namun, sekembalinya di musim berikutnya, pemain asal Mesir ini justru dipertahankan oleh Mikel Arteta. Sejak bergabung pada 2016, pemain berusia 29 tahun ini telah bermain sebanyak 132 kali untuk The Gunners.

Sebagai pemain cadangan, Elneny mungkin berguna bagi The Gunners agar kedalaman skuad tetap terjaga. Seperti misalnya saat ini ketika Granit Xhaka harus menepi selama tiga bulan karena cedera.

5. Eddie Nketiah

6 Pemain Arsenal yang Akan Habis Kontrak di Akhir Musim Inipotret Eddie Nketiah (football.london)

Nketiah bergabung dengan akademi Arsenal setelah dilepas akademi Chelsea pada 2015. Hingga kini, kapten timnas Inggris U-21 ini telah mencatatkan 66 penampilan dan 14 gol untuk Arsenal.

Melihat potensinya yang bagus, rasanya mustahil jika Arsenal rela melepasnya secara gratis di akhir musim nanti. Ditambah, jika melihat kondisi striker Arsenal saat ini, Nketiah pun nampak masih penting untuk dipertahankan.

Pasalnya, Aubameyang sebagai striker utama sudah memasuki usia tua dan penampilannya beberapa waktu belakangan pun kurang memuaskan. Sementara Alexandre Lacazette secara bersamaan juga akan habis kontraknya akhir musim nanti. 

6. Alexandre Lacazette

6 Pemain Arsenal yang Akan Habis Kontrak di Akhir Musim Inipotret Alexandre Lacazette (metro.co.uk)

Ya, seperti sudah disebutkan sebelumnya, Alexandre Lacazette termasuk ke dalam pemain yang akan habis kontraknya di akhir musim ini. Bergabung dengan Arsenal pada 2017 silam, pemain asal Perancis ini kini telah bermain sebanyak 174 kali dan mencetak 67 gol.

Lacazette sendiri kini telah berusia 30 tahun. Penampilannya pun terbilang kurang memuaskan dalam beberapa waktu belakang. Menarik untuk menunggu keputusan apa yang akan diambil Arsenal terkait Lacazette.

Apakah mereka akan menjualnya sekaligus dengan Nketiah? Atau mempertahankan keduanya atau salah satunya? Kebijakan Arsenal terhadap dua pemain ini sangatlah krusial karena terkait langsung dengan lini serang The Gunners yang terbilang tumpul.

Itu tadi enam pemain Arsenal yang akan habis kontrak di akhir musim ini. Menurutmu, siapa yang akan bertahan? Siapa yang akan pergi? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Alasan Liverpool Berpotensi Besar Menjuarai Premier League 2021/22

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya