Comscore Tracker

6 Tim Eropa yang Masih 'Unbeaten' di Kompetisi Domestik Musim Ini

Adakah yang mampu mempertahankannya hingga akhir musim?

Liga-liga sepak bola top di Eropa telah berjalan kurang lebih dua bulan sejak dimulai serentak Agustus lalu. Ada sekitar delapan pertandingan yang telah dilangsungkan. Meski terbilang masih awal, namun rentang waktu ini cukup bisa memberi kita gambaran penampilan sebuah tim secara komprehensif.

Salah satunya adalah lewat catatan kekalahan mereka. Menariknya, setidaknya ada enam klub sepak bola yang masih unbeaten alias belum terkalahkan sejauh ini di kompetisi domestik masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Liverpool

6 Tim Eropa yang Masih 'Unbeaten' di Kompetisi Domestik Musim Inipotret Liverpool (twitter.com/LFC)

The Reds menjadi satu-satunya tim di Liga Inggris yang masih belum terkalahkan sejauh ini. Mereka mengumpulkan 18 poin dari hasil lima kemenangan dan tiga seri. Meski begitu, tim asuhan Jurgen Klopp ini kini duduk di peringkat dua di bawah Chelsea yang unggul satu poin.

Salah satu statistik lainnya yang menarik dari Liverpool juga adalah soal kemampuan mencetak gol mereka. The Anfield squad menjadi yang terlihai dalam urusan ini dengan koleksi 22 gol, unggul enam gol lebih banyak dari tim-tim dengan jumlah tertinggi selanjutnya (Chelsea, Man City, dan MU).

2. Napoli

6 Tim Eropa yang Masih 'Unbeaten' di Kompetisi Domestik Musim Inipotret Napoli (twitter.com/sscnapoli)

Napoli kini tengah memimpin klasmen di Serie A dengan raihan 24 poin. Ya, bukan hanya mereka belum menelan kekalahan, tapi tim asal kota Naples ini bahkan menyapu seluruh delapan pertandingan dengan kemenangan. Tak heran, mereka pun jadi kandidat kuat juara.

Dalam urusan mencetak gol, tim asuhan Luciano Spalletti ini ada di peringkat kedua dengan koleksi 19 gol. Namun dalam hal kebobolan, mereka menjadi yang terbaik dengan hanya baru kemasukan tiga bola. Ditambah, catatan cleansheet mereka juga adalah yang terbaik, yaitu lima kali.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Juventus atas AS Roma di Serie A, Penuh Drama!

3. AC Milan

6 Tim Eropa yang Masih 'Unbeaten' di Kompetisi Domestik Musim Inipotret AC Milan (twitter.com/acmilan)

Di daftar selanjutnya ada AC Milan yang di klasmen Serie A menguntit di bawah Napoli dengan koleksi 22 poin. Tim asuhan Stefano Pioli ini meraih tujuh kemenangan dan satu seri. Hasil seri tersebut didapat saat melawan tim kuat lainnya, yaitu Juventus.

Dalam aspek mencetak gol, Rossoneri berada di bawah Inter dan Napoli dengan 18 gol (sama dengan Lazio). Sementara dalam urusan kebobolan, mereka menjadi yang terbaik kedua setelah Napoli dengan tujuh gol.

4. SC Freiburg

6 Tim Eropa yang Masih 'Unbeaten' di Kompetisi Domestik Musim Inipotret SC Freiburg (twitter.com/scfreiburg)

Ya, secara mengejutkan, Freiburg justru menjadi tim yang sejauh ini masih belum terkalahkan di Bundesliga. Walaupun memang secara keseluruhan, raihan poinnya bukan yang terbaik. Mereka kini duduk di posisi empat dengan 16 poin dari hasil empat kemenangan dan empat seri.

Jika dibandingkan dengan musim lalu, di periode yang sama Freiburg hanya mengumpulkan enam poin dari hasil satu menang, tiga seri, dan empat kekalahan. Oleh karenanya, ini pun jelas merupakan sebuah peningkatan yang pesat.

5. FC Porto

6 Tim Eropa yang Masih 'Unbeaten' di Kompetisi Domestik Musim Inipotret FC Porto (twitter.com/FCPorto)

Di Liga Portugal, ada Porto yang masuk ke dalam daftar ini. Dari delapan pertandingan yang telah dijalankan, mereka meraih 20 poin dari hasil enam menang dan dua seri. Kini, mereka duduk di posisi kedua di bawah Benfica yang unggul satu poin.

Dalam urusan selisih gol, Porto pun menempel ketat Benfica. Mereka mencetak 18 gol, hanya kalah satu gol dari Benfica (19). Namun keduanya memiliki jumlah kemasukan yang sama, yaitu lima gol.

6. Sporting CP

6 Tim Eropa yang Masih 'Unbeaten' di Kompetisi Domestik Musim Inipotret Sporting CP (twitter.com/Sporting_CP)

Sporting CP mengumpulkan jumlah poin dan hasil pertandingan yang sama seperti Porto, yaitu 20 poin dari enam menang dan dua seri. Bedanya, mereka kalah dalam selisih gol sehingga duduk di posisi ketiga di bawah Porto.

Sejauh ini, tim dengan warna kebanggaan hijau ini mencetak 13 gol, tertinggal lima gol dari Porto. Sementara dari sisi kebobolan, mereka justru kemasukan satu gol lebih sedikit dibanding Porto, yaitu empat.

Itu tadi enam tim di liga top Eropa yang belum terkalahkan di kompetisi domestiknya masing-masing sejauh ini. Apakah akan ada yang berhasil mempertahankan statistik ini hingga akhir musim? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 7 Pesepak Bola yang Gagal di Serie A, tetapi Bersinar di Liga Inggris

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Alumni jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran. Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya