7 Mantan Pemain Arsenal yang Juara Liga Inggris setelah Pindah Klub

Empat di antaranya menjadi juara untuk kali pertama

Arsenal telah sangat lama tidak menjuarai Liga Inggris, yaitu sejak 17 tahun silam atau pada musim 2003/2004. Banyak pemain yang pada akhirnya memutuskan pergi demi memiliki peluang lebih baik untuk merasakan gelar prestisius ini.

Tercatat, ada tujuh pemain yang sukses menjuarai Liga Inggris setelah mereka pindah ke klub lain. Baik itu untuk pertama kalinya maupun bukan. Siapa saja?

1. Alex Oxlade-Chamberlain (Liverpool)

7 Mantan Pemain Arsenal yang Juara Liga Inggris setelah Pindah KlubAlex Oxlade-Chamberlain (twitter.com/Alex_OxChambo)

Alex Oxlade-Chamberlain merupakan nama teranyar yang bisa menggenggamkan tangannya ke trofi Premier League. Pemain kelahiran 15 Agustus 1993 ini merealisasikannya bersama Liverpool pada musim 2019/2020 lalu. Di musim tersebut, ia berkontribusi cukup vital dengan catatan 30 penampilan serta empat gol dan satu assist

Chambo sendiri bergabung dengan The Reds dari Arsenal pada awal musim 2017/2018. Sebelumnya, ia membela The Gunners sejak Agustus 2011 setelah ditransfer dari Southampton. Bersama Arsenal, Chamberlain 'hanya' bisa memenangkan tiga trofi Piala FA dari total 198 penampilan dengan 20 gol dan 32 assist.

2. Samir Nasri (Manchester City)

7 Mantan Pemain Arsenal yang Juara Liga Inggris setelah Pindah KlubSamir Nasri (twitter.com/premierleague)

Samir Nasri yang baru saja memutuskan pensiun di awal musim ini berhasil meraih dua gelar Premier League dalam karirnya. Prestasi tersebut didapat bersama Manchester City pada musim 2011/2012 dan 2013/2014. Nasri beperan penting dalam dua gelar tersebut dengan catatan 64 penampilan, 12 gol, dan 18 assist.

Mantan pemain asal Perancis kelahiran 26 Juni 1987 ini sendiri dibeli Arsenal dari Olympique Marseille pada Juli 2008. Tiga musim bersama The Gunners, Nasri mengoleksi 126 penampilan, 27 gol, 16 assist, tanpa satu gelar apapun.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Terbaik Portugal yang Kini Berkarier di Premier League

3. Gael Clichy (Manchester City)

7 Mantan Pemain Arsenal yang Juara Liga Inggris setelah Pindah KlubGael Clichy (twitter.com/ManCity)

Seperti halnya Nasri, Clichy juga merupakan bagian dari skuad Manchester City yang meraih gelar pada 2012 dan 2014. Keduanya bahkan meninggalkan Arsenal di waktu yang bersamaan, yaitu pada awal musim 2011/2012. Jumlah penampilannya memang tidak sebanyak Nasri karena hanya bermain sebanyak 48 kali dengan sumbangan lima assist.

Bedanya dengan Nasri, Clichy yang juga berasal dari Perancis sudah sempat merasakan gelar Premier League, yaitu bersama Arsenal pada 2004. Ia yang kala itu masih berusia 19 tahun tampil dalam 12 pertandingan. Bek kiri yang kini berusia 36 ini bermain di Liga Swiss bersama Servette FC.

4. Cesc Fabregas (Chelsea)

7 Mantan Pemain Arsenal yang Juara Liga Inggris setelah Pindah KlubCesc Fabregas (instagram.com/cescf4bregas)

Fabregas memang didatangkan Arsenal dari Barcelona pada awal musim 2003/2004 yang berujung juara. Namun, gelandang asal Spanyol tersebut tidak mencatatkan satupun penampilan karena bermain di tim akademi terlebih dahulu. Debutnya di Premier League baru didapat di musim berikutnya.

Pemain berusia 34 tahun yang kini membela AS Monaco ini pun berseragam The Gunners hingga 2011 sebelum kemudian pindah ke Barcelona. Selama delapan tahun, ia hanya sukses meraih satu Piala FA pada 2005 dengan koleksi 304 penampilan serta 57 gol dan 96 assist.

Pada Juli 2014, ia kembali ke Inggris untuk bermain bagi Chelsea. Di sini, ia meraih dua gelar Premier League pada 2015 dan 2017 dengan kontribusi delapan gol dan dan 31 assist dalam 63 pertandingan. 

5. Robin van Persie (Manchester United)

7 Mantan Pemain Arsenal yang Juara Liga Inggris setelah Pindah KlubRobin van Persie (twitter.com/ManUtd)

Robin van Persie bergabung dengan Arsenal dari Feyenoord pada Juli 2004. Musim terbaiknya terjadi pada 2011/2012 di mana ia menjadi top skor Premier League dengan koleksi 30 gol. Nahas, Arsenal harus menerima kenyataan bahwa sang pemain memilih untuk pindah ke Manchester United di musim berikutnya.

Baru bergabung dengan Setan Merah, striker Belanda tersebut langsung sukses menjadi juara Liga Inggris dengan koleksi 26 gol dari 38 pertandingan. Seperti halnya Fabregas, van Persie hanya bisa meraih satu Piala FA ketika berseragam Arsenal.

6. Kolo Toure (Manchester City)

7 Mantan Pemain Arsenal yang Juara Liga Inggris setelah Pindah KlubKolo Toure (mancity.com)

Kolo Toure merupakan bagian dari skuad Manchester City yang menjadi juara Premier League untuk pertama kalinya dalam 44 tahun pada 2012. Di musim tersebut, pemain asal Pantai Gading yang bergabung dengan City pada 2009 ini hanya bermain sebanyak 14 kali.

Beruntung, mantan bek tengah tersebut sudah terlebih dahulu mencicip gelar Premier League dengan jumlah penampilan yang signifikan bersama Arsenal pada 2004. Kala itu, sosok yang kini menjadj asisten pelatih di Leicester City ini bermain sebanyak 37 kali dengan koleksi satu gol dan satu assist. 

7. Ashley Cole (Chelsea)

7 Mantan Pemain Arsenal yang Juara Liga Inggris setelah Pindah KlubAshley Cole (twitter.com/ChelseaFC)

Ashley Cole menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Bergabung dengan Chelsea dari Arsenal pada 2006, bek kiri ini sukses meraih gelar Premier League pada 2010. Kala itu, ia bermain dalam 27 pertandingan dengan koleksi empat gol dan lima assist.

Meski begitu, koleksi gelar Premier League Cole bersama Arsenal lebih banyak, yaitu dua. Selain pada 2004, ia yang memang merupakan lulusan akademi Arsenal termasuk ke dalam bagian skuad yang menjuarai Premier League pada 2002.

Itu tadi tujuh mantan pemain Arsenal yang sukses menjuarai Premier League setelah pindah klub. The Gunners tentu harus mulai kembali kompetitif jika tidak ingin pemain terbaik mereka memilih pergi seperti nama-nama di atas.

Baca Juga: 5 Pemain Top dari Benua Asia yang Tengah Berkarier di Liga Inggris

Ibnu Gifar Ramzani Photo Verified Writer Ibnu Gifar Ramzani

Penulis buku "Kick Off!: Melacak Perkembangan Awal Futsal di Indonesia 1989-2006" (Penerbit Dramaturgi, Juni 2021)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya