5 Wonderkid asal Amerika Latin yang Layak Dipantau Klub Besar Eropa

Tak kalah berbakat dengan pemain-pemain muda Eropa

Amerika Latin dikenal sebagai salah satu wilayah dimana pemain-pemain sepak bola berbakat berasal. Negara Brasil, Argentina, Uruguay, Chile, dan Kolombia merupakan beberapa negara di wilayah Amerika Latin yang rutin menghasilkan pemain berbakat.

Talent scouting asal Benua Biru biasanya akan memantau pemain-pemain muda yang berlaga di kompetisi wilayah Amerika Latin. Pemain muda potensial atau wonderkid diminati sebagai solusi jangka panjang bagi klub-klub besar Eropa. Di musim 2021/2022, ada beberapa nama pemain muda yang patut dipantau oleh klub asal Eropa. Siapa saja pemain tersebut? Berikut daftar namanya.

1. Exequiel Zeballos

5 Wonderkid asal Amerika Latin yang Layak Dipantau Klub Besar EropaExequiel Zeballos (Kiri), salah satu talenta muda milik Boca Juniors (Instagram.com/exezeballos02)

Pemain kelahiran La Banda, Argentina ini bergabung ke akademi Boca Juniors pada tahun 2014. Sejak debutnya pada Oktober 2020, Zeballos telah tampil dalam 14 pertandingan bersama Boca Juniors.

Zeballos merupakan pemain yang memiliki kemampuan menggiring bola dan kecepatan yang luar biasa. Rumornya, beberapa klub besar Eropa, seperti Barcelona, Manchester City, dan Real Madrid tertarik untuk mendatangkan pemain berusia 19 tahun ini.

2. Matias Arezo

5 Wonderkid asal Amerika Latin yang Layak Dipantau Klub Besar EropaMatias Arezo, salah satu wonderkid asal Uruguay (Instagram.com/cariverplateuru)

Pemain gim Football Manager pasti mengenal pemain yang satu ini. Arezo merupakan ujung tombak bagi klub asal Uruguay, River Plate Montevideo. Di musim ini, Arezo telah tampil dalam 22 pertandingan dan mencetak 13 gol serta empat assist bagi tim asal ibukota Uruguay.

Pemain bernomor punggung 9 ini merupakan produk akademi River Plate Montevideo. Arezo mencatatkan debut profesionalnya pada 14 Juli 2019. Total ia telah melakoni 84 penampilan dan melesakkan 34 gol serta 13 assist bagi River Plate Montevideo.

Baca Juga: 5 Pemain La Liga Spanyol yang Dibeli Mahal oleh Klub Liga Super China

3. Gabriel Veron

5 Wonderkid asal Amerika Latin yang Layak Dipantau Klub Besar EropaGabriel Veron (Instagram.com/Cesar Greco)

Brasil tak henti-hentinya memproduksi pemain berbakat. Gabriel Veron salah satunya. Ia merupakan produk binaan akademi Palemiras setelah bergabung dari klub lokal, Santa Cruz de Natal pada tahun 2017.

Namanya mulai dikenal saat berhasil mengantarkan skuad muda timnas Brasil menjuarai ajang Piala Dunia U-17 tahun 2019. Di turnamen tersebut, Veron melesakkan tiga gol dan berhasil meraih predikat Golden Ball.

Di musim ini, Veron telah tampil sebanyak 16 kali dan baru mencatatkan satu assist bagi Palmeiras di semua ajang. Ia telah bermain dalam 56 pertandingan dan mencatatkan 11 gol serta tujuh assist sejak debutnya pada November 2019.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

4. Pedro De la Vega

5 Wonderkid asal Amerika Latin yang Layak Dipantau Klub Besar EropaPedro De la Vega, pemain potensial asal Argentina (Instagram.com/pepodlv7)

Pedro De la Vega merupakan produk binaan akademi klub asal Argentina, Lanus. Mendapatkan debut profesionalnya pada pada September 2018, De la Vega telah tampil dalam 79 pertandingan dan mencetak 11 gol serta enam assist bagi Lanus. Di musim ini, De la Vega menjadi andalan di sayap kanan Lanus dengan mencatatkan 17 penampilan dan mencetak tiga gol serta satu assist di semua kompetisi.

Di level internasional, pemain berusia 20 tahun ini  merupakan bagian dari skuad timnas muda Argentina yang berlaga di ajang Piala Dunia U-20 tahun 2019 dan Olimpiade tahun 2021. Ia tampil dalam tiga pertandingan di Piala Dunia U-20 tahun 2019 dan tiga pertandingan di ajang Olimpiade tahun 2021.

5. Matheus Donelli

5 Wonderkid asal Amerika Latin yang Layak Dipantau Klub Besar EropaMatheus Donelli, penjaga gawang muda milik klub Corinthians (Instagram.com/matheusdonelli)

Brasil terkenal akan keberhasilannya dalam menghasilkan penjaga gawang kelas dunia. Gilmar, Taffarel, Dida, Rogerio Ceni, Julio Cesar, Alisson Becker, dan Ederson Moraes merupakan beberapa nama penjaga gawang terkenal asal Brasil.

Matheus Donelli mungkin akan menambah daftar nama tersebut beberapa tahun ke depan. Donelli mulai dikenal oleh publik saat menjadi bagian dari skuad Brasil muda yang menjuarai Piala Dunia U-17 tahun 2019. Di ajang tersebut ia meraih predikat penjaga gawang terbaik atau Golden Glove.

Donelli merupakan produk akademi klub asal Brasil, Corinthians. Menggunakan nomor punggung 32, ia baru tampil dalam tiga pertandingan bersama Corinthians di semua ajang.

Pemain-pemain tersebut siap untuk direkrut oleh klub-klub besar asal Benua Biru. Patut dinantikan ke klub Eropa mana mereka akan berlabuh. Kira-kira klub favoritmu tertarik merekrut mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya