Comscore Tracker

7 Wonderkid Liga Inggris Ini Patut Disorot, Kaya Talenta!

Rata-rata masih berusia 20 tahun

Premier League merupakan salah satu liga sepakbola yang tak boleh dilewati. Pertandingannya yang seru dan penampilan pemain-pemain kelas dunia menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, kemunculan pemain-pemain muda berbakat atau wonderkid juga menjadi daya tariknya. Wonderkid merupakan istilah pada pemain muda berumur maksimal 21 tahun yang memiliki potensi untuk menjadi pemain bintang.

Saat ini Liga Inggris telah berjalan hingga matchday ke-9. Lantas, siapa saja wonderkid di Premier League yang patut diamati penampilannya musim ini? Berikut daftar namanya.

1. Bukayo Saka

7 Wonderkid Liga Inggris Ini Patut Disorot, Kaya Talenta!Bukayo Saka (instagram.com/Arsenal)

Salah satu pemain muda berbakat milik Arsenal. Walaupun masih muda, ia sudah mencatatkan 99 penampilan bersama skuad senior Arsenal. Sebanyak 13 gol dan 22 assist berhasil ia torehkan di semua kompetisi.

Penampilan apiknya membuahkan panggilan ke timnas senior Inggris. Menjalani debut pada 8 Oktober 2020, pemain berusia 20 tahun ini sudah mengantongi 13 caps sejauh ini. Tiga gol telah ia lesakkan bersama The Three Lions.

Saka menjadi bagian dari skuad Inggris yang tampil di ajang Euro 2020. Tampil sebanyak empat kali, ia turut membantu Inggris mencapai final Euro 2020.

2. Curtis Jones

7 Wonderkid Liga Inggris Ini Patut Disorot, Kaya Talenta!Curtis Jones, salah satu pemain muda berbakat milik The Reds (instagram.com/curtisjr)

Jones merupakan produk binaan akademi Liverpool. Setelah debutnya pada Januari 2019 di ajang Piala FA, Jones sudah tampil di 54 pertandingan bersama tim utama The Reds. Ia telah mencatatkan 8 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Di musim ini, Jones telah tampil sebanyak tujuh kali. Selain bermain di posisi gelandang tengah, pemain berusia 20 tahun ini dapat bermain di beberapa posisi, seperti gelandang serang dan sayap kiri. Di level internasional, Jones merupakan bagian dari skuad U-21 timnas Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Manchester United dengan Torehan Gol Terbanyak Saat Ini

3. Amad Diallo

7 Wonderkid Liga Inggris Ini Patut Disorot, Kaya Talenta!Amad Diallo (instagram.com/amaddiallo19)

Dibeli dari Atalanta seharga 21 juta euro atau Rp346 miliar pada 5 Oktober 2020, Amad Diallo menambah daftar pemain muda potensial yang dimiliki Manchester United. Ia baru bergabung ke skuad The Red Devils pada Januari 2021.

Debut bersama MU ia dapatkan pada 18 Februari saat bertanding melawan Real Sociedad di leg pertama babak 32 besar Liga Eropa. Pemain berusia 19 tahun ini mencetak gol pertama bagi United saat bersua AC Milan di leg 1 babak 16 besar Liga Eropa. Mengisi sayap kanan, Diallo telah tampil delapan kali bagi skuad utama United.

Di level internasional, Diallo membela negara Pantai Gading. Ia telah membela timnas seior Pantai Gading sebanyak tiga kali dan mencetak satu gol. Diallo ikut serta ke dalam skuad Pantai Gading yang bertanding di ajang Olimpiade.

4. Fabio Silva

7 Wonderkid Liga Inggris Ini Patut Disorot, Kaya Talenta!Fabio Silva, pemain termahal yang pernah direkrut oleh The Wolves (instagram.com/wolves)

Fabio Silva bergabung ke Wolverhampton dari klub asal Portugal, Porto dengan biaya mencapai 40 juta euro atau Rp660 miliar pada September 2020. Biaya tersebut menjadikannya pemain termahal yang pernah dibeli oleh Wolves.

Di musim debutnya, ia tampil 37 kali dan berhasil mencetak enam gol dan tiga assist di semua ajang. Musim ini Fabio Silva baru tampil sebanyak tujuh kali dan belum mencetak gol bagi tim utama Wolverhampton.

Di level internasional, pemain berusia 19 tahun ini rutin tampil bagi timnas usia muda Portugal. Ia pernah membela tim U-15 hingga tim U-21. Sejauh ini, ia telah tampil dua kali dan mencetak dua gol bagi timnas U-21 Portugal.

5. Luke Thomas

7 Wonderkid Liga Inggris Ini Patut Disorot, Kaya Talenta!Luke Thomas, bek kiri potensial milik Leicester City (instagram.com/lukethomas_3))

Krisis pemain pada musim 2019/2020 menjadi berkah bagi Luke Thomas. Pemain berusia 20 tahun ini masuk ke starting line-up Leicester saat melawan Sheffield United pada 16 Juli 2020 di ajang Premier League. Debutnya berbuah manis dimana ia menorehkan assist untuk gol pertama The Foxes.

Berposisi sebagai bek kiri, Thomas sudah tampil 35 kali bersama tim utama Leicester. Total dua gol dan tiga assist telah ia catatkan. Musim ini, pemain bernomor punggung 33 ini telah tampil 7 kali di semua kompetisi.

Di level internasional, Thomas membela timnas muda Inggris mulai dari timnas U-18 hingga kelompok umur U21. Ia telah tampil tiga kali bagi timnas U-21 Inggris.

Baca Juga: 5 Rekor Premier League yang Berhasil Dipecahkan Mohamed Salah, Epik!

6. Bryan Gil

7 Wonderkid Liga Inggris Ini Patut Disorot, Kaya Talenta!Bryan Gil, salah satu pemain muda berbakat Spurs (instagram.com/spursofficial)

Bryan Gil dibeli dari Sevilla seharga 25 juta euro atau Rp412 miliar pada 26 Juli 2021. Harga yang cukup mahal bagi pemain yang baru berusia 20 tahun. Penampilan apiknya saat dipinjamkan oleh Sevilla ke Leganes dan Eibar membuat Spurs tidak ragu-ragu merekrutnya.

Gil telah tampil sebanyak sebelas kali untuk skuad utama The Lily Whites di semua kompetisi musim ini. Gil termasuk pemain yang versatile. Posisi utamanya ialah sayap kiri, tetapi ia dapat beroperasi di sisi kanan juga.

Tampil bagus sejak 2018, Bryan Gil mendapat pangglan dari timnas senior Spanyol. Ia mendapat debutnya pada Maret 2021 di ajang kualifikasi Piala Dunia. Sejauh ini, Gil telah mengantongi empat caps bersama La Furia Roja.

7. Valentino Livramento

7 Wonderkid Liga Inggris Ini Patut Disorot, Kaya Talenta!Valentino Livramento (instagram.com/southamptonfc)

Livramento menjadi salah satu bukti kehebatan akademi Cobham milik Chelsea. Dibeli seharga 5,9 juta euro atau Rp97 miliar dari The Blues pada Agustus 2021, Livramento langsung menjadi pilihan utama bagi Southampton. Mengisi posisi bek kiri, ia telah tampil sembilan kali dan telah mencetak satu gol dan satu assist untuk The Saints.

Di level internasional, Livramento membela timnas U-21 Inggris. Ia mendapatkan debutnya di skuad muda The Three Lions pada September 2021.

Itulah beberapa nama pemain muda potensial di Liga Premier Inggris musim ini. Bakat yang dimiliki dapat menjadikan mereka pemain kelas dunia. So, patut untuk dinanti beberapa tahun kedepan.

Baca Juga: 6 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Membela Klub MLS 

Gilang Rama W. Photo Writer Gilang Rama W.

A Long-life Learner_Tertarik dengan sepakbola, hiburan, serta isu sosial dan lingkungan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya