Tes Event Asian Para Games, Tim Basket Indonesia Dikalahkan Thailand

Meski kalah, sudah ada kemajuan

Jakarta, IDN Times - Indonesia harus puas menerima kekalahan dari Thailand dalam laga uji coba bertajuk Test Event Asian Para Games 2018 di Bintaro, Jakarta Selatan.

Dalam pertandingan yang berlangsung Senin, (25/6) ini, berkesudahan 60-9 untuk Thailand. Di babak pertama, Thailand sudah unggul jauh dari Indonesia dengan skor 30-5.

1.Terkendala peralatan, seperti kursi roda

Tes Event Asian Para Games, Tim Basket  Indonesia Dikalahkan ThailandIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Donald Santoso selaku kapten Indonesia menuturkan jika salah satu faktor kalahnya Indonesia adalah kurangnya peralatan yang memadai seperti kursi roda.

“Banyak kendala yang kita alami. Salah satunya adalah peralatan yang masih kurang seperti kursi roda. Hampir semua pemain kursi rodanya masih belum sesuai standar, beda dengan Thailand,” jelasnya.

2. Masih minim jam terbang

Tes Event Asian Para Games, Tim Basket  Indonesia Dikalahkan ThailandIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meski kalah, hal ini dimaklumi oleh pelatih timnas Indonesia, Fajar. Menurutnya, perkembangan yang ditunjukan oleh tim sudah cenderung membaik meski masih banyak kekurangan karena baru terbentuk.

“Tim ini baru dibentuk Desember 2017, wajar jika kami kalah. Tapi, kami sudah cenderung lebih baik setelah latihan terus,” jelasnya.

Fajar juga menjelaskan, selain terkendala peralatan, Indonesia juga masih minim jam terbang sehingga kemampuannya cukup jauh tertinggal dari Thailand.

“Jika dibandingkan dengan Thailand, Indonesia sangat jauh tertinggal. Mereka jam terbangnya sudah banyak, sedangkan kita baru memulai olahraga ini,” tambahnya.

3. Menjadi ajang persiapan Asian Paragames Oktober mendatang

Tes Event Asian Para Games, Tim Basket  Indonesia Dikalahkan ThailandIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Laga uji coba kontra Thailand ini merupakan salah satu rangkaian persiapan Indonesia jelang bertarung di ajang Asian Para Games yang berlangsung mulai 8 Oktober hingga 16 Oktober 2018.

Baca juga: YES! Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2017 di Malaysia

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya