4 Wakil Indonesia Hadapi Pemain Top Tuan Rumah di R2 Thailand Masters

Semoga bisa bikin kejutan dan lolos ke perempat final

Turnamen bulutangkis Thailand Masters 2019 mulai memasuki putaran kedua/round 2. Kabar bagusnya, Indonesia masih memiliki cukup banyak wakil di lima nomor yang dipertandingkan (tunggal putra/putri, ganda putra/putri dan ganda campuran). Ada 12 pemain Indonesia baik dari Pelatnas maupun non Pelatnas yang berhasil melaju ke putaran kedua.

Nah, Kamis (10/1/2019) hari ini, ke-12 pemain Indonesia tersebut akan berebut tiket ke babak perempat final. Tidak akan mudah. Sebab, beberapa pemain Indonesia harus bertemu lawan berat. Diantaranya menghadapi pemain top Thailand.

Berikut beberapa pemain top tuan rumah yang akan dihadapi pemain Indonesia di putaran kedua Thailand Masters 2019.

1. Fitriani bertemu juara bertahan

4 Wakil Indonesia Hadapi Pemain Top Tuan Rumah di R2 Thailand Mastersbwfbadminton.com/player


Sejak Thailand Masters digelar pada 2016 silam, Indonesia belum mampu meraih gelar di sektor tunggal putri. Kesempatan datang di tahun ini. Indonesia punya tiga wakil yang lolos ke putaran kedua. Salah satunya Fitriani. Tunggal putri yang diproyeksikan tampil ke Olimpiade ini lolos setelah menang rubber game atas pemain Malaysia, Lee Ying Ying 18-21, 21-9, 23-21.

Nah, di putaran kedua, Fitriani akan bertemu lawan tangguh. Dia akan menghadapi pemain tuan rumah yang menjadi unggulan 1, Nitchaon Jindapol. Pemain Thailand berusia 27 tahun ini juga merupakan juara bertahan Thailand Masters 2018. Tahun lalu, dia juara setelah mengalahkan rekan senegaranya, Pornpawee Chochuwong.

Di putaran pertama Thailand Masters 2019 kemarin, Jindapol menang cukup mudah, 21-12, 21-15 atas Lin Ying-chun dari Taiwan. 

Semoga Fitriani bisa menampilkan permainan terbaiknya dan membuat kejutan di pertandingan nanti.

 

2. Ruselli Hartawan hadapi juara Thailand Masters 2017

4 Wakil Indonesia Hadapi Pemain Top Tuan Rumah di R2 Thailand Mastersbwfbadminton.com/news-single


Tidak hanya Fitriani, tunggal putri Pelatnas lainnya, Ruselli Hartawan juga akan bertemu pemain top tuan rumah di putaran kedua Thailand Masters 2019. Ruselli akan menghadapi Busanan Ongbumrungpan.

Busanan yang baru berusia 22 tahun ini merupakan salah satu trio tunggal putri top Thailand selain Ratchanok Intanon dan Nitchaon Jindapol. Busanan merupakan juara Thailand Masters 2017. Setelah tahun 2018 lalu tidak mampu meraih gelar, Busanan tentunya termotivasi untuk meraih gelar di tahun ini. Semangat itulah yang harus diwaspadai Ruselli.

Di putaran pertama kemarin, Busanan menang mudah atas pemain kelahiran Rusia yang kini membela Israel, Ksenia Polikarporva, 21-12, 21-8. Sementara Ruselli harus 'memeras keringat' setelah melakoni pertandingan tiga game melawan pemain Taiwan, Chiang Ying-li. Ruselli akhirnya menang 21-15, 22-24, 21-17.

3. Firman Abdul Kholik bertemu pemain kejutan Thailand

4 Wakil Indonesia Hadapi Pemain Top Tuan Rumah di R2 Thailand Mastersbwfbadminton.com/player


Di sektor tunggal putra, Indonesia hanya memiliki satu wakil di putaran kedua Thailand Masters 2019 atas nama Firman Abdul Kholik. Pemain Pelatnas ini lolos setelah menang rubber game atas Yu Igarashi dari Jepang, 21-17, 17-21, 21-19. Sementara dua pemain pelatnas lainnya, Ihsan Maulana Mustofa dan Chico Aura Dwi Wardoyo, langsung kandas di putaran pertama.

Firman tentunya diharapkan bisa melangkah jauh di turnamen ini. Apalagi, di dua edisi Thailand Masters, tunggal putra Indonesia bisa juara lewat Tommy Sugiarto. Hanya saja, Firman akan menghadapi lawan yang tidak mudah di putaran kedua. Dia akan bertemu pemain tuan rumah, Sitthikom Thammasin yang tampil mengejutkan di turnamen ini.

Pemain Thailand berusia 23 tahun ini membuat kejutan hebat di putaran pertama dengan mengalahkan rekan senegaranya yang merupakan unggulan ketiga, Kantaphon Wangcharoen. Tahun 2018 lalu, dia meraih gelar di Akita Masters 2018 dengan mengalahkan Ihsan Maulana Mustofa.

4. Ganda putri muda Indonesia hadapi ganda putri terbaik Thailand yang menjadi unggulan 1

4 Wakil Indonesia Hadapi Pemain Top Tuan Rumah di R2 Thailand Mastersbwfbadminton.com/player

Di sektor ganda putri, pasangan muda Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto mengawali penampilannya di level senior dengan hasil manis. Di putaran pertama Thailand Masters, Rabu (9/1/2019) kemarin, pasangan juara Kejuaraan Asia junior 2018 ini menang rubber game 21-12, 21-23, 21-18 atas pasangan 'gado-gado' Kittipak Dubthuk (Thailand)/Rusydina Riodingin (Indonesia).

Ada harapan keduanya bisa membuat kejutan di turnamen senior pertama mereka ini. Namun, jadwal berat sudah menunggu Febriana/Ribka di putaran kedua yang dimainkan Kamis (10/1/2019) hari ini. Febriana/Ribka akan bertemu ganda putri terbaik Thailand yang juga unggulan 1, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Selain menjadi unggulan 1, Kititharakul/Prajongjai merupakan juara bertahan Thailand Masters 2018. Di akhir tahun lalu, pasangan yang kini sama-sama berusia 25 tahun ini masuk dalam top 8 peringkat teratas dunia dan tampil di BWF World Tour Finals. Di putaran pertama kemarin, Kititharakul/Prajongjai menang mudah atas ganda putri Indonesia, Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva 21-8, 21-9.

Meski menghadapi pemain-pemain top tuan rumah, semoag saja pemain-pemain Indonesia bisa tampil nothing to lose di putaran kedua. Siapa tahu Fitriani dkk bisa membuat kejutan dan lolos ke perempat final.

Baca Juga: Berguguran, Tersisa 12 wakil Indonesia di R2 Thailand Masters 2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya