Catat, Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis di Awal Tahun 2019

Turnamen nomor 3 yang paling ditunggu

Awal tahun 2019 akan langsung menjadi periode sibuk bagi para pebulu tangkis top Indonesia. Ya, setelah cukup lama tidak tampil di pertandingan resmi, periode awal tahun 2019 berarti menjadi awalan bagi atlet-atlet bulut angkis untuk kembali tampil di lapangan.

Pebulu tangkis Indonesia sudah ditunggu beberapa turnamen bulu tangkis dalam rangkaian gelaran BWF World Tour 2019. Selama Januari 2019 ini, setidaknya ada tiga turnamen bulu tangkis BWF World Tour yang akan berlangsung. Berikut adalah jadwal lengkapnya.

1. Thailand Masters 2019 jadi turnamen pembuka

Catat, Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis di Awal Tahun 2019bwfbadminton.com

Agenda turnamen bulu tangkis di awal tahun 2019 dimulai dari Thailand Masters 2019. Turnamen BWF World Tour level Super 300 ini akan digelar di Bangkok pada 8 Januari hingga 13 Januari 2019.

Dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com, beberapa pebulu tangkis Indonesia akan tampil di turnamen ini. Seperti Ihsan Maulana di tunggal putra dan Fitriani di tunggal putri. Bahkan, beberapa pebulu tangkis Indonesia diplot sebagai unggulan di turnamen berhadiah prize money 150 ribu USD ini.

Diantaranya pasangan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf yang menjadi unggulan 4 di ganda putra. Juga pasangan Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina dan Ronald/Annisa Saufika yang diunggulkan di posisi 4 dan posisi 5 sektor ganda campuran.

Tahun lalu, Indonesia berhasil membawa pulang satu gelar dari turnamen Thailand Masters 2018. Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto tampil sebagai juara setelah mengalahkan pemain Malaysia, Leong Jun Hao. Tahun ini, Tommy tidak ikut serta di turnamen ini karena fokus tampil di turnamen lain.

Baca Juga: 5 Pebulutangkis Ini Paling Banyak Meraih Gelar BWF di Tahun 2018 

2. Jojo dan Ginting tampil perdana di Malaysia Masters 2019

Catat, Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis di Awal Tahun 2019instagram.com/jonatanchristieofficial

Setelah dari Bangkok, Thailand, pebulu tangkis Indonesia akan tampil di Kuala Lumpur. Ada turnamen Malaysia Masters 2019 yang digelar di pertengahan Januari, tepatnya pada tanggal 15 hingga 20 Januari.

Karena turnamen Malaysia Masters 2019 merupakan turnamen level Super 500 (lebih tinggi levelnya dari Thailand Masters 2019), maka pemain-pemain yang tampil merupakan pemain top dunia. Termasuk dari Indonesia.

Merujuk pada list pemain, Malaysia Masters 2019 akan menjadi penampilan perdana bagi tiga tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie, Antony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto di tahun 2019.

Malaysia Masters 2018 juga akan menjadi turnamen perdana bagi pasangan ganda putra, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Ganda putra rangking 1 dunia ini ditempatkan sebagai unggulan 1. Sementara Fajar Alfian/M Rian Ardianto menjadi unggulan kelima.

3. Ini yang paling ditunggu, Indonesia Masters 2019

Catat, Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis di Awal Tahun 2019twitter.com/INABadminton

Nah, di minggu ketiga Januari, giliran Jakarta yang akan jadi tuan rumah turnamen Indonesia Masters 2019. Pecinta bulu tangkis Indonesia pastinya sudah tidak sabar ingin menyaksikan langsung turnamen BWF Tour Super 500 berhadiah 350 ribu USD ini akan digelar pada 22 hingga 27 Januari 2019.

Hampir semua pemain-pemain top Indonesia dari lima sektor, akan turun bermain di turnamen yang diikuti hampir semua pemain top dunia ini. Diantaranya pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang di Indonesia Masters 2018 lalu menjadi finalis. Greysia/Apriyani menjadi unggulan 4. Di atas mereka ada trio ganda putri Jepang yang menjadi unggulan 1-3, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Misaki Matsutoo/Ayaka Takahashi dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Salah satu yang juga menarik ditunggu oleh pengemar bulu tangkis Indonesia adalah kembali tampilnya ikon ganda putra asal Korea Selatan, Lee Yong-dae. Setelah sempat off, pebulu tangkis yang memiliki banyak penggemar di Indonesia ini akan kembali tampil.

Di Indonesia Masters 2018 lalu, Indonesia berhasil meraih dua gelar lewat Anthony Sinisuka Ginting di tunggal putra dan Marcus/Kevin di ganda putra. Bagaimana di tahun 2019 ini?

4. Indonesia Masters 2019 jadi pertandingan perpisahan Tontowi/Liliyana

Catat, Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis di Awal Tahun 2019twitter.com/inabadminton

Turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2019 nanti akan berlangsung emosional bagi pecinta bulu tangkis Indonesia. Sebab, turnamen ini akan menjadi yang terakhir bagi pasangan senior ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. pasangan peraih emas Olimpiade 2016 ini akan tampil berpasangan untuk kali terakhir di turnamen BWF. Setelah itu, Liliyana Natsir akan gantung raket.

Dikutip dari badmintonindonesia.org, Liliyana menyebut awalnya tidak terpikir untuk bermain di Indonesia Masters sebagai turnamen terakhir. Namun, setelah berdiskusi dengan pelatih dan tim PBSI, akhirnya diputuskan dia akan tampil bersama Tontowi untuk terakhir kali di Istora. Ya, Indonesia Masters 2019 akan menjadi momen perpisahan Tontowi/Liliyana dengan penggemar bulu tangkis Indonesia.

"Harapannya tetap mau memberikan yang terbaik di penutup karier saya, apalagi main di hadapan publik sendiri. Tapi saat ini kan persaingannya sudah ketat, ditambah pemain-pemain muda banyak yang bagus-bagus," ujar Liliyana.

Jadi, penggemar bulu tangkis, sudah siap mengikuti agenda-agenda bulu tangkis di awal tahun 2019 ini. Atau mungkin, kalian sudah memesan tempat untuk hadir di Indonesia Masters 2019 mendatang.

Baca Juga: Inilah 7 Momen Emas Bulu Tangkis Indonesia Sepanjang 2018

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya