Sudah Tahu? 4 Pemain Indonesia Jadi Unggulan di Malaysia Open 2018

Turnamennya digelar akhir bulan Juni ini

Tidak banyak turnamen bulutangkis yang digelar di bulan Juni. Bisa dibilang, Juni merupakan 'bulan istirahat' bagi pebulutangkis-pebulutangkis dunia. Baru di akhir Juni nanti, ada turnamen Malaysia Open 2018 yang berhadiah 700 ribu dolar.

Beberapa pemain top dunia akan tampil turnamen level Super 750 yang digelar pada 26 Juni hingga 1 Juli 2018. Termasuk pemain-pemain 'papan atas' Indonesia. Nah, akhir pekan kemarin, daftar seeded (unggulan) Malaysia Open dirilis. Ada empat pemain Indonesia yang menjadi unggulan dari lima nomor yang di pertandingan.

Siapa saja?

1. Marcus/Kevin jadi unggulan pertama nomor ganda putra

Sudah Tahu? 4 Pemain Indonesia Jadi Unggulan di Malaysia Open 2018twitter.com

Ganda putra ranking 1 dunia, pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya menempati unggulan teratas sektor ganda putra di Malaysia Open 2018. Selain Marcus/Kevin, ganda-ganda putra top dunia akan tampil di Malaysia Open. Diantaranya pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen yang menjadi unggulan 2, serta dua ganda China, Liu Cheng/Zhang nan dan Li Junhui/Liu Yuchen yang jadi unggulan 3-4.

Bagi Marcus/Kevin, Malaysia Open 2018 akan menjadi 'pelampiasan' untuk move on usai kegagalan membawa tim putra Indonesia menjadi juara Piala Thomas 2018. Marcus/Kevin juga mengejar gelar kempat di tahun 2018 ini setelah juara di Indonesia Masters, India Open dan All England Open 2018.

"Mungkin pialanya keberatan buat dibawa yah, but we will get stronger!," tulis Marcus Gideon di akun Instagramnya.

2. Fajar/Rian jadi unggulan 8

Sudah Tahu? 4 Pemain Indonesia Jadi Unggulan di Malaysia Open 2018badmintonindonesia.org

Di sektor ganda putra, Indonesia memiliki dua pemain yang masuk daftar seeded (unggulan). Selain Marcus/Kevin, pasangan Fajar Alfian/M.Rian Ardianto ditempatkan sebagai unggulan 8. Malaysia Open 2018 akan menjadi kesempatan bagi Fajar/Rian untuk memburu gelar kedua di tahun ini.

Sebelumnya, pada Januari lalu, Fajar/Rian juara di Malaysia Masters 2018. Mereka berhasil mengalahkan ganda tuan rumah yang juga peraih medali perak Olimpiade 2016, Hoh V Shem/Tan Wee Kiong seperti dikutip dari oananews.org.

3. Della/Rizki jadi unggulan 8 di ganda putri

Sudah Tahu? 4 Pemain Indonesia Jadi Unggulan di Malaysia Open 2018Twitter.com/inabadminton

Di sektor ganda putri, pasangan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta ditempatkan sebagai unggulan 8. Della/Rizki akan menjadi harapan utama Indonesia untuk memburu gelar ganda putri di Malaysia Open 2018. Ini karena ganda putri terbaik Indonesia, Greysia Polii/Apriani Rahayu tidak tampil di Malaysia Open 2018.

Della/Rizki akan bersaing dengan ganda putri top dunia seperti Chen QIngchen/Jia Yifan (China), Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) atau Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen (Denmark) ynag menempati unggulan 1-3. Tahun ini, meski masuk ranking 10 besar dunia, penampilan Della/Rizki masih naik turun.

Mereka belum mampu meraih gelar meski meraih perunggu di Kejuaraan Asia 2018. Mereka tidak mampu tampil bagus di Piala Uber 2018. Dikutip dari badminton_newsflash, pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian berharap ganda putri Indonesia bisa konsisten meraih hasil bagus jelang tampil di Asian Games pada Agustus nanti.

4. Tontowi/Liliyana jadi unggulan 1 ganda campuran

Sudah Tahu? 4 Pemain Indonesia Jadi Unggulan di Malaysia Open 2018twitter.com

Di sektor ganda campuran, pemain senior Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ditempatkan sebagai unggulan 1 ganda campuran Malaysia Open 2018. Tontowi/Liliyana yang kini berada di rangking 1 dunia ganda campuran, akan mencoba memburu gelar pertama mereka di tahun 2018.

Tahun ini, meski dua kali tampil di final, Tontowi/Liliyana belum mampu meraih gelar. Juara dunia 2017 ini hanya menjadi runner up. Yakni di turnamen Indonesia Masters 2018 pada Januari lalu dan Kejuaraan Asia 2018 pada April lalu.

Namun, tidak akan mudah bagi Owi/Butet untuk memburu gelar di Malaysia Open. Mereka akan menghadapi lawan-lawan berat. Diantaranya Wang Yilyu/Huang Dongping (China) yang mengalahkan mereka di Kejuaraan Asia pada April lalu. Juga ada Tang Chung Man/Tse Ying Suet (Hongkong).

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya