Inilah 8 Pemain yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2018

Sayangnya belum ada pemain Indonesia

Hari ini, Jumat (14/12//2018), turnamen BWF World Tour Finals 2018 akan memainkan pertandingan ketiga atau laga terakhir penyisihan grup. Pertandingan terakhir ini akan menentukan siapa pemain yang berhak melaju ke semifinal. Namun, ada beberapa pemain yang telah memastikan lolos ke semifinal tanpa harus menunggu hasil pertandingan terakhir.

Sayangnya, belum ada pemain Indonesia yang memastikan lolos ke semifinal. Pemain-pemain Indonesia masih harus berjuang di hari terakhir untuk merebut 'tiket' lolos ke semifinal. Berikut delapan pemain yang sudah lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2018.

1. Kento Momota menjadi satu-satunya tuggal putra yang sudah lolos ke semifinal

Inilah 8 Pemain yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2018www.xinhuanet.com

Tungga putra Jepang yang kini menempati rangking 1 dunia, tidak mengalami kesulitan untuk lolos ke semifinal. Momota yang berada di Grup B, sudah menggenggam tiket ke semifinal setelah meraih dua kemenangan straight game alias dua game langsung. Momota menjadi satu-satunya tunggal putra dari delapan pemain yang sudah lolos ke semifinal.

Di pertandingan kedua yang digelar, Kamis (13/12/2018) kemarin, Momota mengalahkan pemain Thailand, Kanthapon Wangcharoen dengan skor cukup mencolok, 21-15, 21-7 hanya dalam waktu 43 menit seperti dikutip dari bwfworldtour.bwfbadminton.com. Sebelumnya, Momota juga menang dengan skor mencolok atas Sameer Verma (India), 21-18, 21-6 di pertandingan pertama (12/12/2018).

Menariknya, di pertandingan terakhir, Momota yang merupakan juara Asia dan juara dunia 2018, akan bertemu pemain Indonesia, Tommy Sugiarto. Andai bisa menang, Tommy masih berpeluang lolos mendampingi Momota. Meski masih harus bergantung hasil pertandingan Sameer Verma dan Kantaphon Wangcharoen.

2. Di tunggal putri, Pusarla Sindhu dan Nozomi Okuhara pastikan lolos ke semifinal

Inilah 8 Pemain yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2018bwfworldtour.bwfbadminton.com

Sementara di tunggal putri, dua pemain berhasil memastikan lolos ke semifinal setelah meraih dua kemenangan beruntun di penyisihan grup. Dua tunggal putri tersebut yakni Pusarla Sindhu dari India dan Nozomi Okuhara dari Jepang.

Di Grup A, Sindhu memastikan lolos setelah mengalahkan unggulan 1 yang juga pemain rangking 1 dunia, Tai-Tzu ying lewat rubber game. Sindhu yang merupakan finalis Super Series Finals 2017, menang 14-21, 21-16, 21-18. Sebelumnya, di pertandingan pertama, Sindhu berhasil menang straight game atas Akane Yamaguchi yang merupakan juara bertahan.

Sementara di Grup B, Nozomi Okuhara mengalahkan pemain Thailand, Ratchanok Intanon lewat rubber game, 14-21, 21-11, 21-14. Di pertandingan pertama, Nozomi, sang juara dunia 2017, menang straight game atas pemain Kanada, Michelle Li. Siapa dua pemain tunggal putri lainnya yang lolos ke semifinal, akan ditentukan di pertandingan terakhir hari ini.

Baca Juga: Hasil Lengkap Wakil Indonesia di Hari ke-2 BWF World Tour Final 2018

3. Di ganda putra, sudah dua pasangan yang lolos ke semifinal

Inilah 8 Pemain yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2018bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com

Sedangkan di sektor ganda putra, tercipta kejutan yang 'melenceng dari skenario di atas kertas'. Dari Grup A, ganda tuan rumah, Li Junhui/Liu Yuchen memastikan lolos ke semifinal setelah tadi malam meraih kemenangan kedua dengan mengalahkan ganda putra andalan Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dua game langsung dengan skor ketat, 18-21, 22-24 selama 54 menit sepeti dikutip dari bwfworldtour.bwfbadminton.com.

Sementara bagi Marcus/Kevin yang merupakan juara bertahan dan diunggulkan lolos ke semifinal, mereka harus melakoni pertandingan penentuan di laga terakhir melawan ganda muda Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong. Sementara di Grup B, pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe mantap lolos ke semifinal setelah menang straight game atas ganda Taiwan unggulan 2, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin 21-19, 21-19.

Sebelumnya, ganda Jepang ini mengalahkan ganda senior Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di pertandingan pertama, juga lewat straight game. Hari ini, di pertandingan terakhir Grup B, Hendra/Ahsan akan menghadapi Wang/Chen. Bila menang, pasangan senior Indonesia ini bisa lolos ke semifinal.

4. Tiga pasangan sudah lolos, ganda campuran sisakan "satu tiket" ke semifinal

Inilah 8 Pemain yang Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2018bwfworldchampionships.bwfbadminton.com

Dari semua sektor, ganda campuran yang paling cepat memunculkan nama-nama yang lolos ke semifinal. Hingga pertandingan kedua, sudah ada tiga pasangan yang berhasil lolos ke semifinal setelah berhasil meraih dua kemenangan beruntun.

Di Grup A, ganda Tiongkok yang menjadi unggulan pertama, Zheng Siwei/Huang Yaqiong lolos setelah menang sempurna di dua pertandingan. Begitu juga dengan ganda Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Hari ini, dua pasangan ini akan bertemu untuk memperebutkan posisi juara Grup A.

Sementara di Grup B, ganda tuan rumah, Wang Yilyu/Huang Dongping juga tak terbendung untuk lolos ke semifinal setelah meraih dua kemenangan. Kemarin, mereka mengalahkan ganda Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino 21-12, 21-14. Satu 'tiket' dari Grup B akan diperebutkan hari ini. Salah satunya oleh ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Widjaja yang akan melawan Wang Yilyu/Huang Dongping.

Dari semua sektor, ganda putri merupakan yang persaingannya paling ketat. Belum ada pasangan yang memastikan lolos. Hanya saja, peluang ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu untuk lolos tipis setelah kalah dua kali. Semoga hari ini ada kabar bagus untuk pemain-pemain Indonesia di BWF World Tour Finals 2018.

Baca Juga: Kalah, Peluang Marcus/Kevin ke Semifinal World Tour Finals Menipis

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya